Resep dan Cara Membuat Masakan Tim Ikan Nila Bawang Putih yang Enak dan Sedap

Lezatnya tim ikan nila bawang putih membuat hasrat lapar kita akan terpuaskan dengan sempurna.

Hidangan ini selain nikmat juga rupanya cukup mudah dbuat sendiri dirumah. Apalagi hidangan ini cocok disajikan untuk anak-anak, karena selain sehat rasanya yang nikmat membuat mereka akan jatuh cinta dengan hidangan ini. Yuk, kita simak resep memasak tim ikan nila bawang putih berikut ini.

 ikan nila tim

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Tim Ikan Nila Bawang Putih yang Enak dan Sedap

4.8 89

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Tim Ikan Nila Bawang Putih yang Enak dan Sedap

Bahan dan Bumbu Tim Ikan Nila:

  • 500 g ikan nila
  • 1 sdt ang ciu
  • 2 sdt garam
  • 150 g jamur kancing segar, potong 4
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 batang bawang daun, iris bentuk korek api
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah wortel, potong bentuk korek api
  • 2 cm jahe, iris bentuk korek api
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Masakan Tim Ikan Nila Bawang Putih yang Enak dan Sedap

Cara Membersihkan Ikan Nila Sebelum Dimasak:

  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan kali ini adalah dengan membersihkan bahan utama yakni ikan nila beserta dengan bahan-bahan lain yang anda gunakan. Hal ini tentunya penting demi menjaga kebersihan makanan yang dibuat sebelum dihidangkan menjadi sajian lezat yang akan disantap keluarga.
  2. Nah, untuk membersihkan ikan nila, anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan sisik pada ikan dengan menggunakan sendok atau alat bantu yang mempermudah anda menyisik ikan. Untuk memudahkan menyisik ikan, anda bisa melakukannya dengan arah berlawanan dari sisik ikan dan bersihkan hingga merata.
  3. Selesai membersihkan sisik ikan, selanjutnya bersihkan pula isi perut ikan dengan cara membelah bagian bawah perut ikan dan mengeluarkan sisi perutnya dengan menggunakan tangan lalu bersihkan bagian dalam perut dengan air bersih hingga kotoran dikeluarkan seluruhnya.
  4. Selanjutnya, jangan lupa membersihkan insang ikan dengan memutusnya menggunakan tangan dan buang insang yang anda keluarkan.
  5. Lalu angkat ikan dari cucian dan lumuri dengan air jeruk nipis serta garam pada badan ikan secara merata, diamkan sementara selama kurang lebih 30 menit dalam pinggan antipanas.

Cara Membuat Bumbu Tim Ikan:

  1. Pertama, anda bisa melakukannya dengan mencampur jamur kancing bersama dengan jahe, daun bawang, kecap asin, ang ciu, wortel, bawang putih, merica bubuk, garam dan minyak wijen, lalu aduk-aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya tuangkan campuran ini kedalam pinggan yang berisi ikan nila yang telah dilumuri bumbu jeruk nipis.
  3. Lalu tuutp pinggan dengan kertas almunium foil dan kukus ikanselama kurang lebih 15 menit hingga ikan matang secara merata dan smeua bahan meresap pada ika secara keseluruhan.

Jika ikan sudah matang, silahkan angkat ikan dan tuangkan kedalam piring. Hidangan ini akan terasa lebih lezat jika disantap saat masih hangat dan dinikmati dengan nasi atau bubur hangat.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *