Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau Menggunakan Rice Cooker

Nasi lemak atau seringpula dikenal dengan nasi gurih yang terkenal di Melayu, bahkan sangat mudah untuk mendapatkannya. Banyak sekali penjual kaki lima hingga ke restoran yang menyajikan nasi lemak dengan berbagai macam lauk.

Nasi lemak yang hampir sama dengan nasi uduk ini sangat banyak digemari oleh masyarakat Melayu bahkan dijadikan menu utama ketika sarapan.Meskipun demikian kini nasi lemak dapat ditemukan kapan saja dan disantap ketika makan siang atau makan malam.

Nasi lemak memiliki variasi lauknya,baik menggunakan rendang, daging sapi, sambal telur, tambahan sambal ikan teri ataupun dengan berbagai macam sayuran seperti mentimun, tomat, kangkung atau tumisan laiinya.

Nasi lemak yang enak adalah nasi lemak yang memiliki cita rasa harum dan gurih dimana nasinya masih utuh dan tidak pecah. Bahkan tekstur nasi cenderung lembut. Untuk mendapatkan nasi yang gurih dapat menggunakan santan kental, sedangkan untuk mendapatkan aroma yang harum dapat menggunakan daun pandan, serai, daun dalam dan tambahan daun jeruk purut.

Kali ini kami akan berbagi resep yang berbeda, selain nasi lemak yang dapat dibuat dengan menggunakan rice cooker. Resep nasi lemak yang akan kami bagikan disini adalah nasi lemak dengan tambahan daun pandan sehingga memiliki aroma dan warna yang berbeda. Anda penasaran untuk mencobanya ? Inilah nasi lemak kampung pandan hijau menggunakan rice cooker.

nasi lemak ricecooker

Nama Resep

Resep Dan Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau Menggunakan Rice Cooker

4.5 93

Waktu Memasak

Persiapan :menit

Memasak : menit

Total : Menit

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi kampung pandan hijau menggunakan rice cooker

Bahan Utama

  • 3 cup beras
  • 3 cup air
  • 65 ml santan

Bahan Bumbu

  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay kecil
  • 2 cm jahe,memarkan
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • air daun pandan dari 10 lembar daun pandan yang diblender kemudian disaring

Cara Membuat Nasi Lemak Kampung Pandan Hijau Menggunakan Rice Cooker

Cara Membuat

  1. Langkah pertama masukan beras dengan tambahan santan dan juga air sesuai dengan jenis beras.Begitupula dengan tambahan air daun pandan .
  2. Kemudian masukan bahan bumbu seperti bawang putih yang sudah dhaluskan, kemudian tambahkan bawang bombay, tambahan jahe yang sudah dimemarkan. Begitupula dengan serai, daun salam dan juga daun jeruk. Masak nasi hingga matang .
  3. Setelah masak, kemudian buka dan aduk dari bawah ke atas nasi, selanjutnya hangatkan kembali 10 menit sehingga nasi tidak menggumpal .

Dengan demikian nasi lemak hijau pandan sangat mudah untuk anda praktekan di rumah sendiri untuk dijadikan hidangan utama keluarga. Bahkan dapat pula menjadi sajian istimewa ketika menjamu tamu atau acara istimewa keluarga .Silahkan untuk mencobanya sendiri di rumah anda dan berbagi resep dengan keluarga dan rekan , resep(recipe) dan cara membuat nasi lemak kampung pandan hijau menggunakan rice cooker  .

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons