Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Tumis Kerang Bumbu Bali yang Sedap dan Enak

 

Lezat dan nikmat, itulah hidangan menu buka puasa tumis kerang bumbu bali yang enak.

Yuk, simak seperti apa membuat resep andalan keluarga yang enak dibawah ini. Dengan menyimak resep dibawah ini, anda akan dapat membuat hidangan yang lezat untuk disajikan pada keluarga.

puasa-kerang-bumbu-bali.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Tumis Kerang Bumbu Bali yang Sedap dan Enak

4.7 654

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Tumis Kerang Bumbu Bali yang Sedap dan Enak

Bahan-Bahan Utama:

  • 300 gram kerang dara
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat
  • 2 cm lengkuas
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok makan garam
  • 200 ml air

Bumbu Tumisan yang Dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh terasi goreng
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 cm jahe

Cara Membuat Menu Buka Puasa Tumis Kerang Bumbu Bali yang Sedap dan Enak

Cara Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk yang pertama dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat masakan kali ini. Beberapa peralatan yang dimaksud diantaranya adalah wajan, wadah, beberapa baskom, spatula dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini, maka nantinya anda akan dapat membuat masakan dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Nah, mengingat cukup pentingnya beberapa peralatan ini, maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, lanjutkan dengan mempersiapkan kerang dan semua bahan utama. Untuk kerang, silahkan rebus kerang dlaam panci sampai matang dan terbuka.
  3. Bila sudah selesai, angkat dan ambil daging kerangnya dengan menggunakan tangan secara merata. Tampung dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sebelum bahan ini akan kita masak dengan bahan-bahan lainnya.
  4. Selanjutnya adalah dengan mempersiapkan beberapa bahan dalam resep utama, yakni lengkuas. Bahan yang satu ini perlu dimemarkan dengan menggunakan ulekan sampai gepeng. Lalu sisihkan sementara.
  5. Kemudian adalah dengan cabai merah besar. Untuk bahan yang satu ini silahkan buang biji cabai dengan membelah bagian luarnya dan keluarkan bijinya secara merata. Setelah itu, iris cabai dengan halus menggunakan pisau dan sisihkan dalam wadah.
  6. Begitu pula dengan tomat, akan tetapi biji pada tomat tidak perlu dikeluarkan. Anda hanya perlu memotongnya dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah yang berbeda, lalu sisihkan.

Cara Membuat Kerang Masak Bumbu Bali:

  1. Untuk membuat bahan ini, dapat dilakuakn dengan memanaskan wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang pada kompor. Setelah itu, tuangkan minyak goreng kedalamnya lalu tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.
  2. Bila sudah selesai, lanjutkan dengan memasukkan bumbu halus kedalamnya dan tambahkan dengan menggunakan daun salam dan juga lengkuas yang telah dimemarkan. Aduk-aduk dan tumis bumbu dalam wajan sampai harum dan tercium bau sedap yang enak.
  3. Setelah itu, masukkan cabai merah bersama dengan tomat dan aduk-aduk kembali sampai bahan ini menjadi lebih layu secara merata.
  4. Lalu tambahkan dengan menggunakan kerang yang sudah direbus. Aduk-aduk secara merata dan masak.
  5. Tambahkan dengan kecap manis dan masukkan bumbu seperti gula merah dan juga garam. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur merata.
  6. Masukkan air kedalamnya dan masak semua bahan sampai meresap juga matang. Jangan lupa untuk mencicipi bumbu sampai pas.

Setelah matang, angkat dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian hidangan ini akan siap dinikmati.

Jangan lupa share dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *