Resep dan Cara Membuat Onigiri Tuna Ala Jepang Rumahan Yang Mudah

Onigiri ,nasi kepal ala Jepang yang dapat dibuat di rumah dengan cara yang mudah, baca artikel selengkapnya disini.

Onigiri, dari nama makanan yang satu ini sudah jelas sekali merupakan makanan khas Jepang. Makanan yang berupa nasi yang dipadatkan berbentuk bulat, segitiga atau menyerupai karung beras. Onigiri dikenal dengan sebutan omusubi,cara makan onigiri menggunakan tangan tanpa sumpit yang umumnya digunakan sebagai alat makan orang Jepang.

Bahan membuat onigiri diantaranya adalah beras dengan kadar kanji yang tinggi, beras Jepang atau terkenal dengan sebuta oryza sativa ssp japonica yang berbeda dari beras yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Langkah yang pertama dilakukan sebelum menggunakan onigiri adalah kedua belah yangan dibasahi dengan air matang agar tidak lengket kemudian onigiri dibentuk menggunakan kedua telapak tangan dan ditaburi garam sejumput.

Di dalam onigiri umumnya terdapat daging ikan salmon kemudian diberi tambahan kecap asin atau miso.Onigiri seringkali dipakai sebagai makan siang sewaktu piknik atau dimakan diperjalanan.

Inilah resep dan cara membuat onigiri tuna ala Jepang rumahan yang mudah nan lezat, selamat mencoba.

onigiri tuna

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Onigiri Tuna Ala Jepang Rumahan Yang Mudah

4.9 147

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi 

4 Porsi

Bahan Resep dan Cara Membuat Onigiri Tuna Ala Jepang Rumahan Yang Mudah

Bahan Utama Onigiri Tuna Ala

  • 40 gram tuna kalengan
  • 400 gram nasi asli Jepang
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar nori  (dipotong persegi panjang atau sesuai selera anda)
  • 1 sendok makan mayonaise

Cara Memasak Resep dan Cara Membuat Onigiri Tuna Ala Jepang Rumahan Yang Mudah

  1. Untuk langkah pertama,campurkan tuna kalengan tanpa menggunakan minyak dengan mayonaise sampai merata
  2. Kemudian sebelum digunakan, campurkan nasi dengan sedikit garam kemudian ratakan
  3. Lalu terakhir,kemudian  ambil nasi sebesar ukuran onigiri yang inginkan sesuai dengan selera.
  4. Kemudian tutup kembali dengan nasi dan jangan lupa menambahkan nori pada ditengahnya dengan sedikit agak ditekan bisa menempel dengan sempurna.
  5.  Lalu onigiri sederhana buatan anda siap untuk disajikan.  

Onigiri di Jepang memiliki berbagai macam isi dan variasi yang tergantung selera.Selanjutnya untuk membuat onigiri sebaiknya membuat nori yang dibungkus agar lebih mudah dimakan dan tidak menempel ditangan.

Onigiri sangat lekat dengan tradisi dan sejarah di Jepang, Onigiri sudah terkenal sejak dulu kala di Jepang. Bahkan pada abad ke 11 dalam sebuah buku harian Murasaki Shikibu Nikki ditulis orang yang memakan nasi dibulatkan , yang dikenal dengan istilah tonjiki dan sering dimakan ketika makan siang atau pikinik.

Bahkan dalam sebuah penemuan pada zaman yayoi yang menemukan bahwa nasi onigiri ini sudah terkarbonisasi  dimana ditemukan bentuk sisa bekas dan jari tangan manusia . Ini membuktikan bahwa onigiri sudah terkenal di Jepang sejak zaman dulu kala.

Kini, di era modern dalam bentuk penyesuaian , Onigiri bisa dibentuk dengan berbagai macam karakter sehingga lebih disukai oleh sikecil sebagai bekal sekolah. Anda dapat mencoba membuatnya di rumah dan berkreasi sesuai dengan selera anak anda.Jangan lupa untuk meninggalkan pesan komentar di kolom yang sudah tersedia di bawah ini dan bagikan link resep kami di akun media sosial anda. Selamat mencoba. 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons