Resep dan Cara Membuat Oseng-Oseng Jagung Manis Pipil Telur Puyuh yang Lezat, Enak dan Mudah

Perut keroncongan dan rasa lapar yang menggebu memang seringkali menyiksa.

Apalagi saat perasaan ini datang, tidak ada makanan yang bisa anda dapatkan. Ingin pergi ke rumah makan jauh, pergi ke restoran biaya yang dikeluarkan harus banyak.

Nah, untuk mengatasi masalah seperti ini, tidak ada salahnya jika anda menyajikan sendiri makanan untuk anda. Seperti salah satunya adalah hidangan oseng-oseng jagung manis pipil telur puyuh berikut ini.

Rasa yang lezat dan tekstur jagung yang renyah akan membuat hidangan kali ini semakin istimewa. Yuk, simak langsung seperti apa sih resep membuat oseng-oseng jagung manis pipil telur puyuh berikut ini.

tumis jagung pipil telur puyuh

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Oseng-Oseng Jagung Manis Pipil Telur Puyuh yang Lezat, Enak dan Mudah

4.8 109

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

5 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Oseng-Oseng Jagung Manis Pipil Telut Puyuh yang Lezat, Enak dan Mudah

Bahan dan Bumbu Tumisan:

  • 150 gram jagung manis pipil
  • 20 butir telur puyuh
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh petis
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 buah cabai hijau, diiris bulat
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml air
  • 2 buah cabai merah, diiris bulat
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 cm lengkuas
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 cm jahe

Cara Membat Oseng-Oseng Jagung Manis Pipil Telur Puyuh yang Lezat, Enak dan Mudah

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan jagung manis pipil. Caranya, buka atau kupas terlebih dahulu jagung manis dan buang cangkangnya ke bagian belakang dan tarik serta buang bagian bonggolnya.
  2. Selanjutnya, silahkan bersihkan bagian rambut jagung dengan menggunakan tangan secara merata, bersihkan hingga dipastikan tidak ada bagian rambut yang masih menempel pada jagung.
  3. Setelah itu, silahkan pipil jagung dengan menggunakan tangan secara merata. Lalu masukkan hasil pipilannya pada wadah dan sisihkan sementara.
  4. Untuk telur puyuh, siapkan panci dan berikan air kedalamnya sebanyak 4 gelas. Tunggu hingga air mendidih dan rebus telur puyuh hingga matang secara merata.
  5. Angkat telur yang sudah matang, masukkan kedalam air dingin dan kupas kulitnya dengan menggunakan tangan secara peralahan. Masukkan juga dalam wadah dan sisihkan.
  6. Kemudian, berishkan dan cuci jagung manis yang telah dipipil dengan air bersih. Remas-remas peralahan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada jagung. Angkat jagung dan tiriskan airnya, kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Tumis Jagung Manis Pipil Telur Puyuh:

  1. Tumis bumbu halus dalam wajan yang telah diberikan minyak dan dipanaskan. Aduk-aduk secara merata dan tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma yang harum.
  2. Setelah tumisan harum, masukkan daun salam, cabai hijau dan juga cabai merah. Aduk-aduk secara merata hingga bahan yang baru saja dimasukkan menjadi lebih layu.
  3. Tambahkan telur puyuh kedalamnya, petis, dan juga jagung manis yang telah dipipil dan dibersihkan. Aduk-aduk merata sampai bahan ini tercampur merata.
  4. Masukkan air kedalam tumisan bumbu bersama dengan garam, gula pasir dan masak sampai semuanya meresap.

Nah, setelah matang baru silahkan angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji. Hidangan ini akan siap anda santap bersama dengan keluarga tercinta.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons