Resep dan Cara Membuat Lumpia Basah Kreasi Rumahan

Sajikan dan nikmati lezatnya lumpia basah buatan sendiri di rumah. Dengan kreasi aneka isian dan campuran yang lezat hidangan kali ini akan dapat menemani waktu santai anda di rumah. Mari simak secara langsung informasi resepnya dibawah ini.

Resep Lumpia Basah Kornet

Resep dan Cara Membuat Lumpia Basah Kreasi Rumahan

Nama Resep

Resep Lumpia Basah Kornet

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 15 menit
Memasak : 10 menit
Total : 25 Menit

Bahan-Bahan:

  • 1/4 kg tauge
  • 5 lembar kulit lumpia
  • 3 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 cup kornet kecil
  • Bengkoang secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • Secukupnya kemiri
  • 3 buah cabai rawit
  • 4 siung bawang putih

Bahan Perekat:

  • 125 ml air mineral
  • 1 sendok makan tepung kanji
  • 1/2 ons gula merah

Persiapan Membuat Lumpia Basah Kornet:

  1. Untuk persiapan kali ini kita akan awali langkah kali ii dengan terlebih dahulu membersihkan tauge sebagai bahan utama. Silahkan bersihkan sajian tauge ini dengan menggunakan air bersih secara merata. Selanjutnya, angkat dari tempat cucian dan sisihkan sementara.
  2. Setelah selesai dengan tauge lanjutkan cara kali ini dengan membuat perekat untuk lumpianya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melarutkan semua bahan menjadi satu dan siapkan sebuah panci.
  3. Panaskan panci dengan menggunakan api yang sedang lalu tuangkan sajian larutan tepung kanji dengan gula merah. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk. Masak sampai mengental dan tunggu sementara sampai sajian ini berubah menjadi lebih meletup-letup.
  4. Bila sudah selesai dengan sajian perekat diatas, silahkan angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah agar sajian ini menjadi lebih dingin pada suhu ruangan.
  5. Setelah selesai silahkan cuci semua bahan yang perlu dicuci sebelum anda akhirnya akan dapat melanjutkan langkah kali ini untuk membuat sajian masakan kali ini.

Cara Membuat Lumpia Basah Kornet:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini, anda bisa memulainya dengan menyiapkan sebuah wajan dan panaskan diatas api yang sedang. Lalu berikan secukupnya minyak kedalam wajan dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  2. Baru setelah itu, tuangkan bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya. Aduk-aduk secara merata sampai sajian bumbu ini dimasak sampai matang dan tercium bau harum yang enak.
  3. Setelah matang, silahkan masukkan kornet kedalamnya dan aduk-aduk sampai kornet menjadi lebih kering secara merata. Sementara itu, anda bisa menyisihkan bumbu kebagian pinggir wajan agar kornet bisa matang pada saat dimasak.
  4. Bila kornet sudah agak matang dan kering secara merata. Selanjutnya silahkan masukkan telur dan sisihkan kornet kebagian pinggir wajan dengan bumbu halus yang anda tumis sebelumnya.
  5. Lalu aduk-aduk sajian ini sampai matang secara merata dan berbutir. Setelah itu, baru masukkan tauge kedalamnya.
  6. Dengan menggunakan spatula silahkan aduk sajian ini secara merata hingga lebih layu. Kemudian berikan bumbu seperti garam, merica dan juga penyedap bila anda suka. Aduk-aduk kembali sampai semua bumbu tercampur dan meresap kedalam sajian lumpia basah kornet kali ini.
  7. Setelah matang, angkat sajian ini dan siapan satu lembar lumpia diatas tatakan yang bersih dan kering. Lalu berikan dengan tumis isian tauge dengan kornet yang sudah anda buat sebelumnya. Tata dengan cantik untuk selanjutnya hidangkan untuk keluarga anda.

Sajian kali ini akan dapat anda nikmati bersama dengan keluarga dan sahabat pada saat masih panas. Penyajian lumpia akan dapat anda taburi dengan menggunakan bawang goreng dan disantap dengan menggunakan sumpit kayu. Hal ini menjadi ciri khas sajian lumpia basah dari Bandung yang banyak digemari.

Resep Membuat Lumpia Basah Daging Sapi yang Nikmat

Resep dan Cara Membuat Lumpia Basah Kreasi Rumahan

Nama Resep

Resep Membuat Lumpia Basah Daging Sapi yang Nikmat

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 15 menit
Memasak : 10 menit
Total : 25 Menit

Bahan-Bahan:

  • 100 gram daging sapi cincang
  • 1/4 kg tauge
  • Garam secukupnya
  • 3 butir telur ayam
  • 5 lembar kulit lumpia
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 cup kornet kecil
  • Bengkoang secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 buah cabai rawit
  • Secukupnya kemiri
  • 4 siung bawang putih

Bahan Perekat:

  • 1 sendok makan tepung kanji
  • 125 ml air mineral
  • 1/2 ons gula merah

Persiapan Membuat Lumpia Basah Daging Sapi yang Nikmat:

  1. Kita akan mulai dengan mempersiapkan daging sapi untuk campuran bahan masakan kali ini. Bila anda membeli daging sapi yang langsung dicincang maka mungkin anda akan dapat mencampurnya secara langsung. Hanya saja untuk anda yang menggunakan daging sapi utuh maka tak perlu khawatir daging kali ini akan dapat anda cincang secara manual.
  2. Adapun cara mencincang daging bisa anda lakukan dengan menyiapkan sebuah tatakan atau talenan. Gunakan pisau yang besar dan tajam untuk kemudian gunakan untuk mencincang daging secara merata sampai anda mendapatkan tekstur cincang yang pas dan tepat.
  3. Bila sudah selesai mencincang daging, lanjutkan langkah kali ini dengan membersihkan taugenya secara merata. Caranya adalah dengan memasukkan tauge pada baskom lalu bawa ke tempat cucian. Selanjutnya silahkan remas-remas dengan perlahan tauge secara merata.
  4. Bila sudah bersih angkat sajian ini dari bilasan air dan tiriskan airnya secara merata. Kemudian setelah itu, sisihkan dalam wadah dan anda akan siap untuk membuat hidangan kali ini.
  5. Untuk membuat bahan perekat anda akan dapat mencampur semua bahan dan aduk-aduk diatas panci panas dengan menggunakan api yang sedang. Masak sampai mengental dan meletup-letup secara merata.

Cara Membuat Lumpia Basah Daging Sapi yang Nikmat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan dan panaskan diatas api yang sedang.
  2. Selanjutnya tuangkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata. Baru setelah itu, tuangkan bumbu halus kedalamnya. Bila anda suka pedas maka pada bumbu halus anda akan dapat menambahkan lebih banyak cabai rawit secara merata.
  3. Aduk sajian bumbu kali ini sampai harum dan matang secara merata. Setelah bumbu matang baru ikuti dengan memasukkan daging cincang kedalamnya. Aduk-aduk secara merata dan tumis daging sampai berubah warnanya dan teksturnya berubah menjadi lebih mengeras secara merata.
  4. Bila sudah selesai silahkan sisihkan kepinggir daging dengan menggunakan spatula. Lalu dibagian tengah wajan silahkan masukkan telur kedalamnya. Lalu aduk-aduk secara merata sajian ini sampai telur berubah menjadi berbutir.
  5. Kemudian setelah semua bahan dimasukkan anda akan bisa memasukkan tauge kedalamnya. Aduk-aduk tauge secara merata sampai menjadi lebih layu.
  6. Baru setelah itu, masukkan bumbu kedalamnya seperti garam, penyedap dan merica. Aduk-aduk secara merata sampai bumbu pas dan meresap kedalamnya.
  7. Setelah matang, angkat sajian ini dan anda akan bisa siapkan satu lembar kulit lumpia diatas tatakan yang bersih. Sebelum diberikan isian anda akan bisa melumuri bagian atasnya dengan menggunakan bahan perekat secara merata. Upayakan memberikan perekat pada bagian pinggir kulit lumpia.
  8. Baru setelah itu, silahkan tuangkan isian dibagian atasnya secara merata. Baru setelah itu, tutup dan rekatkan dengan rapi.

Sajian ini akan dapat anda santap dan nikmati bersama dengan keluarga. Hidangan kali ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons