Resep dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Bumbu Khas Padang yang Enak dan Praktis

Sedapkan selera makan kelaurga dengan hidangan istimewa yang begitu lezat.

Hidangan gulai ikan mas bumbu khas Padang adalah salah satu sajian istimewa yang memiliki cita rasa yang sedap dan lezat. Nah, agar ibu bisa menyajikan hidangan ini dirumah, kita simak resep berikut ini.

gulai ikan mas padang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Bumbu Khas Padang yang Enak dan Praktis

4.8 87

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

1 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Bumbu Khas Padang yang Enak dan Praktis

Bahan Utama Gulai Ikan Mas:

  • 1/2 kg ikan mas
  • 2 Sendok makan bawang goreng
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 2 buah asam kandis
  • 1 sendok makan air jeruk
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • 750 ml santan agak kental
  • Minyak untuk menumis

Bumbu Gulai Ikan Mas:

  • 3 cm kunyit tua
  • 5 butir kemiri
  • 7 siung bawang putih
  • 1 cm laos
  • 4 sendok makan cabai giling
  • 3 cm jahe
  • 15 butir bawang merah

Cara Membuat Masakan Gulai Ikan Mas Bumbu Khas Padang yang Enak dan Praktis

Cara Mengolah Ikan Mas Sebelum Dimasak:

  1. Hal pertama yang bisa terlebih dahulu anda lakukan adalah dengan mencuci bersih ikan mas dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Nah, cara pertama untuk membersihkan ikan mas silahkan lakukan dengan terlebih dahulu mengeluarkan insang dari kepala ikan secara merata, lalu buang insang tersebut.
  2. Setelah dibersihkan insangnya, sekarang lanjutkan dengan membersihkan sisik ikan dikedua bagian sisi ikan secara merata. Silahkan sisik ikan dengan menggunakan pisau atau dengan menggunakan sendok jika anda merasa pisau lebih beresiko bagi tangan anda karena sifat ikan mas yang licin.
  3. Selesai membersihkan sisik pada tubuh ikan, kita lanjutkan dengan membersihkan isi perut ikan secara merata. Silahkan berikan sayatan pada bagian perut ikan dibagian bawah dan keluarkan jeroannya dengan menggunakan tangan secara merata. Setelah itu, bersihkan bagian dalam perut ikan dengan menggunaka tangan sampai kotoran dan kuman bisa dibersihkan dengan baik.
  4. Nah, apabila semua bagian tubuh ikan sudah dibersihkan kesemuanya, sekarang silahkan potong-potong ikan menjadi 2 atau 3 bagian sesuai dengan selera, setelah itu angkat dari tempat cucian.
  5. Biasanya setelah dicuci bersih, bau amis akan cenderung masih menempel pada tubuh ikan. Dengan demikian kita akan minimalisir bau ini dengan memberikan air perasan jeruk nipis pada ikan dan sedikit taburan garam dan dilumuri secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai bumbu meresap.

Cara Membuat Gulai Ikan Mas Bumbu Khas Padang:

  1. Pertama kita siapkan wajan diatas kompor yang menyala dan tuangkan minyak diatasnya kemudian tunggu hingga minyak panas. Setelah panas baru tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun kunyit dan serai hingga tericum bau harum yang sedap.
  2. Setelah tumisan bumbu mengeluarkan aroma wangi dan harum, selanjutnya masukkan ikan mas kedalamnya. Jangan terlalu sering diaduk atau ikan akan hancur.
  3. Tuangkan santan kedalam tumisan ikan, kecilkan api dan gunakan api yang sedang namun stabil.
  4. Aduk-aduk merata santan hingga mendidih dan mengental. Lalu masak ikan hingga empuk dan matang secara merata.

Setelah rebusan gulai matang, sekarang angkat hidangan ini dari kompor dan sajikan selagi masih hangat bersama dengan keluarga tercinta. Demikian resep dan cara membuat sajian gulai ikan mas yang enak dan sedap, semoga resep ini bisa ibu buat dirumah dengan mudah.

Jangan lupa bagikan resep spesial ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *