Resep dan Cara Membuat Kue Ulang Tahun Karakter Mickey Mouse

 

Resep dan Cara Membuat Kue Ulang Tahun Karakter Mickey Mouse
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Kue Ulang Tahun Karakter Mickey Mouse

Rayakan hari bahagia si buah hati dengan memberikan apa yang mereka sukai. Ya, hari ulang tahun biasanya identik dengan perayaan memberikan kado dan kue ulang tahun yang istimewa. Apalagi bila kue ulang tahun berhiaskan karakter yang mereka sukai. Seperti pada kesempatan kali ini kami berikan cara membuat kue ulang tahun karakter Mickey Mouse yang lucu. Yuk simak tutorialnya. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword kue bolu, kue mickey mouse, kue ulang tahu karakter, kue ulang tahun
Waktu Persiapan 25 menit
Waktu Memasak 45 menit
Total Waktu 1 jam 10 menit
Porsi 8 Orang
Kalori 803 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Kue Bolu Layer

  • 25 gram gula pasir
  • 1 bks vanili
  • 1 sdm SP/ Ovalet
  • 4 butir telur
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram mentega
  • 1 sdt baking powder
  • 3 sdm susu bubuk

Bahan Icing

  • 300 gram mentega putih
  • 75 gram gula bubuk
  • Secukupnya pewarna makanan hitam
  • Secukupnya pewarna makanan merah
  • Secukupnya pewarna makanan krem

Langkah-langkah

Cara Membuat Kue Bolu Layer

  1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan cara membuat kue bolunya terlebih dahulu. Sebelumnya silahkan persiapkan beberapa peralatan untuk membuat sajian kalian. Peralatan pertama yang akan anda butuhkan untuk membuat sajian kali ini adalah loyang bulat, oven, mixer dan sebuah wadah. 

  2. Olesi terlebih dahulu loyang dengan menggunakan margarin secara merata. Lalu taburi dengan sedikit terigu dan ratakan dengan cara menggoyang-goyang loyang. 

  3. Panaskan pula oven pada suhu 35 sampai dengan 40 menit secara merata. Agar demikian, ketika adonan sudah jadi maka anda akan dapat memasukkan adonan untuk dipanggang dengan merata. 

  4. Setelah semua peralatan dipersiapkan dengan merata. Lanjutkan dengan memanaskan mentega hingga meleleh dan merata. Angkat sajian ini dan sisihkan pada suhu ruangan. 

  5. Kemudian setelah tiu, siapkan sebuah wadah dan campurkan kedalamnya bahan-bahan yang kering seperti tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk, susu bubuk dan juga vanili. Aduk dengan merata semua bahan ini agar tercampur lalu sisihkan.

  6. Dalam wadah yang lain silahkan campurkan bahan-bahan basah seperti telur bersama dengan gula, SP dan aduk dengan menggunakan mixer semua bahan ini secara merata sampai mengembang dan kaku. 

  7. Tuangkan dengan perlahan adonan kering kedalam adonan basah yang sudah diaduk secara merata. Tuangkan bahan kering sambil diayak dengan perlahan. Kecilkan volume pada saat mengaduk bahan-bahan kering agar tidak berantakan. 

  8. Setelah semua adonan dicampurkan secara merata, silahkan masukkan margarin kedalamnya dan aduk-aduk kembali semua sajian ini sampai tercampur merata. 

  9. Tuangkan adonan kedalam loyang yang sudah dilumuri margarin. Lalu masukkan dalam oven dan panggang sajian ini dibawah suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit atau sampai kue matang dan merata.

  10. Bila sudah matang, silahkan angkat dan keluarkan kue dari Loyang. Tunggu dan biarkan bahan ini sampai agak dingin dan sisihkan. 

Cara Menghias Kue

  1. Untuk menghias sajian kue ulang tahun karakter mickey mouse kali ini terlebih dahulu anda harus punya print gambar mickey mouse yang ukurannya sudah disesuaikan dengan perkiraan ukuran kue yang anda buat. Cetak dalam kertas dan tebalkan garis pinggirnya dengan menggunakan spidol.

  2. Setelah itu, alasi bagian atas print gambar karakter mickey mouse tersebut dengan kertas roti. Baru sisihkan sementara dan anda akan dapat membuat adonan icing untuk membuat hiasan kali ini. 

  3. Cara membuat icing kali ini akan dapat anda lakukan dengan cara mengocok mentega daalm sebuah wadah dan mixer dengan kecepatan yang tinggi sampai mentega berubah menjadi lebih pucat secara merata.

  4. Masukkan gula bubuk kedalamnya dan aduk-aduk kembali semua sajian ini dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi. Pastikan tidak ada adonan yang masih menggumpal.

  5. Ambil sebanyak 1/2 adonan dan berikan dengan pewarna hitam dengan merata. Lalu aduk dengan mixer sampai adonan berubah warnanya dengan merata. 

  6. Untuk sisa 1/2 bagian lainnya silahkan bagi menjadi 3 bagian dimana satu bagian dibiarkan putih, bagian lainnya diberikan warna merah dan bagian terakhir diberikan warna cream. Kemudian masing-masing aduk secara merata sampai warnanya berubah. 

  7. Selanjutnya silahkan buat sketsa karakter mickey mouse dari mengikuti print gambar yang sudah anda siapkan. Untuk bagian krem bisa ditempatkan pada warna wajah mickey mouse, warna merah untuk mulutnya dan warna putih diberikan pada bagian matanya. 

  8. Setelah selesai masukkan icing kedalam lemari es dan biarkan menjadi lebih beku. Sementara itu, ambil kue dan bagi menjadi dua bagian. Untuk bagian pertama silahkan berikan icing putih yang masih ada.

  9. Kemudian sisa icing putih bisa anda balurkan pada seluruh bagian permukaan kue secara merata. Lalu setelah karakter mickey mouse yang dibuat sudah beku maka keluarkan dari lemari es dan kelupas dari alasnya. Lalu tempelkan dibagian atas kue.

  10. Sisa icing yang berwarna-warni bisa anda gunakan untuk menghiasi kue dengan cantik.

Video Resep

Catatan Resep

Diatas adalah contoh video membuat hiasan kue ulang tahun karakter Mickey Mouse.

Bila sudah selesai sebaiknya masukkan terlebih dahulu kue kedalam lemari es dan dinginkan selama kurang lebih 1 jam. Tujuannya agar icing lebih kuat dan stabil dan rasa dari kuepun semakin lezat. Baru sajikan dan nikmati.

Loading...

One Response

  1. Mega 21 September 2018

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons