Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Babat Sapi Bacem Keluarga yang Nikmat dan Asli Enak

 

Sajian babat sapi seringkali menjadi menu makanan yang lezat dan menggoda.

Sayangnya, pengolahannya yang cukup rumit karena bau amis dari babat seringkali membuat tak sedikit orang merasa enggan mengolah bahanmakanan ini dan memilih membeli sajian yang sudah jadi di restoran atau rumah makan.

Namun kali ini, anda pun akan bisa membuat sendiri hidangan menu buka puasa yang enak dirumah. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian babat sapi bacem yang enak? Simak resepnya dibawah ini. 

puasa-babat-bacem.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Babat Sapi Bacem Keluarga yang Nikmat dan Asli Enak

4.8 965

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Babat Sapi Bacem Keluarga yang Nikmat dan Asli Enak

Bahan Utama:

  • 500 gram babat sapi handuk
  • minyak untuk menggoreng
  • 2 lembar daun salam
  • 500 ml air kelapa

Bumbu Halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 25 gram gula merah sisir

Cara Membuat Menu Buka Puasa Babat Sapi Bacem Keluarga yang Nikmat dan Asli Enak

Cara Membersihkan Babar Sapi:

  1. Untuk yang pertama kita akan bersihkan terlebih dahulu babatnya. Penting sekali membersihkan bagian ini secara merata. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa bahan makanan yang akan diolah harus dibersihkan secara merata. Begitupun dengan babat sapi kali ini.
  2. Untuk anda yang masih asing tentang bagaimana membersihkan babat sapi. Kali ini kami akan bantu anda membersihkannya. Yang pertama, lakukan dengan terlebih dahulu membawa babak ke tempat cucian, namun terlebih dahulu silahkan masukkan dalam baskom.
  3. Ditempat cucian, silahkan bersihkan babat secara merata. Remas-remas babat untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan partikel kecil yang masih ada pada babat. Lakukan dengan perlahan dan lakukan dibawah air yang mengalir agar kotoran bisa langsung dibersihkan secara merata.
  4. Bila sudah dibersihkan secara merata, angkat babat dari cucian dan potong-potong babat handuk dengan ukuran yang anda inginkan. Kira-kira buat potongan dengan ukuran 4×4 cm.
  5. Masukkan kembali kedalam wadah untuk kemudian bersihkan sekali lagi dan angkat dari cucian. Lalu tiriskan air cuciannya secara merata.

Cara Membuat Babat Bacem:

  1. Untuk membuat sajian ini anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu merebus babat dalam panci bertekanan atau menggunakan presto. Rebus babat dengan air sebanyak 1000 ml.
  2. Masukkan pula beberapa bumbu seperti 2 batang serai, 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe. Biarkan sampai matang dan bumbu meresap kedalam babat secara merata.
  3. Angkat babat dari panci dan sisihkan sementara. Lalu masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan kembali.
  4. Rebus air kepala dalam panci bersama dengan bumbu halus dan juga daun salam. Aduk-aduk bahan tersebut secara merata sampai mendidih dan tercampur secara merata.
  5. Masukkan babat kedalamnya dan masak semua sajian ini sampai empuk serta bumbu meresap kedalam babat secara merata.
  6. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Gunakan api yang sedang pada kompor dan tunggu sampai minyak goreng menjadi lebih panas secara merata.
  7. Goreng babat dalam minyak yang telah panas sampai berwarna kecoklatan dan matang sampai merata.

Setelah matang, sajikan babat dalam piring saji. Untuk kemudian hidangan ini akan siap dinikmati saat waktu berbuka tiba.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons