Resep dan Cara Membuat Pie Susu Bali yang Enak, Lembut dan Gurih

Sajikan dan nikmati hidangan pie susu Bali yang enak dirumah anda.

Kini untuk bisa mencicipi oleh-oleh khas Bali yang satu ini anda tak perlu lagi jauh-jauh mengunjungi tanah Bali. Sebab kini anda akan dapat membuat sendiri hidangan ini dirumah dengan mudah. Ingin tahu seperti apa resep membuat pie susu Bali yang enak? Simak resep mudahnya dibawah ini. Inilah dia resep membuat pie susu Bali yang enak, lembut dan gurih.

pie-susu-bali.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pie Susu Bali yang Enak, Lembut dan Gurih

4.8 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pie Susu Bali yang Enak, Lembut dan Gurih

Bahan Kulit Pie:

  • 200 gram tepung terigu
  • 70 gram margarin
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 25 gram gula tepung

Bahan Olesan:

  • 1 butir telur

Bahan Isian Pie:

  • 200 gram susu kental manis
  • 2 sendok makan maizena
  • 2 butir telur
  • 300 ml air
  • 1 sendok teh pasta vanilla

Cara Membuat Pie Susu Bali yang Enak, Lembut dan Gurih

Cara Membuat Kulit Pie:

  1. Untuk yang pertama kita akan melakukan langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang anda butuhkan untuk membuat adonan kulit pie. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah sebuah oven, sebuah baskom, beberapa cetakan pie dan sebuah kuas untuk olesan. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dengan mudah dapat membuat adonan kali ini. Untuk itu, jangan lewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan panaskan terlebih dahulu oven dibawah suhu 170 derajat. Hal ini difungsikan agar suhu panas pada oven bisa langsung berjalan sementara anda mempersiapkan bahan-bahan lainnya.
  3. Selanjutnya silahkan siapkan sebuah wadah atau baskom dekat dengan jangkauan anda. Lalu masukkan kedalamnya tepung terigu bersama dengan garam, gula tepung, margarin dan juga telur. Aduk-aduk bahan ini secara merata hingga tercampur.
  4. Setelah itu, silahkan simpan terlebih dahulu adonan dalam lemari es agar set selama kurang lebih 30 menit.
  5. Bila sudah 30 menit, siapkan adonan agar lebih lembut dengan kembali menggulung atau menguleni adonan secara merata..
  6. Giling adonan dengan ketebalan 1/2 cm. Silahkan giling dengan menggunakan mesin penggiling secara merata. Lalu cetak diatas loyang atau cetakan pai dengan bentuk bulat pendek berdiameter 7 cm dan tinggi 1 1/2 cm.
  7. Sebelum dipanggang dalam oven silahkan tusuk-tusuk terlebih dahulu adonan dalam loyang secara merata dengan menggunakan garpu atau tusuk gigi. Panggang dalam oven sampai setengah matang selama kurang lebih 20 menit.

Cara Membuat Isian:

  1. Untuk membuat bahan isian anda dapat melakukannya dengan memasak campuran susu kental manis bersama dengan air dan juga tepung mazeina. Aduk-aduk dan masak bahan ini dalam panci sampai meletup-letup.
  2. Matikkan sejenak kompor dan masukkan telur kedalamnya. Aduk-aduk kembali bahan ini dengan cepat secara merata. Masukkan esens vanila kedalamnya dan aduk-aduk kembali merata.
  3. Masukkan isian kedalam pai yang sudah setengah matang. Lalu panggang kembali dalam oven dibawah suhu yang lebih rendah yakni 160 derajat sampai matang selama kurang lebih 45 menit hingga kekuningan.

Nah, setelah matang angkat sajian ini dari panggangan dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menikmati sajian ini dirumah bersama dengan keluarga dan sahabat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons