Resep dan Cara Membuat Pancake Sate/Satai yang Enak, Unik dan Lezat

Bosan menghidangkan menu sarapan atau bekal si buah hati yang itu-itu saja?

Ingin mencoba menu baru yang unik? Nah, tidak ada salahnya jika ibu dirumah mencoba membuat sajian pancake sate atau satai pancake. Bentuknya yang unik dan penyajiannya yang lucu akan membuat si kecil jatuh cinta dengan sajian ini. Simak resepnya dibawah ini.

pancake sate

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pancake Sate/Satai yang Enak, Unik dan Lezat

4.7 543

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pancake Sate/Satai yang Enak, Unik dan Lezat

Bahan-Bahan Pancake:

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 1/2 sendok makan baking powder
  • 3 butir telur
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir halus
  • 360 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram margarin

Bahan Saus Coklat:

  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 250 ml susu cair
  • 100 gram cokelat masak pekat
  • 1 sendok makan gula pasir

Bahan Pelengkap:

  • 4 buah strawberry
  • 4 buah anggur hijau
  • Parutan keju

Cara Membuat Pancake Sate/Satai yang Enak, Unik dan Lezat

Cara Membuat Adonan Pancake:

  1. Pertama-tama lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan perlengkapan atau peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan pancake. Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat sajian pancake dengan lebih mudah dan lebih fokus tanpa harus dibuat pusing pergi mondar-mandir ke dapur karena belum mempersiapkan peralatan yang anda butuhkan. Beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah 2 buah baskom, piring saji, pisau, tusukan sate, kocokan dan wajan anti lengket.
  2. Setelah selesai dengan mempersiapkan peralatan lanjutkan dengan mengocok lepas telur dengan menggunakan sendok atau garpu sampai telur teraduk sampai lepas. Setelah itu, sisihkan dalam wadah.
  3. Kemudian lelehkan margarin. Caranya masukkan margarin kedalam wajan dan panaskan wajan dengan menggunakan api yang sedang. Biarkan wajan menjadi lebih panas secara merata hingga margarin mencair. Setelah itu angkat dan sisihkan sementara sampai bahan ini menjadi lebih dingin secara merata.
  4. Lanjutkan dengan mengayak bahan kering seperti halnya tepung terigu, gula pasir, baking powder dan juga garam. Aduk-aduk secara merata dan saring dengan menggunakan saringan. Tampung dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  5. Pada wadah yang lain silahkan campurkan telur bersama dengan susu cair. Aduk-aduk bahan ini secara merata hingga tercampur. Tuangkan adonan ini kedalam campuran bahan kering yang tadi dan aduk-aduk kembali sampai merata.
  6. Setelah itu baru masukkan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk-aduk secara merata dengan perlahan.
  7. Panaskan wajan diatas kompor dengan api yang kecil, olesi dengan menggunakan margarin dan tuangkan adonan pancake kedalamnya. Lalu kemudian masak sampai adonan berkulit dan matang secara merata. Jangan lupa untuk membalikan adonan agar tidak gosong.

Cara Membuat Saus dan Bahan Pelengkap:

  1. Untuk membuat saus coklat lakukan dengan memotong-motong coklat masak pekat dengan menggunakan pisau secara merata.
  2. Lalu lanjutkan dengan melarutkan tepung mazeina bersama dengan 1 sendok teh air. Aduk-aduk bahan ini sampai mengental dan mencair.
  3. Kemudian rebus susu dalam panci dan masukkan kedalamnya gula pasir. Aduk-aduk bahan ini sampai mendidih secara merata.
  4. Masukkan coklat masak pekat yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk sampai larut dan kentalkan dengan menggunakan larutan tepung mazeina. Masak sampai meletup-letup dan matang.
  5. Untuk bahan pelengkapnya. Silahkan bersihkan strawberry dan anggur potong bagian tangkainya dan masukkan dalam wadah.

Setelah selesai, lipat menajdi dua bagian pancake dan potong dengan bentuk kecil-kecil. Tusuk dengan tusukan sate dan susun dengan cantik secara bergantian dengan buah-buahan yang sudah disiapkan. Terakhir kucuri dengan saus coklat dan sajikan.

Jangan lupa share dan berikan komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons