Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Acar Kuning Yang Enak dan Praktis

Aneka masakan ikan memang menjadi salah masakan yang banyak disukai oleh para pecinta kuliner salah satunya ikan dorang acar kuning.

Sensasi lezatnya dari masakan ikan memang selalu menggoda selera makan kita semua, karena selain rasanya yang teramat lezat, ikan ini salah satu kebutuhan yang harus dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan seperti protein yang tinggi, kemudian ada kandungan omega 3, vitamin dll. Tidak heran sekarang ini banyak sekali yang menyajikan aneka masakan dengan bahan dasar ikan, baik ikan air laut ataupun ikan air tawar. Namun pernahkah anda mencoba ikan dorang? Ikan dorang adalah ikan yang hampir mirip bentuknya seperti ikan dori. Ikan dorang memiliki dagingnya yang kenyal dan juga lezat mampu membuat nafsu makan anda akan bertambah. Bagaiman dengan masakan ikan dorang acar kuning? Lezat dan gurih akan mewarnai serta mampu mengoyangkan lidah anda. Penasaran seperti apa resep dan cara membuat masakan ikan dorang acar kuning yang enak dan praktis, yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

resep ikan dorang acar kuning

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Acar Kuning Yang Enak dan Praktis

4.8 248

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Ikan Dorang Acar Kuning Yang Enak dan Praktis

Bahan dan Bumbu

  • 2 ekor ikan dorang segar ukuran sedang
  • 4 buah wortel, diiris betuk korek api
  • 3 mentimun ukuran besar, potong seperti korek api
  • 5 buah cabai merah besar, diiris buang bijinya
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan cuka
  • 1 batang serai
  • 4 lembar daun salam
  • 200 Cc air putih

Bahan Bumbu halus

  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 6 buah kemiri
  • 2 ruas jari kunyit
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Acar Kuning Yang Enak dan Praktis

Cara Memasak

  1. Yang pertama-tama adalah ikan dorang dibersihkan, lalu bunag bagian isi perutnya dan juga sisiknya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan cuka dan juga garam, diamkan sekitar 10 menit, setelah itu cuci kembali.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu ikan dorang di goreng hingga kering dan matang, angkat dan tiriskan.
  3. Setelah itu panaskan minyak goreng sekitar 3 sendok makan, lalu tumis bahan bumbu halus sampai harum.
  4. Kemudian tambahkan mentimun lalu worte, dan juga ikan dorang yang sudah digoreng, aduk rata setelah itu masukan air.
  5. Kemudian masukan cabai merah yang sudah diiris-iris, dan juga daun salam serta serai, aduk merata. Masak hingga air mengering. Matang
  6. Angkat dan siap disajikan.

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Acar Kuning Yang Enak dan Praktis yang bisa anda coba buat sendiri dirumah. Tips untuk memasak ikan dorang haruslah yang segar, karena untukj menjaga kelezatan serta kandungan gizi dan nutrisi pada ikan. Ikan dorang acar kuning ini sangat cocok apabila dihidangkan bersama dengan nasi putih hangat. Dengan mengetahui resep dan cara membuat masakan ikan dorang acar kuning yang enak dan praktis ini tentunya membuat koleksi menu makan harian anda semakin bertambah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa share ya Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Dorang Acar Kuning Yang Enak dan Praktis pada teman serta keluarga tercinta anda dimanapun berada, dan jangan lupa berikan komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Loading...

Ilham

Ilham

Author at Selerasa
Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Bahasa Asing ini memiliki segudang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pengalaman job training di bidang Food and Beverage Service semakin menambah keahlian penulis dalam bidang kuliner. Pengalaman di dunia sastra dan tata boga menjadikannya salah satu kontributor terbaik di selerasa.com.
Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *