Resep dan Cara Membuat Puding Lava Cokelat yang Praktis dan Spesial

    Puding merupakan salah satu hidangan penutup yang umumnya terbuat dari bahan-bahan dengan pengolahan direbus, dikukus ataupun dipanggang. Puding terdiri dari aneka rasa yang begitu nikmat dan menggoda.

    Salah satu puding yang banyak disukai oleh berbagai kalangan yaitu puding cokelat. Rasa cokelat yang manis dengan lembutnya puding sangat memanjakan lidah. Namun tahukah anda? Puding cokelat bisa kita kreasikan untuk menghasilkan sajian puding yang lebih menggugah selera. Puding cokelat bisa dikombinasikan dengan lava cokelat yang lumer di mulut.

    Lava di tengah-tengah puding akan meleleh keluar saat puding dipotong dan menjadikan puding kali ini favorit banyak orang. Tampilannya yang cantik akan membuat siapa saja yang melihatnya tergoda.

    Puding lava cokelat ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Sebab cara membuatnya sangat mudah dan praktis, bahan-bahan yang dibutuhkannya juga sederhana. Dengan bahan-bahan yang hemat anda bisa mendapatkan sajian puding yang enak dan sehat ini.

    Penasaran dan ingin mencoba membuat puding lava cokelat untuk disajikan di tengah keluarga tercinta? Untuk memudahkan anda ketika membuatnya, berikut ini kami hadirkan resep puding dan cara membuat puding lava cokelat khusus untuk anda.

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Puding Lava Cokelat yang Praktis dan Spesial

    Review

    4,9 review 980

    Waktu Memasak

    Persiapan : 30 menit

    Memasak : 60 menit

    Total :  90 menit

    Jumlah Porsi

    24 buah

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Puding Lava Cokelat yang Praktis dan Spesial

    • 200 gram dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan
    • 1.300 ml susu cair
    • 2 bungkus agar-agar bubuk
    • 2 sendok makan maizena
    • 150 gram susu kental cokelat
    • 1 sendok makan cokelat bubuk
    • 1/8 sendok teh garam
    • 400 ml air

    Cara Membuat Puding Lava Cokelat yang Praktis dan Spesial

    Cara Membuat Puding

    1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu membuat adonan puding. Silahkan siapkan panci, kemudian masukan susu cair bersama agar-agar, gula pasir, garam dan cokelat bubuk. Aduk semua bahan tersebut di atas api sedang hingga meletup-letup.
    2. Setelah itu, masukan lelehan cokelat dan aduk cepat hingga adonan kembali meletup-letup. Jika sudah seperti itu anda bisa langsung mengangkatnya.
    3. Siapkan cetakan silikon dan tuangkan adonan ke dalam cetakan silikon tersebut sebanyak 3/4 dari tinggi cetakan. Tunggu beberapa saat dan biarkan beku.
    4. Selanjutnya, silahkan keruk bagian tengah puding. Lalu sisihkan.

    Cara Membuat Lava

    • Siapkan panci kecil. Lalu masukan susu kental cokelat bersama dengan air hingga larut.
    • Rebus kedua bahan tersebut sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih anda bisa langsung mematikan api.
    • Kemudian masukan larutan cokelat dan maizena beserta garam. Aduk semuanya sampai merata. Silahkan nyalakan api dan aduk hingga meletup-letup.
    • Tuangkan cokelat, kembali aduk sampai meletup-letup. Setelah itu anda bisa langsung mendinginkannya.
    • Silahkan sendokan lava yang sudah anda buat ke dalam puding yang sudah dikeruk tadi. Lalu simpan di dalam freezer.
    • Tuangkan sisa puding hingga penuh, kemudian bekukan kembali.

    Puding lava cokelat yang lezat dan menggugah selera sudah selesai dibuat. Nikmati dalam keadaan dingin agar lebih lezat dan nikmat.

    Itulah resep dan cara membuat puding lava cokelat. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa untuk share resep ini kepada teman-teman anda. Caranya dengan klik share yang sudah kami sediakan.

     

    Loading...