Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Kuah Asam Manis Pedas

Saatnya anda menikmati masakan yang pedas dengan mencoba membuat masakan dari bahan dasar ikan dorang.

Kelezatan dari suatu masakan tentunya membuat anda akan merasa sangat ingin selalu mencicipinya, terlebih dari masakan yang anda sukai. Apakah anda salah satu orang yang sangat menyukai masakan ikan? Masakan ikan memang banyak sekali jenis dan ragamnya, mulai dari olahan ikan air tawar hingga olahan ikan air laut. Namun pernahkah anda mencoba membuat masakan yang satu ini, yaitu ikan dorang. Ikan dorang yang memiliki dagingnya yang kenyal serta gurih ini salah satu hidangan yang banyak disuaki oleh para pecinta kuliner. Naumn selain rasanya yang enak dan gurih tentunya ikan dorang ini memiliki kandungan gizi berupa protein yang tinggi, selain itu juga ada kandungan omega 3, vitamin dll.

Masakan ikan dorang kuah asam manis pedas ini akan selalu senantiasa membuat makan anda akan sangat istimewa, dan setelah mencobanya membuat nafsu anda akan bertambah. Penasaran seperti apa resep dan cara membuatnya, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan dorang kuah asam manis pedas

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Kuah Asam Manis Pedas

4.8 183

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

6 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Dorang Kuah Asam Manis Pedas

Bahan dan Bumbu

  • 6 ekor ikan dorang segar
  • 2 buah jeruk nipis
  • 10 buah cabai rawit merah utuh
  • 1 buah tomat, diiris-iris
  • 1 sdm gula pasir
  • garam secukupnya
  • 350 Cc air putih
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu halus

  • 2 buah cabai merah besar
  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 3 ruas jari lengkuas

Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Kuah Asam Manis Pedas

Cara Memasak

  1. Yang pertama adalah membersihkan ikan dorang, buang bagian isi perutnya, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu lumuri dengan perasan air jeruk nipis dan juga garam, lalu aduk dan diamkan sekitar 10 menit.
  2. Setelah itu siapkan wajan kemudian isi minyak goreng, kemudian panaskan menggunakan api sedang, setelah panas tumis bahan bumb u halus hingga matang dan harum. Angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu siapkan panci kemudian isi air, lalu panaskan biarkan mendidih. setelah itu baru masukan bumbu yang duhaluskan, setelah itu masukan cabai rawit utuh, kemudian tambahkan tomat dan juga gulka pasir.
  4. Setelah semua bumbu sudah masak, lalu masukan ikan dorang, aduk sekali-kali. Kemudian masak hingga daging ikan dorang empuk dan airnya terlihat sedikit mnenyusut. Matang
  5. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Kuah Asam Manis Pedas yang bisa anda buat dirumah untuk dihidangkan pada keluarga tercinta anda. Kuah asam manis dari ikan dorang ini sangat lezat kala disantap selagi hangat ditambah dengan nasi putih hangat dan juga ditambah beberapa makanan lainnya baik berupa goreng tahu, goreng tempe dll. Bertambah lagi tentunya koleksi menu makan harian anda setelah mencoba membuat masakan ikan dorang kuah asam manis pedas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Kuah Asam Manis Pedas pada teman dan juga keluarga tercinta anda, dan jangan lupa pula untuk memberikan komentar pada kolom dibawah ini.

Loading...

Ilham

Ilham

Author at Selerasa
Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Bahasa Asing ini memiliki segudang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pengalaman job training di bidang Food and Beverage Service semakin menambah keahlian penulis dalam bidang kuliner. Pengalaman di dunia sastra dan tata boga menjadikannya salah satu kontributor terbaik di selerasa.com.
Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *