Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Singkong yang Lembut dan Empuk

Putu ayu merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang masih banyak digemari serta masih bertahan sampai saat ini.

Kue yang dibuat dengan cara dikukus ini memiliki cita rasa yang begitu nikmat. Bahkan kue putu ayu bisa dikreasikan dengan bahan lainnya seperti singkong. Selain enak, tentunya cita rasa yang dihasilkan pun akan lebih spesial. Teksturnya yang empuk dan lembut akan sangat memanjakan lidah.

Proses membuat kue putu ayu singkong ini sederhana dan mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkannya juga mudah didapatkan dan bisa anda beli dengan harga terjangkau. Nah, jika anda ingin membuat kue putu ayu singkong, anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini. 

Resep kue putu ayu singkong

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Singkong yang Lembut dan Empuk

4.8 309

Waktu Memasak

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 buah

Bahan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Putu Ayu Singkong yang Lembut dan Empuk

Bahan Utama Kue Putu Ayu Singkong

  • 5 kuning telur
  • 25 gram gula pasir halus
  • 3 putih telur
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gram santan instan
  • 75 gram gula merah
  • 35 gram margarin leleh
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 100 gram singkong kukus
  • 125 gram tepung terigu protein sedang

Bahan Alas Kue Putu Ayu Singkong

  • 100 gram kelapa parut
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Putu Ayu Singkong yang Lembut dan Empuk

Cara Membuat Alas dan Menyiapkan Bahan

  1. Langkah pertama yaitu, siapkan wadah. Lalu masukan kelapa yang sudah diparut ke dalan wadah tersebut. Tambahkan garam dengan takaran yang sudah ditentukan. Masukan daun pandan, lalu aduk semua bahan-bahan sampai merata.
  2. Siapkan alat cetakan kue putu ayu. Lalu olesi dengan menggunakan minyak goreng. Masukan kelapa cetakan putu tersebut, lalu padatkan.
  3. Kemudian, sisir gula merah.
  4. Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus singkong sampai matang. Jika singkong sudah matang, anda bisa langsung menghaluskannya. Lalu campurkan dengan 50 ml santan instan.

Cara Membuat Kue Putu Ayu Singkong

  1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan telur ke dalam wadah tersebut bersama dengan gula merah, gula pasir dan amulsifier. Aduk semua bahan-bahan tersebut sampai mengembang.
  2. Masukan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan sambil diayak dan diaduk sampai merata.
  3. Masukan singkong yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan santan tadi ke dalam adonan. Masukan juga margarin yang sudah dilelehkan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai merata. Jika sudah, anda bisa langsung menuangkannya ke dalam cetakan putu ayu yang sudah diberi dengan kelapa.
  4. Lakukan langkah yang sama sampai semua adonan habis.
  5. Jika sudah, anda bisa langsung menyiapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus semua adonan yang sudah dimasukan ke dalam cetakan tersebut selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan api sedang. Setelah itu, anda bisa langsung mematikan kompor dan mengangkatnya. Sebelum dihidangkan akan lebih baik jika anda mendinginkannya terlebih dahulu.

Kue putu ayu singkong selesai dibuat. Sajikan atau hidangkan kue yang satu ini bersama dengan minuman hangat agar lebih lezat dan nikmat.

Itulah resep dan cara membuat kue putu ayu singkong. Selamat mencoba.

Share atau bagikan resep ini kepada teman anda. Berikan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons