Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Sehat Untuk Bayi

Makanan pendamping ASI selanjutnya setelah bubur adalah Nasi Tim khusus untuk bayi.

Nasi tim dengan tekstur yang lembut sangat cocok untuk bayi. Tim merupakan makanan lanjutan setelah bubur pada tahapan pemberian makanan pendamping ASI. Pemberian nasi tim untuk bayi dapat dicampur dengan bahan-bahan lainya seperti sayuran, ati ampela, ayam, daging cincang dan lainnya.

Nasi tim yang memiliki citarasa gurih dibandingkan dengan nasi biasanya, umumnya isiannya ditumis terlebih dahulu kemudian dimasak menggunakan kaldu , susu kedelai ataupun santan cair. Sedangkan untuk pembuatannya sendiri nasi tim dapat direbus,dikukus ataupun dipanggang. Meskipun demikian dalam proses pembuatannya hampir sama, nasi aron lunak kemudian diberi tambahan kaldu dan variasi lauk dan sayur.

Untuk menambah nilai gizi bagi si kecil pemberian sayuran dan lauk yang bervariasi sangat diperlukan. Untuk membuat nasi tim gurih anda dapat menambahkan minyak zaitun, minyak wijen atau margarin ke dalam nasi tim. Jangan ragu untuk menambahkan sayuran yang dicincang kasar karena akan merangsang pertumbuhan gigi anak anda.

Membuat makanan pendamping ASI sendiri di rumah lebih terjamin dan anda akan belajar berkreasi dengan resep-resep lainnya.

nasi tim bayi

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Sehat Untuk Bayi

4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Jumlah Porsi

1 porsi

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Nasi Tim Sehat Untuk Bayi

Bahan Utama Nasi Tim Bayi

  • 2 sdm beras merah
  • 50 gram tahu cincang
  • 25 gram daging cincang
  • 50 gram wortel
  • 25 gram tomat
  • 2 sdm santan kelapa
  • 500-750 ml air

Cara Membuat Nasi Tim Sehat Untuk Bayi

  1. Langkah pertama rebus air bersama dengan bahan bahan lainnya yaitu tahu dan daging giling, kemudian aduk hingga merata
  2. Lanjutkan dengan memasukan wortel dan tomat yang sudah dicincang , kemudian aduk hingga sayuran masak kemudian angkat
  3. Lalu tuang santan kelapa kental aduk kembali hingga tercampur kemudian angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk alumunium atau mangkuk tahan panas lainnya
  4. Terakhir panaskan dandang yang telah diisi air kemudian kukus, kurang lebih 25 menit.

Untuk membuat nasi tim khusus pada bayi dapat disesuaikan dengan usia bayi anda.Pemberian nasi tim pada bayi dapat dimulai dari usia 8 bulan ke atas. Tekstur nasi tim yang lembut akan mudah diterima oleh bayi sehingga pada bayi yang baru saja diperkenalkan pada  makanan pendamping ASI sangat cocok diberikan nasi tim saring.

Resep nasi tim lain seperti nasi tim bayam, nasi tim ati ampela, nasi tim daging ayam  ataupun nasi tim ikan dapat anda kreasikan sendiri untuk menu bayi anda. Pemberian nasi tim dengan tambahan lauk selain dapat memenuhi nilai gizi harian anak anda dapat juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan bayi si kecil.

Nasi tim yang berbahan beras merah sangat cocok untuk bayi karena kandungan serat yang lebih tinggi dari beras merah. Untuk menambah citarasa pada nasi tim khusus bayi anda dapat menambahkan kaldu ayam atau kaldu sapi sebelum disajikan pada bayi. Tidak hanya untuk bayi, resep resep nasi tim lainnya dapat anda temukan di selerasa.com sebagai menu utama bayi keluarga.

Untuk saran penyajian nasi tim yang hangat lebih menggugah selera, jangan lupa untuk berbagi resep dengan teman dan rekan di media sosial anda. 

Loading...
Resep Nasi Goreng Resep Nasi Kuning Resep Nasi Tumpeng Resep Nasi Uduk
Resep Nasi Goreng Spesial, Praktis dan Gurih Resep Nasi Kuning Praktis Menggunkan Rice Cooker

Resep Nasi Tumpeng Kreasi Komplit Nampak Cantik

Resep Nasi Uduk Spesial, Komplit dan Lezat

Resep Nasi Goreng Spesial

Resep Nasi Goreng Spesial Praktis dan Sedap

Resep Nasi Kuning

Resep Nasi Kuning Praktis Menggunkan Rice Cooker

Resep Nasi Tumpeng

Resep Nasi Tumpeng Kreasi Komplit Nampak Cantik

Resep Nasi uduk

Resep Nasi Uduk Spesial, Komplit dan Lezat