Resep dan Cara Membuat Pepes Bakar Ikan Belanak Pedas

Salah satu masakan yang banyak diminati adalah masakan pepes ikan, seperti ikan belanak yang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Ikan memang menjadi salah satu makanan yang banyak diminati, baik orang dewasa bahkan anak-anak. Ikan yang kaya akan kandungan gizi serta protein ini juga menjadi alasan utama kenapa banyak orang mengkonsumsi ikan. Kandungan pada ikan banyak berupa protein yang tinggi, kemudian kandungan omega 3, vitamin, kalsium dll. Banyak ikan yang tersedia di pasar tradisional ataupun di supermarket, mulai dari harga yang tinggi hingga yang lebih murah. Salah satu ikan yang memiliki nilai jual yang tinggi tentunya adalah yang memiliki kandungan yang lebih baik dari ikan-ikan lainnya. Banyak ikan yang yang tersedia di ala mini baik ikan air laut ataupun ikan air tawar. Namun ada ikan yang hidupnya di sub tropis dan juga tropis yaitu di perairan payau, yang mempertemukan aliran air tawar dan air laut.

Ikan yang hidup di perairan payau berupa ikan belanak. Ikan yang bentuknya hamper mirip dengan ikan bandeng ini memiliki rasa dagingnya yang lezat dan gurih kala dimasak. Salah satunya dimasak seperti pepes. Pepes bakar ikan belanak ini lah yang akan coba kami hadirkan dengan cita rasa yang pedas dan enak. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat pepes bakar ikan belanak pedas, dibawah ini langkah-langkahnya.

resep pepes bakar ikan belanak

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pepes Bakar Ikan Belanak Pedas

4.9 157

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Pepes Bakar Ikan Belanak Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 3 ekor ikan belanak segar
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 sendok teh garam
  • 3 buah belimbing wuluh
  • minyak goreng secukupnya
  • daun pisang secukupnya
  • tusukan gigi secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 7 buah bawang merah
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Pepes Bakar Ikan Belanak

Cara Memasak

  1. Ikan belanak dibersihkan, dengan cara buang bagian sisiknya lalu bagian isi perutnya lalu kerat bagian tubuhnya, cuci sampai bersih, setelah itu lumuri dengan air jeruk nipis dan juga garam, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  2. Setelah itu ikan belanak yang sudah bersih campur dengan bahan bumbu halus, kemudian beri belimbing wuluh serta minyak goreng secukupnya sekitar 3 sendok makan, aduk merata.
  3. Setelah itu siapkan daun, kemudian masing-masing ikan dibungkus dengan daun yang tebal, jangan lupa sematkan dengan menggunakan tusukan gigi agar tidak keluar.
  4. Setelah itu siapkan bara api, lalu panggang diatas bara api hingga daun terlihat mengering dan juga matang.
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Pepes Bakar Ikan Belanak Pedas yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Sederhana dan unik cara pengolahan pepes bakar ikan belanak ini menjadi sangat favorit di setiap keluarga. Pepes ikan belanak bakar ini sangat cocok apabila disajikan selagi hangat kemudian ditambah dengan nasi putih hangat beserta lalapan membuat makan anda akan berselera. Dengan mengetahui resep dan cara membuat pepes bakar ikan belanak pedas ini tentunya akan menambah koleksi dalam setiap menu makan harian anda. Selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Pepes Bakar Ikan Belanak Pedas pada semua teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons