Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Bandeng Goreng Kering, Renyah yang Gurih dan Spesial

Sajian hidangan ikan bandeng goreng kering yang renyah adalah salah satu menu lauk nasi yang lezat.

Hidangan ini dibuat dengan racikan bumbu sederhana, namun dengan rasa yang luar biasa. Selain itu, sajian ini akan lezat jika dinikmati dengan bahan pelengkap yang begitu disukai orang Indonesia, yakni dengan sambal.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin mengetahui seperti apa resep dan cara membuat ikan bandeng goreng kering yang renyah dan gurih. Mari kita simak resep berikut ini agar anda bisa menyajikan hidangan ini dirumah dengan mudah dan sederhana.

Resep ikan bandeng goreng

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Bandeng Goreng Kering, Renyah yang Gurih dan Spesial

4.7 97

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Ikan Bandeng Goreng Kering, Renyah yang Gurih dan Spesial

Bahan Utama Ikan Bandeng:

  • Ikan bandeng 500 gram
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam dapur
  • Minyak sayur untuk menggoreng
  • Air putih 50 mililiter

Bumbu Ikan yang Dihaluskan:

  • Bawang putih 4 siung
  • Lada putih secukupnya
  • Kunyit 2 sentimeter
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar 1 sendok teh

Bahan Pelengkap Ikan Bandeng:

  • Daun seledri 1 utas dicincang halus
  • Lalapan
  • Sambal terasi
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara Membuat Masakan Ikan Bandeng Goreng Kering, Renyah yang Gurih dan Spesial

Cara Membersihkan Ikan Bandeng Sebelum Diolah:

  1. Hal pertama akan kita lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ikan bandeng segar yang telah dibeli dari pasar dan bawa ikan tersebut ke tempat cucian. Ditempat cucian, kita akan akan bersihkan bagian sisik ikan terlebih dahulu. Caranya, anda bisa menggunakan pisau untuk mengerik bagian sisik dikedua bagian sisi tubuh ikan dan bersihkan hingga merata.
  2. Selesai membersihkan bagian sisi ikan, kita akan bersihkan bagian insang ikan. Caranya, buka sedikit bagian kepala ikan dan keluarkan insang ikan dengan menggunakan tangan hingga dipastikan bagian lapisan insang dibersihkan secara merata.
  3. Kemudian, bersihkan pula bagian dalam isi perut ikan. Gunakan pisau dapur untuk membelah bagian perut ikan dibagian bawah dan keluarkan isi jeroan ikan dengan menggunakan tangan jika bagian ini sudah dibelah dengan menggunakan pisau.
  4. Selesai membersihkan bagian jeroan ikan, anda bisa membilas kembali bagian perut ikan dengan menggunakan air bersih secara merata hingg bagian perut bersih secara merata.
  5. Kemudian silahkan, kerat-kerat bagian perut dan tubuh ikan agar bumbu bisa meresap pada ikan secara merata.
  6. Setelah itu, silahkan lumuri ikan dengan menggunakan air jeruk nipis dan taburan garam agar bau amis yang menempel pada ikan bisa dibersihkan secara merata. Setelah itu, diamkan sementara agar bumbu ini meresap kedalamnya.

Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng:

  1. Sambil menunggu ikan direndam dengan bumbu tadi, anda bisa menghaluskan bumbu yang harus dihaluskan dengan menggunakan ulekan hingga bumbu ini halus secara merata.
  2. Setelah bumbu halus, silahkan larutkan bumbu tersebut dengan air putih yang sudah disiapkan sambil diaduk-aduk.
  3. Kemudian, gunakan larutan bumbu ini untuk melumuri ikan bandeng secara merata. Setelah itu, diamkan ikan selama beberapa saat agar bumbu meresap kedalamnya.
  4. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng ikan bandeng kedalamnya hingga ikan matang dan kering secra merata. Anda bisa menggorengnya dengan menggunakan api sedang agar ikan matang secara merata.

Setelah ikan matang, silahkan angkat ikan dan sajikan ikan dalam piring saji. Lalu hidangkan bersama dengan bahan pelengkap yang sudah disiapkan sebelumnya. Semoga resep ini bisa bermanfaat untuk anda agar dapat menghidangkan sajian istimewa untuk keluarga.

Jangan lupa share resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons