Resep dan Cara Membuat Pie Apel Goreng yang Renyah dan Nikmat

Hidangan pie apel goreng adalah sajian yang enak dan menggoda.

Sajian ini tentu akan bisa anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa membuat hidangan pie apel goreng yang renyah dan nikmat. Maka mari kita simak resep mudahnya dibawah ini.

pie-goreng-apel.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pie Apel Goreng yang Renyah dan Nikmat

4.8 876

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pie Apel Goreng yang Renyah dan Nikmat

Bahan-Bahan Kulit Pie:

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram margarin
  • 1 sendok makan air es
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 25 gram gula tepung
  • 1 butir telur

Bahan Isian Pie:

  • 2 buah apel malang
  • 1/2 sendok teh kayumanis bubuk
  • 1 sendok teh air jeruk lemon
  • 2 sendok makan gula semut
  • 1 sendok makan wijen, disangrai

Cara Membuat Pie Apel Goreng yang Renyah dan Nikmat

Cara Membuat Kulit Pie:

  1. Untuk yang pertama kita akan lakukan dengan membuat adonan kulit pienya. Hal ini dapat anda lakukan dengan mengocok terlebih dahulu telur ayam dalam wadah atau mangkuk sampai lepas secara merata.
  2. Setelah itu, silahkan siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda. Lalu masukkan kedalamnya margarin bersama dengan gula semut. Aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini menjadi lebih lembut merata.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan baking powder, air es dan juga gula tepung. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.
  4. Lalu lanjutkan dengan menguleni adonan tersebut sampai menggumpal secara merata. Untuk itu, gunakan tangan pada saat anda menguleni bahan ini.
  5. Setelah itu, silahkan giling adonan dengan menggunakan mesin penggiling. Awali dengan menggiling pada ketebalan paling besar. Lakukan beberapa kali dan perlahan pindahlah pada ketebalan yang lebih kecil. Sampai pada akhirnya anda berada pada ketebalan 6 atau 7. Lakukan kegiatan menggiling ini selama 2 atau 3 kali agar adonan menjadi lebih licin dan lembut.
  6. Bila sudah selesai, silahkan potong adonan dengan ukuran 4×6 cm. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan yang masih ada.

Cara Membuat Bahan Isian:

  1. Untuk membuat sajian ini dapat dilakukan dengan memotong apel malang dengan bentuk tipis memanjang seperti korek api. Potong apel dengan menggunakan pisau dan pastikan bila sebelumnya anda telah membersihkan bahan ini secara merata.
  2. Masukkan apel kedalam wadah dan campurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata. Aduk-aduk sampai tercampur.
  3. Lalu taburi dengan menggunakan biji wijen yang telah anda sangrai. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  4. Bila sudah selesai, silahkan ambil satu lembar adonan dan tempatkan dihadapan anda. Masukkan bahan isian dibagian tengahnya secara merata. Jangan terlalu banyak sebab pada saat digoreng bahan isian bisa saja keluar dan membuat sajian ini menjadi berantakan. Untuk itu, masukkan secukupnya saja.
  5. Setelah dimasukkan, silahkan tutupi dengan adonan lainnya. Tutup bagian pinggirnya dengan menggunakan garpu dan ditekankan pada kedua lapisan ini secara merata.
  6. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Untuk kemudian tunggu sampai bahan ini menjadi lebih panas secara merata.
  7. Goreng adonan kedalamnya sampai matang dan berwarna kekuningan secara merata. Angkat bila sudah matang dan tiriskan sementara agar minyaknya tidak menggenang pada saat dihidangkan.

Kini anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan keluarga. Dijadikan sebagai cemilan atau jamuan untuk tamu yang datang kerumah juga hidangan ini akan cukup menggoda.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons