Resep Dan Cara Membuat Nasi Tim Daging Khas Bandung

Banyak kuliner yang lahir di Bandung, salah satunya yang patut anda coba adalah nasi tim isi daging.

Tekstur nasi tim yang lembut seringkali dijadikan untuk makanan pendamping ASI. Bahkan nasi tim kerap kali dijadikan menu utama untuk orang yang sedang sakit. Di Negara asalnya nasi tim dijadikan menu utama khusunya di musim dingin.

Nasi tim dibuat dengan menggunakan mangkok berbahan alumunium untuk tetap menjaga citarasa sehingga hangat sampai saat disajikan. Sedangkan untuk saran penyajian dapat menggunakan tambahan kuah kaldu. Tambahan sambal dan acar bisa disesuaikan dengan selera anda.

Untuk kali ini anda dapat mencoba nasi tim dengan menggunakan isi daging sapi. Daging merah seperti daging sapi memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatanm salah satunya adalah kandungan protein yang dapat membangun sel mati dan mengatur enxim di dalam tubuh.

Kemudian yang tidak kala penting, daging merah dapat menjadi nutrisi yang penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh.Porsi yang tepat untuk mengkonsumsi daging merah adalah 70 gram perhari.

Yuk, coba resep kali ini yaitu nasi tim khas Bandung yang menggunakan tambahan bahan daging sapi giling yang dicampur dengan jamur.

Resep Nasi Tim daging

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Nasi Tim Daging khas Bandung

4.8 130

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Nasi Tim Daging

Bahan Utama Nasi Tim 

  • 300 gram beras, cuci, sisihkan
  • 500 ml air kaldu sapi

Bahan Bumbu Nasi Tim

  • 1/2 siung bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 10 buah jamur kuping, rendam, potong kecil
  • 100 gram jamur merang, iris
  • 75 gram daging sapi giling
  • 50 gram buncis potong kecil
  • 50 gram wortel potong kecil
  • mentega secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

Cara membuat Nasi Tim

  1. Langkah pertama lelehkan mentega kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum
  2. Selanjutnya masukan daging giling, tumis hingga berubah warna dan matang
  3. Kemudian tambahkan aneka sayur buncis dan wortel
  4. Terakhir masukan jamur kuping dan jamur merang hingga layu
  5. Selanjutnya tuang kuah kaldu
  6. Masukan tambahan garam, gula pasir, dan lada putih
  7. Kukus dengan menggunakan api sedang hingga 30 menit
  8. Selanjutnya isi tumis jamur dan daging untuk dihidangkan

Saran penyajian untuk nasi tim isi daging disajikan dengan kuah kaldu , sambal dan acar. Sedangkan bagi anda yang ingin mendapatkan rasa pedas tanpa menganggu pencernaan , anda dapat menggunakan tambahan bubuk merica ketika akan disajikan. Selain itu rasa manis dapat ditambahkan dari tambahan kecap .

Nasi tim hangat selain teksturnya yang lembut dan mudah dicerna, memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Bagi batita yang akan diberi nasi tim , hindari menggunakan rempah yang terlalu tajam. Sedangkan untuk orang sakit , agar tetap menjaga citarasanya nasi tim yang sudah matang simpan di magic com atau tetap dalam kukusannya sehingga mempertahankan rasa sebelum disajikan.

Nasi tim isi daging dapat menjadi menu istimewa untuk keluarga disaat musim hujan . Bagi anda yang ingin mencoba resep lainnya dapat mencoba resep olahan beras seperti nasi kebuli, nasi bukhari, nasi kuning, nasi tumpeng dan lainnya.Jangan lupa untuk berbagi dengan resep dengan teman di media sosial anda. 

Loading...

Ilham

Ilham

Author at Selerasa
Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Bahasa Asing ini memiliki segudang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pengalaman job training di bidang Food and Beverage Service semakin menambah keahlian penulis dalam bidang kuliner. Pengalaman di dunia sastra dan tata boga menjadikannya salah satu kontributor terbaik di selerasa.com.
Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *