Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Kembung Khas Banjar yang Asli Enak dan Gurih Spesial

Sajian pepes ikan memang menjadi salah satu menu hidangan yang lezat.

Selain itu, ragamnya yang begitu bervariasi seolah memberikan kesempatan bagi para penikmatnya untuk bisa dengan leluasa memilih jenis dan hidangan pepes yang disukainya.

Nah, kali ini salah satu hidangan pepes yang juga memiliki citarasa yang lezat dan nikmat adalah hidangan pepes ikan kembung. Pepes ikan kembung selain lezat, rupanya tidak membutuhkan bahan-bahan yang terlalu banyak dan rumit sehingga pepes ini bisa dibuat dirumah dengan mudah dan sederhana.

Penasaran ingin tahu seperti apa cara membuat pepes ikan kembung Khas Banjar yang asli enak? Yuk, kita simak resep berikut ini agar ibu bisa menyajikan hidangan ini dirumah untuk keluarga tercinta. Inilah dia resep pepes ikan kembung Khas Banjar.

ikan kembung pepes ala banjar

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Kembung Khas Banjar yang Asli Enak dan Gurih Spesial

4.6 76

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pepes Ikan Kembung Khas Banjar yang Asli Enak dan Gurih Spesial

Bahan dan Bumbu Ikan:

  • 4 ekor ikan kembung
  • 1 ikat daun kemangi
  • 4 lembar daun salam
  • 2 tangkai daun sereh, ikat simpul
  • 10 buah cabai rawit merah
  • Secukupnya daun pisang
  • 2 tangkai daun bawang, iris tipis
  • Lidi atau tusuk gigi (untuk penyemat)

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • 1 cm lengkuas
  • 8 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 bungkus penyedap rasa

Cara Membuat Pepes Ikan Kembung Khas Banjar yang Asli Enak dan Gurih Spesial

Cara Membersihkan Ikan Kembung Sebelum Diolah:

  1. Hal pertama yang dilakukan terlebih dahulu adalah membersihkan ikan kembung sebelum diolah dan dimasak menjadi hidangan yang nikmat. Nah, cara pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan ikan kembung adalah dengan membersihkan bagian insang dikepala ikan. Caranya, silahkan buka sedikit bagian kepala ikan dan bersihkan insang hingga dipastikan tidak ada insang yang masih tersisa dikepala ikan.
  2. Selanjutnya, kita bersihkan bagian jeroan ikan diperut ikan. Caranya, belah perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan jeroan ikan dengan tangan hingga bersih secara merata.
  3. Selesai membersihkan bagian jeroan ikan, itu artinya kita siap untuk mengerat bagian tubuh ikan agar bumbu bisa meresap kedalamnya dengan sempurna.
  4. Setelah dikerat, silahkan lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis agar bau amis yang menempel pada ikan secara merata. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Pepes Ikan Kembung Khas Banjar:

  1. Pertama, silahkan haluskan bumbu yang harus dihaluskan bersama dengan bumbu ikan secara merata dan letakan dalam sebuah wadah.
  2. Setelah itu, aduk-aduk bumbu hingga merata dan lumuri bumbu ini kedalam ikan dan pastikan bagian perut ikan terlumuri dengan bumbu ini.
  3. Hamparkan daun pisang dan letakan sedikit bagian bumbu dibagain bawahnya, setelah itu baru masukkna ikan dibagian atas dan bungkus dengan daun pisang hingga rapih. Berikan sematan lidi dimasing-masing ujung ikan secara merata.
  4. Selesai membungkus, siapkan kukusan dan kukus pepes ikan didalam dandang selama kurang lebih 30 meniyt hingga matang.

Setelah matang, angkat peper ikan dan sajikan dalam piring saji. Demikian resep pepes ikan kembung khas Banjar yang enak dan sedap.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komenta anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons