Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas

Aneka masakan ikan gurame kali ini membuat gurame karamel ubi pedas, yang akan membuat anda semua ketagihan kala menyantapnya.

Ikan gurame banyak digemari oleh kalangan masyarakat karena memiliki dagingnya yang padat serta memiliki citarasa yang enak dan gurih dan juga lembut kala disantap. Selain itu ikan gurame dikenal dengan memiliki duri yang besar dan juga tidak banyak. Mangkanya tidak heran banyak hidangan yang menyajikan masakan dengan bahan dasar ikan gurame ini. Salah satunya adalah masakan tumis ikan gurame paprika, sup ikan gurame dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah kali ini kami dari selerasa.com akan memberikan resep dan cara memasak ikan gurame karamel ubi pedas, kita simak ulasannya dibawah ini.

gurame karamel ubi pedas

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas

4.9 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas

Bahan

  • 1 ekor ikan gurame (di fillet)
  • 50 gram Asam Jawa
  • 1 sdt lada bubuk
  • 3 sdm Tepung Maizena
  • 2 buah Ubi Jalar Parut
  • 50 gr Ebi Sangrai, Cincang
  • 10 buah Cabai Merah Giling
  • 8 siung Bawang Putih Goreng
  • 1/4 ibu jari Jahe
  • 1,5 buah Gula Jawa
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • seledri untuk hiasan

Cara Membuat masakan Ikan gurame Karamel ubi pedas

Cara memasak

  1. Ikan gurame kita fillet terlebih dahulu, dengan cara yang pertama adalah kita sayat dimulai dari belakang ekor ikan gurame menuju mendekati kepalanya, setelah itu sayat ke bagian dalam perut dagingnya, kemudian balikan sekarang bagian bawah ikan lakukan melingkar sayat ke bagian dalam dagingnya.
  2. Selanjutnya potong semua bagian ikan gurame yang sudah di fillet menjadi 8 bagian.
  3. Setelah itu ikan gurame dilumuri dengan asam jawa dan juga garam secukupnya, kemudian lada bubuk, fungsinya adalah untuk menghilangkan bau amis pada ikan, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  4. Selanjutnya siapkan tepung maizena pada wadah, lalu gulingkan semua potongan ikan gurame hingga terbalut oleh tepungnya setelah itu diamkan.
  5. Selanjutnya adalah panaskan minyak goreng menggunakan api sedang, kemudian goreng ubi jalar hingga garing dan dan warnanya berubah kuning keemasan, aduk-aduk. Angkat  lalu tiriskan.
  6. Setelah itu masih menggunakan minyak goreng yang sama, masukan ikan gurame yang sudah dibalut dengan tepung maizena, masak hingga garing dan matang sekitar 5 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Setelah itu adalah menumis, masukan bawang merang yangsudah di cincang, lalu masukan irisan cabe rawit merah, aduk-aduk, kemudian tambahkan bawang putih yang sudah digoreng sebelumnya, lalu masukan cabe merah giling dan juga ebi yang sudah disangrai dan juga dicincang, aduk-aduk hingga rata.
  8. Selanjtnya membuat caramel, masukan gula merah dan juga air sedikit, lalu aduk-aduk hingga rata agar gulanya meleleh dan mengental, lalu tambahkan garam secukupnya.
  9. Selanjutnya masukan ubi jalar yang sudah digoreng tadi, aduk-aduk hingga ubinya meresep dan tercampur rata.
  10. Setelah itu masukan ikan gurame lalu aduk-aduk hingga ikan gurame terbalut oleh bumbu, dan ubinya menempel pada ikan guramenya, angkat simpan pada piring saji lalu diamkan.
  11. Setelah dingin ubinya akan lengket pada daging ikan guramenya. Kemudian beri hiasan berupa daun seledri secukupnya
  12. Ikan gurame karamel ubi pedas siap disajikan.

Itulah dia Resep dan cara membuat Masakan Ikan Gurame Karamel Ubi Pedas yang bisa anda coba dirumah. Bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatan yang sangat praktis. Sajikan ikan gurame karamel ini bersama dengan nasi putih hangat ditambah beberapa bahan tambahan lainnya berupa irisan tomat dan juga mentimun. Dengan begitu tentunya memasak ikan gurame karamel ubi pedas ini semakin bertambah koleksi menu harian anda. Selamat mencoba

Berikut Video yang bisa anda saksikan

Jangan lupa share ya resep dan cara membuat masakan ikan gurame caramel ubi pedas ini kepada teman, ataupun sahabat pecinta kuliner selerasa.com, serta jangan lupa pula beri komentar dibawah ini ya, terima kasih

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons