Resep dan Cara Membuat Onigiri Telur ala Jepang Rumahan yang Enak dan Mudah

Nasi kepal berbentuk segitiga dengan isi telur khas Jepang atau lebih dikenal dengan onigiri yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah, baca resep selengkapnya disini.

Makanan dengan bentuk segitiga atau bahkan sekarang dalam beberapa bentuk yang menarik untuk menggugah selera makan, umumnya dijadikan bento bekal si kecil.Ya, onigiri ini merupakan nasi kepal khas Jepang yang terkenal. Nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat  kemudian dibentuk segitiga atau bulat.

Onigiri ini dikenal juga dengan istilah omusubi yang digunakan dalam istilah wanita kaisar Jepang, dimana cara memakannya langsung menggunakan tangan tanpa menggunakan sumpit. Uniknya cara membentuk onigiri sendiri tidak hanya ketika nasi hangat melainkan beras yang digunakan biasanya beras khas Jepang.Beras ini mengandung kanji yang lebih banyak dibandingkan dengan beras asal Asia Tenggara.

Onigiri yang terkenal di Jepang bervarias, tergantung dengan selera orang yang membuatnya. Bahan yang digunakan untuk membuat onigiri diantaranya adalah nori. Nori yang digunakan untuk membungkus nasi agar lebih mudah dan dimaksudkan agar nasi yang dimakan langsung tidak menempel ditangan.Meskipun demikian onigiri tanpa nori juga seringkali banyak dijumpai untuk disajikan untuk keluarga tercinta.

Inilah resep dan cara membuat onigiri ala Jepang rumahan yang mudah dan enak untuk keluarga ,selamat mencoba.

 

onigiri telurNama Resep

Resep dan Cara Membuat Onigiri Telur ala Jepang Rumahan yang Enak dan Mudah

4.9 177

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan Resep dan Cara Membuat Onigiri Telur ala Jepang Rumahan yang Enak dan Mudah

Bahan Utama Onigiri Telur

  • 150 gram Beras
  • 100 gram Ketan
  • 4 Telur dadar sesuai selera
  • 4 lembar Nori
  • Garam secukupnya

Cara Memasak Resep dan Cara Membuat Onigiri Telur ala Jepang Rumahan yang Enak dan Mudah

  1. Langkah pertama siapkan beras kemudian tambahkan ketan sebanyak satu kepal tangan.Usahakan tidak terlalu banyak karena akan membuat nasi menjadi keras
  2. Kemudian cuci beras dan ketan sampai bersih, selanjutnya bilas terakhir dan diamkan kurang lebih 5 menit
  3. Buang airnya, dan tambahkan air lagi untuk dimasak kembali sehingga air yang digunakan menjadi jernih
  4. Sesudah matang,keluarkan nasi secukupnya dipiring tutupi dengan plastik bening agar tidak lengket.
  5. Sedangkan memulai semuanya,langkah pertama cuci tangan dengan bersih kemudian kepal nasi,
  6. Setelah itu, ambil sedikit garam lalu ratakan sekitar telapak tangan
  7. Kemudian nasi segenggam,kemudian telur dadar ditengahnya
  8. Selanjutnya pulen nasi bentuk segitiga, bulat dan silinder
  9. Tambahkan nori ditengah dan sedikit bisa menempel dengan sempurna.

Nah, bagi anda yang ingin berkreasi membuat nori di rumah sendiri yuk coba berbagai bentuk nori yang disesuaikan dengan keinginan dan selera keluarga. Beberapa bentuk onigiri yang disukai oleh anak anak biasanya dijadikan bekal makan siang, bentuk nori bento inilah yang banyak digemari dibentuk dalam karakter kartun.

Sedangkan bagi anda yang ingin menyajikan menu hidangan mancanegara lainnya. Anda dapat mencoba untuk membuat menu lainnya dengan bantuan resep selerasa.com. Beberapa hidangan utama khas dunia dapat anda coba untuk keluarga tercinta. Selain itu, anda juga dapat berbagi resep dengan teman dan keluarga di akun media sosial anda dan jangan lupa meninggalkan pesan dan komentar dikolom yang tersedia di bawah ini. Selamat mencoba berkreasi dengan resep-resep lainnya. 

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons