Resep dan Cara Membuat Pancake Pisang Havermut yang Nikmat, Enak dan Lembut

Hidangan pancake pisang havermut adalah sajian yang enak.

Paduan dua bahan berbeda yakni oat meal havermut bersama dengan nikmatnya pisang akan membuat sajian ini begitu istimewa dilidah anda. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian pancake pisang havermut yang nikmat? Simak resepnya dibawah ini.

pancake pisang havermut

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Pancake Pisang Havermut yang Nikmat, Enak dan Lembut

4.7 543

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pancake Pisang Havermut yang Nikmat, Enak dan Lembut

Bahan-Bahan Pancake:

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 ml susu cair
  • 50 gram havermut
  • 1 sendok makan gula tepung
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan margarin
  • 100 gram pisang ambon

Bahan Saus Cokelat:

  • 150 ml susu cair
  • 25 gram gula pasir
  • 1/2 sendok makan maizena
  • 1 1/2 sendok makan cokelat bubuk
  • 1 kuning telur

Bahan Pelengkap:

  • 3 buah pisang ambon, potong-potong

Cara Membuat Pancake Pisang Havermut yang Nikmat, Enak dan Lembut

Cara Membuat Adonan Pancake:

  1. Lakukan cara pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan pancake. Beberapa peralatan yang akan dibutuhkan diantaranya adalah baskom, wajan anti lengket, kocokan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan pancake dengan lebih mudah tanpa harus dibaut pergi bulak balik ke dapu utnuk menjangkau peralatan yang belum anda persiapkan.
  2. Setelah selesai dengan peralatan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan havermut dalam mangkuk dan siapkan sebuah blender untuk kemudian masukkan havermut kedalamnya. Nyalakan blender pada kecepatan paling tinggi dan biarkan selama kurnag lebih 3 menit sampai bahan ini berubah menjadi lebih halus teksturnya. Matikan blender dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Untuk pisang ambon silahkan kupas kulitnya secara merata dan potong-potong pisang dalam wadah untuk kemudian haluskan dengan menggunakan garpu secara merata dan sisihkan dalam wadah tersebut.
  4. Lelehkan margarin dalam wajan. Caranya, masukkan margarin kedalam wajan dan panaskan wajan dengan menggunakan api yang sedang biarkan margarin dalam wajan sampai mencair. Setelah itu angkat dan sisihkan sementara.
  5. Ayak beberapa bahan kering seperti baking powder, havermut, garam, gula tepung dan tepung terigu dengan menggunakan saringan secara merata. Sisihkan dalam wadah.
  6. Selanjutnya dalam wadah yang lain kocok telur hingga lepas dan masukkan susu cair kedalamnya bersama dengan pisang ambon dan margairn yang sudah dilelehkan. Aduk-aduk secara merata hingga tercampur.
  7. Tuangkan sedikit demi sedikit adonan ini dalam campuran terigu yang sudah disaring dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur. Lalu diamkan sementara selam akurang lebih 15 menit.
  8. Panaskan wajan dan olesi dengan margarin tunggu sampai margarin menjadi lebih panas secara merata.
  9. Tuangkan adonan kedalamnya dan masak sampai matang secara merata dan berkulit. Angkat bila sudah matang dan sajikan dalam piring saji.

Cara Membuat Saus:

  1. Larutka terlebih dahulu mazeina dengan air sebanyak 1 sendok makan dan aduk-aduk secara merata sampai larut.
  2. Setelah itu rebus cokelat dalam panci bersama dengan susu cair, gula pasir, cokelat bubuk dan aduk-aduk sampai mendih secara merata.
  3. Masukkan larutan tepung mazeina dan aduk-aduk sampai meletup-letup. Matikan api.
  4. Ambil sedikit rebusan susu dan tuangkan dalam kuning telur. Aduk merata dan masukkan kembali kedalm resbusan susu. Nyalakan api dan aduk-aduk kembali lalu masak sampai meletup-letup.

Sajikan pancake dengan saus coklat dan potongan pisang.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons