5 Resep dan Cara Membuat Pancake Lezat, Sederhana yang Praktis dan Mudah

Hidangan pancake adalah sajian kue yang pada awalnya merupakan sajian yang seringkali disantap oleh masyarakat Barat.

Akan tetapi kini, masyarakat Indonesia pun sudah mulai familiar dengan hidangan yang satu ini. Atau mungkin sebagian besarnya menjadikan hidangan ini sebagai makanan favoritnya.

Nah, kali ini sajian pancake akan pula bisa anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian pancake yang lezat dan sederhana? Tak perlu khawatir, resepnya akan kami sajikan untuk anda dibawah ini.

Resep dan Cara Membuat Pancake Lezat, Sederhana yang Praktis dan Mudah

Sajian Dessert
Masakan American
Waktu Persiapan 35 menit
Waktu Memasak 5 menit
Total Waktu 40 menit
Porsi 2 Porsi
Kalori 227 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Pancake Lezat, Sederhana yang Praktis dan Mudah

    Bahan-Bahan Untuk Pancake:

    • 100 gram tepung terigu
    • 250 ml susu cair
    • Garam sedikit
    • 1 butir telur
    • Margarin untuk olesan

    Bahan Untuk Topping Pancake:

    • Coklat leleh
    • Es krim
    • Sirup Mapple

    Langkah-langkah

    Cara Membuat Pancake Lezat, Sederhana yang Praktis dan Mudah

      Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

      1. Untuk yang pertama, anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan untuk membuat pancake. Hal ini menjadi langkah yang penting, mengingat dengan tidak mempersiapkan peralatan, anda mungkin akan kesulitan untuk dapat membuat adonan pancake dengan lebih mudah dan nyaman. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah teflon atau wajan anti lengket, baskom/wadah, gelas ukur dan kuar atau sendok untuk mengoleskan margarin kedalam wajan untuk membuat pancake nantinya. Nah, dengan mempersiapkan beberapa peralatan diatas, maka nantinya anda tidak akan dibuat kesulitan dengan bulak-balik ke dapur untuk mempersiapkan beberapa peralatan yang anda lewatkan.
      2. Setelah itu, kita akan siapkan bahan-bahan. Untuk bahan susu cair. Silahkan masukkan atau pisahkan bahan ini dalam wadah dan sisihkan.
      3. Sementara untuk tepung terigu, ayak bahan yang satu ini dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan kembali.
      4. Nah, untuk telur pecahkan telur dan pisahkan antara kuning dan putihnya. Masukkan dalam dua wadah yang berbeda, untuk kemudian sama halnya dengan bahan-bahan lainnya, sisihkan sementara.
      5. Sementara itu, untuk bahan-bahan lainnya. Silahkan sisihkan bahan-bahan lain, sebab bahan tersebut akan bisa dicampur secara langsung dengan bahan-bahan lainnya.

      Cara Membuat Pancake Sederhana:

      1. Untuk membuat adonan pancake, hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan baskom dekat dengan jangkauan anda.
      2. Setelah itu, masukkan bahan-bahan seperti tepung terigu, kuning telur dan juga garam. Aduk-aduk dengan menggunakan spatula atau wire whisk secara merata sampai bahan ini trcampur dan tidak ada gumpalan atau gelembung yang masih terlihat pada adonan.
      3. Kemudian, kocok putih telur dengan menggunakan mixer pada wadah yang berbeda. Aduk-aduk sampai kaku dan guankan kecepatan tinggi pada mixer.
      4. Setelah itu, baru tuangkan adonan ini dalam adonan tepung terigu dan aduk-aduk dengan menggunakan spatula secara merata.
      5. Panaskan teflon atau wajan anti lengket dan paaskan sedikit margarin. Gunakan api yang kecil dan tunggu sampai wajan menjadi lebih panas.
      6. uangkan sekitar 2.5 sendok sayur adonan dan tutup dengan menggunakan tutup panci. Tunggu sebentar dan balik adonan. Masak sampai matag dan berwarna kecoklatan.
      7. Setelah itu, angkat dan hidangkan diatas piring. Lalu berikan 2 scoop ice cream, kucuri dengan sedikit maple syrup dan juga coklat meleleh.

      Kini sajian pancake akan siap untuk dinikmati dan dihidangkan.

      Resep dan Cara Membuat Pancake Saus Cokelat yang Enak

      Resep Pancake Saus Cokelat

      Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

      • 200 gram tepung terigu protein sedang
      • 1 1/2 sdm gula pasir halus
      • 2 butir telur
      • 1/4 sdt garam
      • 1/2 sdm baking powder
      • 30 gram margarin
      • 250 ml susu cair

      Bahan Saus Untuk Membuat Pancake Cokelat

      • 150 ml susu cair
      • 50 gram cokelat masak pekat
      • 35 gram gula pasir
      • 1/2 sendok teh maizena
      • 10 gram cokelat bubuk
      • 1/8 sendok teh garam

      Cara Menyiapkan Bahan-Bahan Untuk Membuat Pancake Saus Cokelat

      1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan alat yang dibutuhkan. Beberapa alat yang perlu anda siapkan yaitu wajan anti lengket, wadah, gelas ukur, sendok atau kuas dan panci. Setelah semua alat-alat disiapkan anda bisa langsung  mengolah bahan-bahan untuk membuat pancake saus cokelat.
      2. Silahkan ambil wadah atau mangkuk berukuran kecil. Lalu masukan telur yang sudah anda siapkan ke dalam wadah tersebut. Setelah itu anda bisa mengocok lepas telur. Agar lebih mudah anda bisa mengocok telur dengan menggunakan alat untuk kocokan telur supaya telur lebih mudah berbusa.
      3. Selanjutnya, silahkan lelehkan margarin yang sudah anda siapkan.
      4. Langkah berikutnya yaitu larutkan maizena yang sudah anda siapkan dalam air sebanyak 1/2 sendok teh.

      Cara Membuat Pancake Saus Cokelat yang Enak

      1. Silahkan ambil gula pasir halus, tepung terigu dan baking powder yang sudah anda siapkan. Kemudian anda bisa mengayaknya. Tambahkan garam. Lalu aduk hingga merata. Sisihkan terlebih dahulu.
      2. Dalam wadah yang berbeda, silahkan campurkan susu cair dan telur. Lalu anda bisa mengaduknya sampai merata.
      3. Selanjutnya, tuangkan campuran susu dan telur ke dalam campuran terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata.
      4. Ambil margarin yang sudah anda lelehkan tadi. Kemudian masukan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan hingga merata.
      5. Silahkan panaskan wajan datar yang sudah anda siapkan. Lalu panaskan margarin sedikit saja.
      6. Apabila wajan sudah panas, anda bisa menuangkan adonan ke dalam wajan sebanyak satu sendok sayur saja. Biarkan hingga berkulit, lalu anda bisa membaliknya. Tunggu beberapa saat hingga matang. Jika sudah matang, anda bisa mengangkatnya. Lakukan cara yang sama hingga semua adonan habis.

      Cara Membuat Saus

      1. Silahkan siapkan panci kecil yang akan digunakan untuk membuat saus. Lalu masukan bahan-bahan saus yang sudah anda siapkan seperti garam, gula, susu dan cokelat bubuk.
      2. Selanjutnya masak semua bahan-bahan sambil diaduk hingga mendidih.
      3. Kemudian masukan larutan maizena. Aduk-aduk hingga saus meletup-letup.
      4. Apabila sudah seperti itu anda bisa mematikan api. Lalu tambahkan cokelat. Aduk sampai larut.

      Cara Menyajikan Pancake

      1. Silahkan sajikan pancake pada piring saji yang sudah anda siapkan.
      2. Lalu anda bisa menyajikan pancake bersama sausnya. Anda bisa menyiramnya dengan saus cokelat yang sudah anda buat tadi.
      3. Pancake saus cokelat sudah selesai dibuat. Anda bisa langsung menyantapnya. Bertemankan secangkir teh hangat tawar, menikmati pancake saus cokelat akan terasa lebih enak.

      Resep dan Cara Membuat Pancake Kayu Manis, Menu Sarapan yang Nikmat

      Resep Pancake Kayu Manis

      Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

      • 200 gram tepung terigu protein sedang
      • 1 1/2 sdm gula pasir halus
      • 1/2 sdm baking powder
      • 30 gram margarin
      • 250 ml susu cair
      • 2 butir telur dikocok lepas
      • 1/4 sdt garam
      • 14 sekup es krim vanila

      Bahan Untuk Saus

      • 100 gram gula palem
      • 1 sdm air
      • 4 sdm susu kental manis
      • 1 sdt kayu manis

      Cara Menyiapkan Bahan-Bahan Untuk Membuat Pancake Kayu Manis

      1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu, setelah menyiapkan bahan-bahan anda bisa langsung menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat pancake kayu manis. Beberapa bahan yang harus anda siapkan di antaranya yaitu wajan anti lengket dengan diameter 8 sampai 12 cm untuk membuat pancake, kuas atau sendok, wadah, mangkuk kecil, kocokan telur. Jika semua alat-alat yang dibutuhkan sudah siap, anda bisa langsung menyiapkan bahan supaya siap olah.
      2. Silahkan ambil mangkuk kecil yang sudah anda siapkan. Lalu masukan telur ke dalam mangkuk. Kocok lepas telur. Anda sebaiknya mengocok telur dengan menggunakan alat kocokan telur supaya lebih mudah.
      3. Selanjutnya lelehkan margarin yang sudah anda siapkan.

      Cara Membuat Pancake Kayu Manis

      1. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu membuat adonan. Silahkan ayak gula pasir, tepung terigu dan baking powder. Lalu anda bisa menambahkan garam. Aduk hingga merata. Jika sudah, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
      2. Ambil wadah yang berbeda. Lalu anda bisa memasukan susu cair yang sudah anda siapkan dan telur yang sudah anda kocok. Kemudian aduk sampai merata.
      3. Setelah itu, tuangkan ke dalam adonan tepung terigu. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan hingga merata.
      4. Ambil margarin yang sudah anda lelehkan tadi. Kemudian masukan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil  diaduk perlahan.
      5. Ambil wajan atau pan anti lengket yang sudah anda siapkan. Lalu oleskan margin dengan menggunakan kuas atau sendok. Kemudian panaskan di atas api kecil.
      6. Tuangkan adonan ke dalam wajan anti lengket yang sudah panas. Tunggu sampai berkulit. Lalu anda bisa menutupnya dan tunggu beberapa saat hingga matang. Angkat.

      Cara Membuat Saus

      1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat saus.
      2. Setelah itu masukan semua bahan-bahan saus seperti susu kental manis, air, kayu manis dan gula palem.
      3. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga merata.

      Cara Menyajikan Pancake

      1. Simpan pancake pada piring atau wadah saji yang sudah anda siapkan.
      2. Lalu anda bisa menyajikan panceka dengan saus yang sudah anda buat dan es krim vanila.
      3. Pancake kayu manis sudah selesai dibuat. Rasanya yang enak dan lezat akan membuat seluruh keluarga anda ketagihan. Selamat mencoba di rumah.

      Resep dan Cara Membuat Pancake Nutella

      Resep Pancake Nutella

      Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Pancake Nutella

      • 200 gram tepung terigu protein sedang
      • 30 gram margarin
      • 250 ml susu cair
      • 1 1/2 sdm gula pasir halus
      • 1/2 sdm baking powder
      • 1/4 sdt garam
      • 2 butir telur

      Bahan Untuk Topping

      • 5 sdm selai nutella
      • 5 buah pisang ambon
      • 5 sdm susu kental manis putih atau cokelat sesuai selera

      Cara Menyiapkan Bahan dan Alat Untuk Membuat Pancake Nutella

      1. Jika semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pancake sudah anda siapkan, anda bisa langsung menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Beberapa alat yang harus anda siapkan di antaranya yaitu wajan anti lengket untuk membuat pancake, wadah, mangkuk kecil, sendok atau kuas, kocokan telur. Setelah semua alat siap, anda bisa langsung menyiapkan bahan supaya siap olah.
      2. Silahkan ambil mangkuk kecil yang sudah anda siapkan. Lalu masukan telur ke dalam mangkuk tersebut. Kocok lepas telur. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
      3. Selanjutnya, lelehkan margarin.
      4. Ambil pisang ambon yang sudah anda siapkan. Lalu kupas dan iris bulat, jangan terlalu tebal ataupun terlalu tipis.

      Cara Membuat Pancake Nutella

      1. Pertama-tama langkah yang harus anda lakukan yaitu mengayak tepung terigu, baking powder dan gula pasir halus yang telah anda siapkan. Lalu tambahkan garam. Aduk hingga merata. Sisihkan terlebih dahulu.
      2. Pada wadah yang berbeda, silahkan masukan bahan seperti susu cair dan telur yang sudah anda kocok tadi. Aduk hingga merata.
      3. Silahkan tuangkan campuran susu dan telur ke dalam adonan terigu. Pastikan anda menuangkannya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan hingga merata.
      4. Ambil margarin yang sudah anda lelehkan, lalu masukan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga merata.
      5. Silahkan panaskan wajan anti lengket yang telah anda siapkan. Anda bisa mengolesi wajan dengan menggunakan margarin tipis-tipis saja.
      6. Kemudian tuangkan adonan sebanyak 1 sendok sayur. Lalu biarkan asal berkulit. Anda bisa membaliknya dan tunggu beberapa saat hingga matang. Apabila sudah matang, silahkan angkat.

