Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

Masakan khas aceh, pernahkah anda mencoba masakannya, kami coba hadirkan pepes ikan bilis khas aceh!

Bangga akan luasnya nusantara, dimana hampir di setiap wilayah memiliki cirri khas tersendiri akan masakan. Masakan yang berbeda dengan bahan dasar yang sama membuat kaya akan nuansa varian masakan yang sangat dinanti-nanti para pecinta kuliner. Seperti halnya hampir di setiap wilayah memiliki masakan pepes, namun dalam bahan dasarnya mungkin sama, namun terkadang dalam hal bumbu serta pengolahannya itulah yang menjadi berbeda, karena itu memiliki ciri khas tersendiri.

Pernahkah anda mendengar masakan pepes ikan khas aceh, kami akan coba hadirkan bahan dasarnya ikan bilis, dimana ikan bilis ini dengan bentuk ayng kecil serta warnannya yang putih ini sangat cocok dibuat pepes. Meski bentuk ikan bilis kecil namun memiliki kelezatan yang sama dengan ikan besar lainnya, bahkan kandungan pada ikan bilis juga sama denga yang lainnya. Sepertri kita tahu bahwa dalam kandungan ikan berupa protein yang tinggi. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi yuk kita simak bagaimana resep serta cara membuat pepes ikan bilis khas aceh yang pedas dan enak ini, yuk langkah-langkahnya dibawah ini.

resep pepes ikan bilis

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

4.8 281

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

Bahan Utama

  • 1/5 Kg ikan bilis segar
  • 2 buah jeruk nipis
  • 5 buah belimbing wuluh
  • garam secukupnya
  • daun pisang secukupnya
  • 1 batang daun serai
  • air ecukupnya
  • minyak greng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 1/2 ons cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1 sendok air asam
  • 1 sendok teh cabai merah bubuk

Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah ikan bilis disiangi, kemudian bersihkan. Setelah itu lumuri dengan garam secukupnya dan juga persan air jeruk nipis dan juga belimbing wuluh yang sudah dirajang, aduk rata, kemudian diamkan sekitrar 10 menit.
  2. Setelah itu siapkan bahan bumbu halus, kemudia campurkan bersama ikan bilis, kemudian beri serai, aduk hingga merata.
  3. Kemudian siapkan daun pisang, lalu bungkus, jangan lupa untuk kedua ujungnya disematkan menggunakan lidi agar nantinya ikan bilisnya tidak keluar/berantakan.
  4. Selanjutnya siapkan alat pengkukus, beri air sedikit, kemudian kukus sebentar saja.
  5. Selanjutnya siapkan alat pembakar ataupun bara api, kemudian bakar pepes ikan bilis tersebut hingga warna daunnya terlihat kecoklatan. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itula dia Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Ikan bilis mudah anda temukan di pasar tradisional dan bahkan di supermarket pun ada. Untuk harganya pun ikan bilis ini sangatlah terjangkau, sehingga anda bisa memasaknya kapan saja. Hidangkan masakan pepes ikan bilis khas aceh ini bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa masakan lainnya berupa tumisan sayuran atauoun gorengan tahu ataupun tempe, membuat makan anda akan lengkap dan istimewa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa bagikan ya Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Bilis Khas Aceh Yang Pedas dan Enak pada semua anggota keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Ilham

Ilham

Author at Selerasa
Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Bahasa Asing ini memiliki segudang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pengalaman job training di bidang Food and Beverage Service semakin menambah keahlian penulis dalam bidang kuliner. Pengalaman di dunia sastra dan tata boga menjadikannya salah satu kontributor terbaik di selerasa.com.
Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *