Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ikan Nila Goreng Sambal Manis yang Enak dan Lezat

 

Hidangkan sajian lezat untuk menu berbuka puasa anda.

Hidangan ini adalah resep mudah yang akan bisa anda buat dirumah. Selain itu, sajian ikan tentu memiliki citarasa yang sedap dan memiliki kandungan vitamin dan gizi yang tinggi bila dikonsumsi.

Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa resep membuat sajian menu buka puasa ikan nila goreng sambal manis yang enak. Mari kita simak resep mudahnya dibawah ini.

puasa-ikan-goreng-sambal-kecap.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ikan Nila Goreng Sambal Manis yang Enak dan Lezat

4.8 543

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ikan Nila Goreng Sambal Manis yang Enak dan Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 500 gram ikan nila segar
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Secukupnya minyak goreng
  • Secukupnya garam

Bumbu Ikan:

  • 2 cm kunyit bakar
  • 1 ruas jahe
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam

Bahan Sambal Manis:

  • Secukupnya kecap manis
  • 3 siung bawang putih
  • 2 btr bawang merah
  • 7 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • 2 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ikan Nila Goreng Sambal Manis yang Enak dan Lezat

Cara Membersihkan Ikan:

  1. Untuk yang pertama akan kita lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan untuk membuat bumbu ikan kali ini. Persiapan peralatan kali ini menjadi hal penting yang tidak sebaiknya anda lewatkan. Untuk itu, maka silahkan beberapa wadah, wajan, spatula dan sebuah piring saji untuk memudahkan anda membuat masakan kali ini.
  2. Setelah selesai mempersiapkan peralatan, silahkan lanjutkan dengan memasukkan ikan kedalam baskom dan bawa ikan ke tempat cucian untuk kemudian dibersihkan secara merata dengan menggunakan air.
  3. Di tempat cucian, silahkan kucurkan ikan dibawah air yang mengalir dan bersihkan bagian insangnya secara merata. Caranya, buka bagian kepala ikan dengan menggunakan jari tangan dan lepaskan insang dengan peralahan.
  4. Bila sudah selesai, selanjutnya adalah dengan membersihkan sisik pada ikan. Caranya, gunakan pisau untuk membersihkan sisik secara merata dan bersihkan sisik ikan dari bagian bawah ke bagian atas secara merata. Setelah bersih, baru bilas kembali dengan menggunakan air secara merata.
  5. Bagian terakhir yang harus dibersihkan adalah bagian dalam jeroan pada perut ikan. Caranya, silahkan belah perut ikan dengan menggunakan pisau secara merata. Lalu dengan peralahan, silahkan keluarkan jeroannya dengan menggunakan jari tangan secara peralahan.
  6. Terakhir, bilas kembali jeroan ikan dengan menggunakan air yang mengalir sampai dipastikan tidak ada kotoran yang masih menempel didalamnya.
  7. Masukkan ikan kedalam baskom dan lumuri dengan perasan air jeruk nipis secara merata. Lalu tambahkan dengan garam sedikit saja. Biarkan sementara agar bau amis yang menempel pada ikan bisa dibersihkan secara merata selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Nila:

  1. Setelah ikan didiamkan, silahkan ambil ikan dna lumuri kembali dengan air bersih secara merata. Lalu haluskan bumbu-bumbu ikan dengan menggunakan ulekan.
  2. Kemudian lumurkan bumbu ini pada ikan secara merata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap pada ikan secara merata sehingga nantinya pada saat digoreng ikan akan terasa lezat.
  3. Sementara itu, setelah mendekati 30 menit, silahkan panaskan minyak dalam wajan dan tunggu sampai minyak benar-benar panas secara merata.
  4. Goreng ikan kedalamnya dan masak sampai kering dan berwarna kecoklatan. Bila sudah matang, angkat dengan menggunakan serokan dan tiriskan minyaknya sementara.
  5. Untuk membuat sambalya, silahakn haluskan semua bahan dan tambahkan dengan kecap manis dan tambahkan dengan perasan air jeruk nipis. Lalu aduk-aduk bahan tersebut secara merata.

Setelah matang, hidangkan ikan bersama dengan sambal manis secara terpisah dan nikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons