Resep dan Cara Membuat Kue Sus Goreng Putih Telur yang Sedap, Asli Enak dan Renyah

Sajian kue sus goreng putih telur adalah hidangan yang enak dan nikmat.

Sajian ini selain cocok dijadikan santapan lezat beramai-ramai dirumah, juga cocok dijadikan bekal untuk suami dan si buah hati. Nah, agar anda tak penasaran seperti apa resep membuat sus goreng putih telur, simak resepnya dibawah ini.

sus goreng putih telur

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Sus Goreng Putih Telur yang Sedap, Asli Enak dan Renyah

4.5 33

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Sus Goreng Putih Telur yang Sedap, Asli Enak dan Renyah

Bahan-Bahan Kulit Sus:

  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 200 ml air
  • 180 gram putih telur

Bahan Campuran Sus:

  • 50 gram makaroni
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 buah sosis
  • 1 batang daun bawang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 batang seledri

Cara Membuat Kue Sus Goreng Putih Telur yang Sedap, Asli Enak dan Renyah

Cara Mempersiapkan Bahan Campuran:

  1. Untuk yang pertama akan lebih baik bila kita persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang akan dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan campuran ini. Adapun beberapa peralatan yang mungkin dibutuhkan diantaranya adalah pisau, tatakan, beberapa buah wadah. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dengan lebih mudah mempersiapkan bahan-bahan tersebut. Untuk itu, maka sebaiknya langkah mempersiapkan peralatan kali ini tidak anda lewati begitu saja.
  2. Setelah peralatan dipersiapkan secara merata, lakukan dengan membersihkan semua bahan yang akan digunakan. Pastikan bila anda mempersiapkannya secara merata hingga bersih.
  3. Kemudian rebus terlebih dahulu makaroni pada panci dengan menggunakan air secukupnya. Rebus sampai makaroni mengembang dan matang secara merata. Setelah itu, angkat dari rebusan dan tiriskan airnya.
  4. Selanjutnya potong-potong sosis dengan betuk kotak kecil. Gunakan pisau dan tatakan untuk membuat anda lebih mudah memotong-motong bahan yang satu ini.
  5. Kemudian iris-iris bawang dengan menggunakan pisau secara merata. Bentuk potongan yang tipis pada bawang dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  6. Begitupula dengan seledri. Iris-iris bahan yang satu dengan menggunakan pisua secara merata dan masukkan dalam wadah yang berbeda.

Cara Membuat Sus:

  1. Setelah semua bahan dipersiapkan secara merata, lanjutkan dengan membuat kulit sus. Caranya siapka panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Masukkan air kedalamnya bersama dengan margarin juga garam. Aduk-aduk bahan ini secara merata dan masak sampai mendidih hingga margarin meleleh.
  2. Kemudian matikkan sementara api dan masukkan tepung terigu kedalamnya. Untuk kemudian dengan menggunakan sendok kayu aduk-aduk bahan ini secara merata hingga teksturnya menjadi menggumpal dan kalis secara merata. Nyalakan kembali api dan msak kembali sampai bahan tersebut tercampur secara merata. 
  3. Setelah itu angkat bahan adonan tersebut dan matikan kompor lalu dinginkan sementara sampai agak hangat.
  4. Kemudian baru tambahkan dengan telur satu per satu dan kocok dengan cepat juga merata. Masukkan baking powder kedalamnya bersama dengan makaroni yang sudah direbus, keju, sosis, garam, merica, pala, seledri dan juga daun bawang. Aduk-aduk bahan ini sampai merata hingga tercampur.
  5. Selanjutnya, ambil sedikit adonan dan bentuk bulat dengan menggunakan tangan. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan yang masih ada.
  6. Panaskan wajan diatas kompor lalu masukkan kedalamnya bola-bola sus yang sudah anda buat. Masak sampai berwarna kecoklatan dan matang secara merata.

Angkat sajian ini dari wajan dan tiriskan terlebih dahulu sebelum disajikan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons