Resep dan Cara Membuat Perkedel Bakwan Jagung Ala Manado yang Crispy, Sedap, Enak dan Renyah

Sajian masakan perkedel bakwan ala manado adalah sajian khas yang enak.

Salah satu penyajian paling menggoda hidangan ini adalah dengan disajikan bersama dengan sambal pedas yang enak. Selain itu, hidangan ini juga lezat bila dikombinasikan dengan hidangan lauk pauk lain dimeja makan anda.

Untuk pembuatan dari hidangan ini tentunya cukup mudah dan akan dapat anda buat dirumah. Nah, agar anda juga bisa menyajikan hidangan ini dirumah dengan mudah dan sederhana, mari kita simak resep membuat perkedel bakwan jagung ala Manado dibawah ini.

perkedel jagung manado

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Perkedel Bakwan Jagung Ala Manado yang Crispy, Sedap, Enak dan Renyah

4.8 254

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Perkedel Bakwan Jagung Ala Manado yang Crispy, Sedap, Enak dan Renyah

Bahan dan Bumbu Perkedel Jagung:

  • 3 buah jagung manis
  • 150 gr tepung beras
  • 1 btr telur ayam
  • 1/2 sdt ketumbar halus
  • 125 ml air hangat
  • 1 sdt garam
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt merica

Bahan Bumbu yang Ditumbuk Kasar:

  • 4 btr bawang putih
  • 10 btr bawang merah

Bahan yang Diiris Halus:

  • 2 btg daun bawang iris halus
  • 1/2 buah bawang bombay,cincang
  • 4 lbr daun jeruk iris halus, buang tulang

Cara Membuat Perkedel Bakwan Jagung Ala Manado yang Crispy, Sedap, Enak dan Renyah

Tips Mempersiapkan Bahan-Bahan Utama:

  1. Cara yang pertama, bisa dilakukan dengan terlebih dahulu membersihkan bahan utama yakni jagung manis dari cangkangnya. Untuk melakukan hal ini, silahkan kupas bagian cangkan jagung kebagian luar secara merata dan tarik hingga kebagian bonggol jagung setelah itu, bersihkan secara merata dengan membuang bagian bonggol. Gunakan pisau jika anda merasa kesulitan membersihkan bagian ini secara merata.
  2. Selanjutnya, bersihkan pula bagian rambut jagung dengan menggunakan tangan. Caranya, tarik bagian rambut jagung dengan menggunakan tangan dan bersihkan secara merata hingga rambut jagung tidak menempel pada bagian jagung.
  3. Jika jagung sudah bersih secara merata, silahkan bawa terlebih dahulu jagung ke tempat cucian, untuk kemudian jagung akan siap untuk dibersihkan dan dibuang kotorannya.
  4. Terakhir, silahkan pipil jagung denga menggunakan tangan hingga bagian butir jagung terpipil secara keseluruhan. Hasil pipilannya bisa anda masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Adonan Perkedel Jagung dan Cara Mengolahnya:

  1. Untuk yang pertama setelah jagung dibersihkan dan dipipil, silahkan siapkan sebuah wadah untuk membuat adonan. Caranya, campur semua bahan seperti jagng, bawang merah, bawang putih yang telah ditumbuk bersama dengan daun bawang, daun jeruk, garam, merica ketumbar, tepung dan juga telur. Aduk-aduk merata semua bahan ini hingga tercampur.
  2. Cicipi sedikit rasanya hingga pas, setelah pas, sisihkan sementara.
  3. Siapkan wajan diatas kompor gunakan api sedang dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu hingga minyak panas secara merata, setelah panas sendokan adonan kedalam minyak dan pipihkan hingga membentuk bulat.
  4. Goreng adonan hingga kering, berwarna kecoklatan dan matang secara merata.

Jika sudah matang, angkat dan sajikan hidangan ini untuk keluarga dirumah dengan disantap bersama dengan lauk pauk lainnya. Sajian ini juga enak dan sedap dinikmati sendiri hanya dengan bertemankan saus sambal yang pedas. Demikian resep dan cara membuat perkedel bakwan jagung yang renyah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons