Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Bebek Bacem Sedap yang Nikmat dan Mudah

 

Sajian bebek bacem adalah hidangan yang enak.

Sajian ini akan cocok anda hidangkan untuk menu berbuka ceria bersama dengan keluarga. Apalagi dihidangkan bersama dengan sambal terasi yang pedas akan membuat sajian ini terhidang dengan sempurna. Yuk, simak seperti apa membuat hidangan bebek bacem dibawah ini. 

pausa-bebek-bacem.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Bebek Bacem Sedap yang Nikmat dan Mudah

4.8 863

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Bebek Bacem Sedap yang Nikmat dan Mudah

Bahan Utama:

  • 1 ekor bebek
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • Secukupnya garam

Bumbu-Bumbu:

  • 1,5 ltr air kelapa muda
  • 3 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok teh garam
  • minyak untuk menggoreng
  • 2 sendok teh air asam jawa dari 5 mata asam jawa dan 1 sendok makan air

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 6 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh ketumbar butiran, disangrai

Cara Membuat Menu Buka Puasa Bebek Bacem Sedap yang Nikmat dan Mudah

Cara Membersihkan Bebek:

  1. Untuk yang pertama sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan unggas bebek yang baik dan benar. Agar demikian anda menjadi lebih mudah untuk mengolah bahan ini secara merata.
  2. Untuk membersihkan bebek sebenarnya cukup mudah dan hampir sama dengan cara membersihkan ayam. Hanya saja, daging bebek yang alot akan mungkin membuat anda sedikit kesulitan menjangkau beberapa bagian tersulit pada daging bebek. Untuk itu, mari kita simak seperti apa cara membersihkannya.
  3. Pertama dapat dilakukan dengan membersihkan bulu-bulu halus yang masih terdapat pada permukaan kulit bebek. Berishkan pula dibawah sayap bebek secara merata.
  4. Lalu lanjutkan dengan membuang bagian paruh dan kaki bebek sebaiknya dibuang saja. Karena bagian ini umumnya tidak dikonsumsi.
  5. Nah, bila bebek sudah dibersihkan secara merata. Sekarang potong bebek menjadi 4 bagian secara merata. Gunakan pisau dan tatakan untuk memudahkan memotong bebek secara merata.
  6. Masukkan potongan bebek kedalam wadah dan tempatkan dibawah air yang mengalir untuk kemudian bersihkan secara merata sampai bersih.
  7. Angkat bebek dan tiriskan air cuciannya secara merata agar tidak menggenang dalam wadah. Setelah itu, lumuri daging bebek dengan menggunakan air jeruk nipis dan taburi dengan menggunakan garam secara merata. Hal ini dilakukan agar bau amis yang biasa tercium pada daging bebek bisa dibersihkan secara merata.
  8. Setelah itu, sisihkan sejenak selama kurang lebih seperempat jam agar bumbu dapat meresap kedalamnya dan bekerja dalam menghilangkan bau amis pada daging.

Cara Membuat Bebek Bacem:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini dapat dilakukan dengan mencampurkan bumbu halus pada daging bebek secara merata. Lalu tambahkan dengan dan salam, daun jeruk dan juga garam. Aduk-aduk bahan ini secara merata hingga tercampur.
  2. Lalu tambahkan dengan air kelapa mudah kedalamnya. Aduk-aduk merata dan masukkan dalam panci. Untuk kemudian rebus sajian ini diatas api yang sedang sampai bumbu meresap kedalamnya secara merata.
  3. Masukkan air asam kedalamnya dan aduk-aduk bahan tersebut secara merata sampai tercampur. Angkat hidangan ini dan sisihkan.
  4. Panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Gunakan api yang sedang dan tunggu sampai minyak panas.
  5. Goreng daging kedalamnya sebentar saja dan angkat bila sudah matang. Tiriskan pada serokan dan sisihkan sementara.

Sajikan dalam piring saji dan hidangan ini akan siap dinikmati.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons