Resep dan Cara Membuat Kue Sus Kering Keju Wijen yang Enak, Renyah dan Spesial

Sajian kue sus kering keju wijen adalah hidangan yang enak dan nikmat.

Sajian ini akan bisa ibu buat dirumah dengan mudah. Nah, agar anda tak lagi penasaran dengan resep mudah dari sajian kue sus kering keju wijen kali ini. Maka mari kita simak resep mudahnya dibawah ini.

sus wijen

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Sus Kering Keju Wijen yang Enak, Renyah dan Spesial

4.7 864

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Sus Kering Keju Wijen yang Enak, Renyah dan Spesial

Bahan dan Bumbu Kue Sus:

  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 100 gram margarin
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/4 sendok teh garam
  • 250 ml air
  • 3 butir telur
  • 1 kuning telur
  • 75 gram keju cheddar
  • 1 1/2 sendok makan wijen

Cara Membuat Kue SUus Kering Keju Wijen yang Enak, Renyah dan Spesial

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Hal pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan sus. Beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah beberapa wadah, panci, sebuah spatula dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan sus dengan lebih mudah tanpa anda harus dibuat pusing pergi bulak-balik ke dapur untuk mempersiapkan peralatan yang belum anda persiapkan. Untuk itulah sebaiknya langkah yang satu ini tidak dilewati begitu saja.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, lanjutkan dengan mempersiapkan keju. Sebelum dicampur bahan yang satu ini perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Caranya parut keju dengan mengunakan parutan dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Nah, setelah selesai, lanjutkan dengan merebus air didalam panci yang sudah dipanaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang kecil. Masukkan margarin kedalamnya bersama dengan gula, garam dan aduk-aduk bahan ini sampai mendidih secara merata. Setelah itu matikkan api sejenak.
  4. Kemudian masukkan tepung terigu kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur secara merata. Nyalakan kembali api dan aduk-aduk kembali sampai bahan tersebut menjadi kalis dalam panci dan teksturnya menjadi lebih padat secara merata. Angkat sajian ini dari kompor dan biarkan hangat secara merata.
  5. Bila sudah menjadi lebih hangat, silahkan masukkan satu per satu telur kedalam adonan tersebut sambil terus diaduk secara merata sampai tercampur. Masukkan baking powder kedalam bahan tersebut bersama dengan keju dan juga biji wijen. Kocok secara merata hingga semua bahan yang anda masukkan menjadi lebih tercampur.
  6. Masukkan adonan tersebut kedalam kantung plastik segitiga atau yang juga disebut dengan piping bag. Masukkan dengan perlahan dan usahakan agar anda memasukkan bahan ini serapih mungkin.
  7. Siapkan loyang dengan ukuran yang sedang berbentuk kotak. Olesi dengan menggunakan mentega secara merata sampai semua loyang terlumuri dengan bahan tersebut. Hal ini difungsikan agar loyang tidak lengket pada saat adonan sus akan dikeluarkan.
  8. Setelah itu, tancapkan atau pasangkan spuit dibawah bagian plastik segitiga yang telah diisi dengan adonan kulit sus dan gunting bagian ujungnya secara merata.
  9. Cetak adonan diatas loyang berbentuk bulat dengan ukuran sesuai dengan selera anda. Lakukan hal yang sama pada adonan yang masih tersisa.
  10. Panggang adonan dalam oven selama kurang lebih 20 menit dibawah suhu 200 derajat hingga mengembang secara merata. Setelah itu, turunkan suhunya ke 130 derajat saat sus hampir matang. Oven kembali selama kurang lebih 40 menit sampai kering dan crispy.

Setelah matang, keluarkan sajian tersebut dari oven dan lakukan dengan perlahan. Masukkan dalam wadah dan biarkan sampai dingi pada suhu ruangan sebelum dimasukkan dalam toples atau wadah tertutup. Sajian ini akan cocok dijadikan cemilan yang nikmat mengisi waktu senggang anda.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons