Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Nasi Hainan yang Enak, Lembut dan Lezat

 

Sajikan nikmat dan sedapya hidangan untuk berbuka puasa dirumah anda.

Tak perlu pusig menentukan menu apa yang akan anda buat untuk keluarga, sajian kali ini akan bisa anda buat dirumah dengan mudahdan sederhana. Rasa yang nikmat dan paduan lembut serta gurih dari ayam dan nasi, membuat santap berbuka anda semakin meriah.

Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa resep mudah membuat sajian menu buka puasa nasi Hainan. Mari simak langsung resepnya dibawah ini.

puasa-nasi-hainan.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Nasi Hainan yang Enak, Lembut dan Lezat

4.8 543

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Nasi Hainan yang Enak, Lembut dan Lezat

Bahan-Bahan Nasi:

  • 1 ekor ayam kampung

Bumbu Untuk Masakan:

  • 200 ml air hangat
  • 1 sendok makan garam
  • mentega untuk menumis ayam
  • 3 sendok makan minyak wijen
  • 750 gram beras
  • 2 ruas jahe cincang halus
  • merica secukupnya
  • 8 siung bawang putih cincang halus
  • air panas untuk menanak nasi di rice cooker secukupnya

Cara Membuat Menu Buka Puasa Nasi Hainan yang Enak, Lembut dan Lezat

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Untuk yang pertama, bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat masakan kali ini. Beberapa peralatan yang akan anda butuhkan diantaranya adalah baskom, beberapa wadah, pisau, wajan dan sebuah spatula. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka akan semakin mudah untuk anda dapat mempersiapkan masakan kali ini. Untuk itu, jangan sampai melewatkan langkah kali ini.
  2. Selanjutnya, silahkan masukkan ayam kedalam baskom dan bawa ayam ke tempat cucian. Di tempat cucian, silahkan bersihkan ayam dengan mamastikan bahwa anda telah mmbersihkan kulit ayam dari kotoran atau bulu halus yang masih menempel.
  3. Setelah ayam bersih, silahkan angkat ayam dari tempat cucian dan tiriskan airnya sampai kering. Lalu potong-potong ayam dengan menggunakan pisau secara merata dengan ukuran yang anda inginkan.
  4. Masukkan dalam baskom dan sisihkan sementara. Jangan lupa untuk membuang kelebihan air yang masih tersisa dalam baskom. Kemudian setelah itu, lanjutkan dengan memotong-motong ayam dengan menggunakan pisau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Setelah selesai, masukkan ayam kembali kedalam wadah semula dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Nasi Hainan:

  1. Untuk membuat nasi hainan bisa dilakukan dengan terlebih dahulu memotong jahe dan juga bawang putih. Potong dengan ukuran yang tipis saja dan masukkan kedalam blender atau ulek dengan menggunakan ulekan sampai halus merata.
  2. Selanjutnya, panaskan mentega dan tumis bumbbu yang telah dihaluskan hingga harum. Selanjutnya, masukkan potongan ayam dan oseng sebentar sampai ayam berubah warna dan tercampur dengan bumbunya.
  3. Masukkan air 200 ml kedalam ayam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya, rebus selama kurang lebih 10 menit.
  4. Kemudian masukkan beras dalam rice cooker dan masukkan ayam bersama denga air rebusan kedalamnya. Tambahkan dengan air panas kedalam rice cooker secukupnya saja seperti pada saat anda menanak nasi.
  5. Masukkan minyak wijen bersama dengan lada dan aduk-aduk secara merata hingga matang.
  6. Setelah matang, silahkan sajikan nasi hainan dalam piring dan hidangakn ayamnya dibagian atas atau disajikan dibagian pinggir.

Hidangan ini akan semakin lezat bila dinikmati pada saat masih hangat. Untuk itu, hidangkan atau masak sajian ini pada saat beberapa waktu menjelang buka puasa.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons