Resep dan Cara Membuat Perkedel Jagung Manis yang Kering, Enak dan Juga Renyah

Hidangan perkedel jagung manis adalah sajian lezat.

Sajian ini bisa anda kolaborasikan dengan sajian lauk pauk lainnya dimeja makan. Bukan hanya itu, untuk digado sendiri pun hidangan ini benar-benar nikmat. Hanya saja, saran saya sih, tambahkan sambal pedas ketika anda menyantap sajian ini agar rasanya semakin nikmat dan enak. Nah, bagi anda yang penasaran ingin tahu seperti apa resep membuat perkedel jagung manis yang kering, yuk simak resepnya berikut ini.

perkedel jagung

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Perkedel Jagung Manis yang Kering, Enak dan Juga Renyah

4.8 197

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

8 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperluka Untuk Membuat Perkedel Jagung Manis yang Kering, Enak dan Juga Renyah

Bahan dan Bumbu Perkedel:

  • 4 buah jagung manis
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan air
  • 2 tangkai daun ketumbar, iris halus
  • 2 butir telur, dikocok lepas
  • 3 buah cabai rawit merah, diiris serong
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • minyak untuk menggoreng

Bumbu Perkedel yang Dihaluskan:

  • 2 butir bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Perkedel Jagung Manis yang Kering, Enak dan Juga Renyah

Tips Mengolah dan Membersihkan Jagung Manis:

  1. Untuk yang pertama, silahkan bagi menjadi 2 bagian jagung manis yang sudah anda persiapkan. Hal ini dikarenakan kita akan buat dua jenis jagung yang dipipil dan disisir. Jangung yang dipipil akan selanjutnya kita tumbuk sehingga teksturnya lebih hancur sementara yang disisir akan dibiarkan demikian dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Sehingga ketika dimasak nanti, sajian perkedel jagung ini akan memiliki tekstur yang renyah dan sedap dari butiran jagung yang masih juicy. Untuk itu, silahkan bagi jagung menjadi dua buah masing-masing.
  2. Nah, sebelum itu sebaiknya jagung dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan bagian luar yang tidak akan kita gunakan. Untuk itu, pertama bersihkan terlebih dahulu cangkang jagung dan tarik kebagian belakang untuk kemudian dibersihkan secara merata dan dipotong bersama dengan bonggol jagung secara merata.
  3. Bagian lain pada jagung yang harus dibersihkan adalah bagian rambut jagung yang ada dibagian atasnya. Tarik dengan perlahan dan bersihkan rambut jagung secara merata.
  4. Untuk jagung bagian pertama, silahkan sisir dengan menggunakan pisau. Sementara bagian lainnya, silahkan dipipil dengan menggunakan tangan secara merata dan masukkan dalam dua wadah yang berbeda.
  5. Tumbuk jagung yang sudah dipipil dengan menggunakan tumbukan pada cobek secara merata hingga tekstur jagung menjadi lebih gepeng. Lalu masukkan kembali kedalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Pekedel dan Memasaknya:

  1. Siapkan terlebih dahulu wadah dengan ukuran yang sedang atau anda bisa menggunakan baskom. Lalu masukkan jagung manis bersama dengan telur, tepung terigu, kaldu ayam, cabe rawit, air dan juga daun ketumbar. Aduk-aduk secara merata sampai semua bahan tercampur merata.
  2. Setelah itu, siapkan wajan diatas kompor, masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas secara merata.
  3. Sendokkan campuran atau adonan jagung manis dengan menggunakan sendokkan sayur dan masukkan dalam minyak panas untuk kemudian siap digoreng hingga matang secara merata dan warnany menjadi keemasan.

Angkat jika sudah matang dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian hidangan ini akan siap disantap selagi hangat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons