Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Sereal Mentega yang Lembut, Kering dan Lezat

Hidangan ayam goreng sereal mentega adalah sajian yang enak dan renyah.

Hidangan ini akan dijamin disukai oleh si kecil. Rasa gurih dari ayam, daging yang lembut dan kulit yang renyah akan membuat siapa saja ketagihan dengan sajian ini. Nah, agar anda tak lagi penasaran seperti apa resep membuat sajian kali ini. Yuk, simak resep mudah dibawah ini.

puasa-ayam-goreng-mentega-sereal.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Sereal Mentega yang Lembut, Kering dan Lezat
4.8 863

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Sereal Mentega yang Lembut, Kering dan Lezat

Bahan Utama:

  • 1 buah dada ayam fillet
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • Bahan Pelapis Ayam:
  • 3/4 sendok teh garam
  • 125 gram tepung terigu
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan Tumisan Untuk Ayam:

  • 50 gram havermut, disangrai sebentar
  • 2 kuning telur ayam rebus, lunakkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 2 buah cabai merah, dicincang kasar
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/4 sendok teh merica halus
  • 50 gram margarin untuk menumis

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Sereal Mentega yang Lembut, Kering dan Lezat

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Langkah pertama, penting sekali mengetahui bagaimana cara membersihkan ayam yang baik dan benar. Meski pada saat anda membeli ayam di supermarket, kemasan ayam sudah bersih dan pelayan mengatakan bahwa ayam sudah dibersihkan secara merata. Namun hal ini tidak berarti harus mengurungkan niat anda untuk membersihkan ayam. Sebab kotoran dan kuman mungkin masih bersarang dan menempel pada daging ayam yang anda beli.
  2. Untuk itu, silahkan bersihkan ayam secara merata. Caranya, pertama adalah dengan memasukkan ayam fillet kedalam wadah atau mangkuk dan bawa ayam ke tempat cucian untuk dibersihkan secara merata.
  3. Ditempat cucian, silahkan letakkan ayam dibawah air yang mengalir dan bersihkan ayam dengan sedikit meremas-remasnya secara merata. Biasanya terdapat genangan darah ayam yang masih terdapat dalam kemasan. Untuk itulah, bersihkan ayam secara merata dengan menggunakan air.
  4. Setelah ayam selesai dibersihkan, angkat ayam dari cucian dan tiriskan airnya secara merata. Jangan sampai air masih menggenang dalam baskom.
  5. Kemudian potong ayam dengan bentuk memanjang dengan ukuran yang anda inginkan. Untuk itu, silahkan potong ayam sesuai dengan selera yang anda inginkan.
  6. Selanjutnya adalah dengan melumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis, taburi dengan garam dan juga merica bubuk. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau amis yang masih menempel pada ayam.
  7. Untuk itu, setelah ayam dilumuri dengan bumbu ini, maka silahkan sisihkan ayam secara merata selama kurang lebih 15 menit agar bau amis pada ayam bisa dihilangkan dengan baik.

Cara Membuat Ayam Goreng Sereal Mentega:

  1. Untuk membuat bahan ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan bahan pelapis secara merata dalam satu wadah yang sama dan campur secara merata.
  2. Selanjutnya, gulingkan potongan ayam diatas bahan pelapis. Lalu celupkan kedalam air es secara merata. Dan kembali, gulingkan diatas bahan pelapis.
  3. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Untuk kemudian tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.
  4. Goreng ayam kedalamnya sampai kekuningan dan matang secara merata. Setelah itu, angkat dan tiriskan sementara.
  5. Tumis bawang ptuih dalam wajan bersama dengan cabai merah dan juga daun jeruk sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  6. Lalu masukkan kuning telur kedalamnya dan aduk bahan tersebut dengan cepat sampai berbutir. Masukkan ayam dan bumbui dengan merica bubuk, garam dan havermut. Aduk merata dan angkat.

Sajikan dan jangan lupa bagikan resep ini serta berikan komentar anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons