Resep dan Cara Membuat Pancake Putih Telur yang Enak dan Nikmat

Sajian pancake putih telur adalah hidangan yang lezat.

Meski biasanya sajian pancake seringkali memasukkan bahan kuning telur kedalamnya agar teksturnya menjadi lebih renyah. Namun bukan berarti sajian kali ini tidak bisa memiliki tekstur yang renyah dan selezat pada pancake kuning telur. Nah agar anda tidak lagi penasaran seperti apa membuat sajian pancake putih telur yang enak. Maka mari kita simak resepnya dibawah ini.

pancake putih telur

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pancake Putih Telur yang Enak dan Nikmat

4.8 542

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pancake Putih Telur yang Enak dan Nikmat

Bahan-Bahan Pancake:

  • 150 gram tepung terigu
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh kayumanis bubuk
  • 60 gram putih
  • 100 ml susu cair
  • 30 gram gula pasir

Bahan Untuk Pengembang:

  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 100 ml air hangat

Bahan Pelengkap Pancake:

  • 150 ml saus cokelat
  • 6 skup es krim vanila

Cara Membuat Pancake Putih Telur yang Enak dan Nikmat

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama persiapkan terlebih dahulu peralatan seperti baskom, wajan anti lengket, kocokan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan pancake dengan lebih mudah dan lebih fokus tanpa anda harus diganggu pada saat anda menyadari ada beberapa peralatan yang belum anda persiapkan. Nah, mengingat pentingnya mempersiapkan peralatan ini maka sebaiknya anda tidak melewati langkah kali ini.
  2. Setelah selesai mempersiapkan peralatan lanjutkan dengan memastikan bahwa anda sudah mempersiapkan semua bahan yang ada pada resep.
  3. Setelah itu ayak terlebih dahulu beberapa bahan kering yang akan dibuat adonan seperti halnya tepung terigu, kayu manis, baking powder dan garam. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampru. Setelah itu ayak dengan menggunakan ayakan dan masukkan dalam wadah lalu sisihkan sementara.
  4. Lanjutkan dengan mempersiapkan bahan pengembang. Caranya aduk merata bahan pengembang dalam wadah dan aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini tercampur. Sisihkan dalam wadah untuk kemudian tinggalkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai mengembang.

Cara Membuat Adonan Pancake:

  1. Untuk membuat adonan pancake bisa dilakukan dengan mempersiapkan sebuah wadah dekat dengan jangkauan anda dan masukkkan kedalamnya putih telur dan garam. Aduk-aduk bahan ini dengan menggunakan kocokan secara merata sampai setengah mengembang.
  2. Lalu masukkan gula pasir kedalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk secara merata hingga mengembang secara keseluruhan.
  3. Setelah 15 menit berlalu silahkan masukkan bahan pengembang kedalam campruan tepung terigu dan aduk-aduk sampai licin lalu sisihkan sementara.
  4. Kemudian tuangkan susu cair kedalamnya dan aduk-aduk kembali secara merata dan sisihkan dalam wadah tersebut.
  5. Bila sudah selesai tambahkan kocokan telur sedikit demi sedikit kedalam campuran terigu dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  • Bila semua bahan sudah tercampur secara merata lanjutkan dengan memanaskan wajan diatas kompor dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata. Tunggu sampai wajan benar-benar panas secara merata.
  • Lalu tuangkan adonan kedalam wajan dan masak sampai matang dan berkulit hingga bagian bawahnya berubah menjadi kecoklatan secara merata. Jangan lupa untuk dibalikan agar tidak gosong.
  • Sajikan dalam piring saji dan tata dengan cantik. Berikan ice ceam vanilla dibagian atasnya dan kucuri dengan menggunakan saus cokelat. Setelah itu pancake akan siap untuk dinikmati dan disantap saat masih hangat.

    Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

    Loading...

    Leave a Reply

    Show Buttons
    Hide Buttons