      Cara Menyajikan Pancake

      1. Jika semua pancake sudah matang, anda bisa menatanya di atas wadah atau piring saji yang sudah anda siapkan.
      2. Kemudian oleskan nutella yang sudah anda siapkan di atas pancake dengan merata menggunakan sendok.
      3. Ambil pisang yang sudah anda iris-iris tadi dan tata di atas pancake yang sudah diolesi nutella. Lalu anda bisa menyiramnya dengan susu kental manis sesuai selera.
      4. Pancake nutella dengan topping pisang sudah selesai dibuat. Kini anda bisa menyajikan dan menikmatinya bersama keluarga tercinta di rumah.

      Resep dan Cara Membuat Pancake Stroberi Keju Spesial

      Resep Pancake Stroberi Keju

      Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Pancake

      • 200 gram tepung terigu protein sedang
      • 60 gram margarin
      • 1/2 sdt garam
      • 35 gram keju cheddar
      • 275 ml susu cair
      • 1 kuning telur
      • 1 sdm baking powder
      • 2 butir telur ayam

      Bahan-Bahan Isi

      • 100 gram selai stroberi
      • 100 gram keju cheddar
      • 100 ml air
      • 75 gram stroberi
      • 1 sendok makan maizena
      • 25 gram gula pasir
      • 1/2 sdm jeruk lemon

      Cara Menyiapkan Bahan dan Alat Untuk Membuat Pancake Stroberi Keju

      1. Jika semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pancake sudah siapkan, selanjutnya langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Anda harus menyiapkan alat-alat untuk membuat pancake. Beberapa alat yang harus anda siapkan di antaranya yaitu wajan anti lengket untuk membuat pancake, wadah, sendok atau kuas, mangkuk kecil dan kocokan telur.
      2. Setelah semua alat dan bahan siap, langkah selanjutnya yaitu melelehkan margarin yang sudah anda siapkan. Jika sudah lelehkan, sisihkan terlebih dahulu.
      3. Selanjutnya, silahkan parut keju cheddar. Sisihkan.
      4. Potong-potong stroberi dengan ketebalan sesuai selera.
      5. Larutkan maizena yang sudah anda siapkan dengan air sebanyak 1 sendok makan.
      6. Untuk keju bahan isi, anda bisa parut panjang.

      Cara Membuat Pancake

      1. Silahkan campurkan beberapa bahan seperti baking powder, tepung terigu, telur dan garam pada satu wadah. Lalu anda bisa mengaduknya hingga merata.
      2. Jika semua bahan sudah tercampur rata, silahkan tuangkan susu cair. Lalu aduk kembali sampai merata.
      3. Ambil margarin leleh dan tuangkan ke dalam adonan. Aduk sampai merata. Lalu tuangkan keju parut untuk bahan pancake. Aduk kembali hingga merata.
      4. Silahkan panaskan wajan anti lengket untuk membuat pancake. Anda bisa mengolesinya dengan margarin tipis-tipis saja.
      5. Setelah wajan panas, silahkan tuangkan adonan sebanyak satu sendok sayur. Tunggu beberapa saat hingga salah satu sisinya matang. Setelah seperti itu, balik dan tunggu hingga matang. Angkat.

      Cara Membuat Isi

      1. Silahkan rebus bahan-bahan untuk isi seperti selai stroberi, air, stroberi dan gula pasir.
      2. Kemudian aduk sambil terus dimasak hingga mendidih.
      3. Selanjutnya masukan larutan maizena. Aduk kembali hingga merata dan meletup-letup.
      4. Menjelang diangkat, silahkan tambahkan air jeruk lemon. Aduk kembali hingga merata. Lalu anda bisa mengangkatnya.

      Cara Menyajikan Pancake

      1. Silahkan ambil pancake sebanyak 1 buah.
      2. Lalu oleskan isi dan tambahkan keju parut.  Lalu anda bisa melipatnya menjadi dua bagian.
      3. Setelah itu, anda bisa langsung menyajikannya.

      Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

      Loading...

      One thought on “5 Resep dan Cara Membuat Pancake Lezat, Sederhana yang Praktis dan Mudah

      Tinggalkan Balasan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      Show Buttons
      Hide Buttons