Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Urap Sayur Kelapa yang Gurih, Enak dan Sehat

 

Hidangkan lezat dan nikmatnya sajian untuk berbuka puasa.

Sajian ini akan bisa anda buat dirumah dengan mudah. Nah, bagi anda yang penasaran seperti apa resep membuat hidangan lezat urap sayur kelapa gurih. Yuk, simak resep mudahnya dibawah ini.

puasa-urap-sayur.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Urap Sayur Kelapa yang Gurih, Enak dan Sehat

4.7 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Urap Sayur Kelapa yang Gurih, Enak dan Sehat

Bahan-Bahan Urap:

  • 200 gram bunga kol
  • 200 gram kacang panjang
  • 150 gram tauge
  • Satu ikat kangkung
  • 200 gram kelapa parut
  • 100 gram wortel

Bumbu Untuk Urap:

  • 2 lembar daun jeruk
  • 7 buah cabe rawit (haluskan)
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu bubuk (sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdm gula (haluskan)
  • 3 cm rempah kencur (haluskan)

Cara Membuat Menu Buka Puasa Urap Sayur Kelapa yang Gurih, Enak dan Sehat

Cara Mempersiapkan Bahan:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu memotong sayuran untuk bahan urap. Untuk sayuran yang pertama yang akan kita dahulukan diantaranya adalah bunga kol. Untuk bahan yang satu ini anda bisa memotongnya dengan ukuran yang anda inginkan. Silahkan potong bunga kol dengan ukuran yang anda inginkan. Gunakan pisau untuk memotong bahan ini dan sisihkan dalam mangkuk atau wadah.
  2. Bahan selanjutnya adalah kacang panjang. Sama halnya dengan bahan yang diatas, bahan yang satu ini dipotong kira-kira 4 samapi dengan 5 cm. Potong dengan menggunakan pisau datas tatakan dan masukkan dalam wadah. Untuk kemudian sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampur dengan bahan lainnya.
  3. Sementara itu, untuk kangkung silahkan ambil bagian daun dan batangnya yang muda saja. Sementara untuk batang bagian bawah yang sudah alot, bagian ini boleh dibuang dan disisihkan.
  4. Untuk bahan-bahan yang lainnya anda tinggal memasukkan semua bahan kedalam satu wadah. Kemudian bawa sayuran ke tempat cucian dan bersihkan dengan menggunakan air bersih secara merata.
  5. Bila sudah bersih, angkat dari cucian dan tiriskan airnya secara merata. Untuk kemudian sisihkan sementara sebelum bahan ini akan kita masak dan campur dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Urap:

  1. Untuk membuat urap dapat dilakukan dengan terlebih dahulu merebus sayuran yang telah disiapkan dalam panci. Caranya, rebus terlebih dahulu air dalam panci secukupnya, lalu masukkan sayuran kedalamnya. Rebus bahan sayuran selama kurang lebih 3-4 menit. Jangan merebus terlalu matang atau sayuran akan menjadi terlalu layu.
  2. Setelah selesai, silahkan buat bumbunya. Caranya, masukkan bawang putih, kencur, garam, gula, kaldu bubuk dan jeruk serta cabe rawit. Campurkan semua bahan ini dan haluskan secara merata.
  3. Tambahkan dengan menggunakan kelapa parut, lalu campurkan dengan rata dengan mengaduknya menggunakan sendok secara merata
  4. Angkat sayuran dari rebusan, tiriskan terlebih dahulu airnya secara merata. Selagi menunggu, silakan kukus bumbu dengan dibungkus menggunakan daun pisang secara merata. Selama kurang lebih 15 menit sampai harum dan matang.
  5. Setelah sayuran dingin, camprukan sayuran bersama dengan bumbu secara merata. Gunakan adukan sendok untuk mencampurkan semua bahan ini secara merata.

Kini, hidangan urap untuk menu buka puasa anda yang sehat dan segar akan bisa anda buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Selamat menikmati!

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons