Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Cue yang Gurih

Pepes ikan memang salah satu masakan yang memiliki ciri khas akan bau aroma yang menyengat lezat serta khas dari daun pisang terbakar yang mengeluarkan aroma wangi.

Aneka masakan sangat banyak sekali ragamnya, baik itu olahan dari bahan dasar daging, kemudian ikan, lalu sayuran dan masih banyak lagi. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa masakan ikan salah satu masakan yang banyak sekali disukai, baik masakan ikan air laut maupun ikan air tawar. Yang akan kami coba kupas dalam artikel kali ini adalah masakan dengan bahan dasar ikan laut yaitu ikan cue. Ikan cue ini salah satu ikan yang bisa dikonsumsi karena ikan cue memiliki dagingnya yang gurih serta memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisinya. Kandungan pada ikan cue berupa protein yang tinggi, kemudian ada kandungan omega 3, kalsium, magnesium kalium dll.

Ikan cue ini juga sangat cocok juga untuk melengkapi gizi harian anda, dengan begitu ada baiknya ikan cue ini coba anda olah sendiri dirumah. Untuk mendapatkan ikan cue ini tidaklah sulit karena banyak tersedia di pasar tradisional dan untuk harganya pun sangat terjangkau. Baiklah, berikut ini resep serta cara membuat pepes ikan cue, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep pepes ikan cue

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Cue yang Gurih

4.9 321

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Pepes Ikan Cue yang Gurih

Bahan dan bumbu

  • 6 bekor ikan pindang cue segar berukuran sedang
  • 50 ml santan kental
  • 5 lembar daun salam, potong-potong
  • 3 batang serai, di iris-iris
  • 50 gram daun kemangi
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • daun pisang secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah, bakar
  • 2 buah cabai rawit merah
  • 5 buah kemiri, bakar

Cara Membuat Pepes Ikan Cue yang Gurih

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan pindang cue, buang bagian isi perutnya, lalu cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu siapkan bahan, campur semua bahan kecuali serai serta salam. Lalu sisihkan.
  3. Kemudian siapkan daun pisang, lalu taruh beberapa bagian seperti daun salam, serai serta kemangi, kemudian taruh ikan cue satu, lalu masukan adonan campuran bumbu tadi, setelah semua sudah tercampur lalu bungkus. Lakukan hal sama hingga ikan serta adonan habis.
  4. Kemudian siapkan tempat pengkukus, lalu kukus pepes tersebut sekitar 45 menit dengan menggunakan api sedang. Masak hingga matang. Angkat
  5. Setelah itu siapkan pembakar, baik menggunakan bara api langsung maupun menggunakan panggangan di atas api kompor. Kemudian pepes ikan cue tadi yang sudah di pepes dipanggang hingga warna daun pisang kecoklatan dan terlihat terbakar. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah tentang resep dan cara membuat Pepes Ikan Cue yang Gurih, yang tentunya bisa anda aplikasikan sendiri dirumah. Aroma lezat dank has akan masakan pepes ikan cue ini tentunya akan menambah selera makan anda. Hidangkan masakan pepes ikan cue ini di meja makan anda dengan ditambah nasi putih yang hangat, kemudian ditambah pula sambal yang tentunya disesuaikan dengan  selera makan keluarga anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Jangan lupa untuk memabgikan Pepes Ikan Cue yang Gurih kepada semua teman serta kerabat anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan koemntar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons