Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

Pernahkah anda mencoba perkedel dengan rasa yang berbeda, berupa bahan dasar ikan bilis!

Ikan memang memiliki keunikan tersendiri baik dari jenis dan bentuknya. Meskipun begitu banyak ikan laut ataupun ikan air tawar yang bisa dikonsumsi. Seperti halnya ikan air laut seperti ikan tongkol, ikan tuna, ikan teri, ataupun ikan jenis air tawar berupa ikan mas, ikan mujair, ikan patin, ikan bilis. Namun pernahkah anda mencoba masakan ikan bilis? Ikan bilis salah satu jenis kan dengan kategori tubuhnya yang kecil dengan memiliki warnanya yang putih dan biasanya banyak ditemukan di sungai, di danau ataupun di rawa-rawa.

Ikan bilis salah satu ikan yang layak dikonsumsi karena memiliki dagingnya yang enak dan gurih, selain itu banyak akndungan gizi dan nutrisi yang ada pada ikan bilis. Protein yang tinggi inilah yang menjadi alas an ikan bilis ini sangat baik dikonsumsi, selain itu juga ada kandungan lainnya berupa kalsium, kalium, vitamin dll. Namun pernah anda mencoba makanan perkedel? Perkedel identik dengan bahan dasar kentang, namun apa jadinya jika ikan bilis ini sebabagai bahan utamanya dengan balutan tepung terigu. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat perkedel ikan bilis pedas dan gurih, yuk kita simak langakh-langkahnya dibawah ini.

resep ikan bilis perkedel

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

4.9 243

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

Bahan dan Bumbu

  • 1/4 kg ikan bilis
  • 7 buah cabai rawit merah, diiris tipis
  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang seledri, dirajang kecil
  • tepung terigu secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah mencuci ikan bilis hingga bersih.
  2. Selanjutnya adalah siapkan blender kemudian haluskan bawang merah, bawang putih serta merica.
  3. Setelah itu siapkan wadah berupa mangkok, siampan ikan bilis tersebut, kemudian lumuri dengan bahan bumbu halus yang di blender tadi, lalu masukan juga telur ayam, seledri dan cabai rawit yang sudah diiris iris tadi.
  4. Kemudian masukan tepung terigu serta air, kemudian aduk hingga menjadi kental dan bisa diambil.
  5. Setelah itu siapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng, lalu adon perkedel, lalu goreng hingga matang. Lakukan hal yang sama sampai adonan perkedel habis.
  6. Perkedel ikan bilis siap dihidangkan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Bahan berupa ikan bilis ini sangat mudah anda temui yakni banyak tersedia di pasar tradisional. Sensasi kelezatan dari perkedel ikan bilis pedas ini akan menyertai makanan di meja makan anda dengan dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat, membuat makan keluarga anda semakin lengkap dan isitimewa. Dengan mengetahui resep serta cara membuat perkedel ikan bilis pedas dan gurih ini tentunya akan menambah koleksi didalam menu makan harian anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk membagikan Resep dan Cara Membuat Perkedel Ikan Bilis Pedas dan Gurih kepada para vpecinta kuliner dimanapun berada, baik saudara maupun saudara tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons