Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Bakar Bumbu Padang yang Asli Enak dan Gurih

Sajian ikan kembung bakar bumbu padang adalah salah satu resep nikmat yang akan kami bagikan kali ini.

Resep ini patut ibu coba karena mudah dibuat dirumah dengan sederhana. Nah, bagi ibu yang sudah tak sabar ingin menyimak resep masakan ikan kembung bakar bumbu pada yang asli enak dan gurih, yuk kita simak resep mudah berikut ini.

 ikan kembung bakar bumbu padang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Bakar Bumbu Padang yang Asli Enak dan Gurih

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Ikan Kembung Bakar Bumbu Padang yang Asli Enak dan Gurih

Bahan Utama Ikan Kembung:

  • 6 ekor Ikan Kembung
  • 2 buah Jeruk nipis
  • 2 batang Sereh
  • 500 ml Santan kental

Bumbu Ikan Bakar Padang yang Dihaluskan:

  • 15 buah Cabe merah keriting
  • 2 ruas Lengkuas
  • 5 siung  Bawang putih
  • 2 ruas Jahe
  • 2 ruas Kunyit
  • 10 siung Bawang merah
  • secukupnya Garam

Cara Membuat Masakan Ikan Kembung Bakar Bumbu Padang yang Asli Enak dan Gurih

Cara Mengolah Ikan Kembung Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan ikan kembung yang sudah anda persiapkan. Hal ini penting sekali, karena selain untuk membuang kotoran pada ikan, ada juga beberapa bagian ikan kembung yang harus dibuang dan dibersihkan karena bagian ini menyimpan banyak kuman dan kotoran yang tidak cukup hanya dibersihkan dengan menggunakan air saja. Nah, bagian ikan kembung yang pertama yang harus dibersihkan adalah bagian insang ikan. Untuk membersihkan bagian ini, anda bisa melakukannya dengan cara, gunakan jari tangan atau pisau untuk membuka sedikit bagian kepala ikan dan keluarkan insang ikan dengan jari tangan. Lalu pastikan jika tidak ada bagian insang yang masih tertinggal dibagian dalam kepala ikan.
  2. Kemudian kita lanjutkan dengan membersihkan bagain jeroan pada perut ikan. Caranya, belah bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan isi perut ikan dengan tangan. Setelah selesai membersihkan bagian jeroan ikan, silhakan bersihkan pula perut ikan dengan air bersih agar kotoran yang ada didalamnya bisa dihilangkan.
  3. Setelah selesai membersihkan kedua bagian ikan kembung. Silahkan kerat bagian perut ikan agar bumbu meresap kedalam ikan secara merata.
  4. Jika sudah dikerat, lalu lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis secara merata pada semua bagikan ikan. Dan sisihkan sementara selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ikan Kembung Bakar Bumbu Padang:

  1. Pertama kita haluskan bumbu yang harus dihaluskan, tambahkan santan dan lumuri pada ikan secara merata. Jangan lupa berikan bumbu santan ini pada bagian perut ikan.
  2. Lalu diamkan ikan selama kurag lebih 30 menit agar bumbu ini meresap pada ikan secara keseluruhan.
  3. Setelah itu, siapakan pangangan dan panggangan ikan sampai matang. Jangan lupa ujntuk membulak-balikan ikan agar tidak gosong dan berikan olesan bumbu santan sesekali.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dan susun ikan diatas piring saji. Hidangkan sajian ini selagi masih hangat dan selagi masih panas. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan kembung bakar bumbu padang yang enak dan spesial, semoga resep ini bisa bermanfaat untuk ibu dirumah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan yang lain dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons