Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Ketan Hitam yang Empuk, Sedap dan Enak

Sebagai bahan makanan beras ketan hitam memiliki warna yang alami.

Kita dapat memanfaatkan ketan hitam sebagai bahan untuk membuat kue agar tampilannya menjadi lebih menarik. Salah satu kue yang bisa anda buat yaitu kue putu ayu. Kue putu ayu ketan hitam ini selain tampilannya menarik, cita rasanya juga begitu enak dan sedap. Kelapa yang ada di atasnya membuatnya terasa lebih gurih.

Cara membuat kue putu ayu ketan hitam ini sebenarnya cukup praktis dan sederhana, tidak jauh berbeda dengan kue putu ayu yang lainnya. Nah, bagi anda yang ingin membuatnya, anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

Resep kue putu ayu ketan hitam

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Ketan Hitam yang Empuk, Sedap dan Enak

4.7 135

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 buah

Bahan Bahan Kue Putu Ayu Ketan Hitam yang Empuk, Sedap dan Enak

Bahan Utama Kue Putu Ayu Ketan Hitam

  • 3 butir telur
  • 4 tetes pewarna ungu
  • 125 gram gula pasir
  • 50 gram santan kental instan
  • 1 tetes pewarna merah muda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram tepung ketan hitam
  • 100 gram tepung terigu protein sedang

Bahan Alas Kue Putu Ayu Ketan Hitam

  • 200 gram kelapa parut kasar
  • Minyak untuk olesan
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Putu Ayu Ketan Hitam yang Empuk, Sedap dan Enak

Cara Mengolah Kelapa Untuk Alas

  1. Pertama, siapkan wadah. Lalu masukan kelapa untuk bahan alas yang sudah anda siapkan ke dalam wadah tersebut. Masukan garam. Lalu aduk keduanya sampai merata.
  2. Setelah itu, ambil cetakan kue putu ayu. Lalu olesi dengan minyak. Simpan atau tata kelapa yang sudah dicampur dengan garam tersebut di dasar cetakan.

Cara Membuat Kue Putu Ayu Ketan Hitam

  1. Jika sudah selesai, anda bisa langsung melakukan langkah selanjutnya. Dimana langkah yang harus dilakukan yaitu, siapkan kembali wadah. Lalu masukan telur ke dalam wadah tersebut bersama dengan garam dan gula. Kocok semua bahan-bahan tersebut sampai merata dan mengembang.
  2. Ambil tepung ketan hitam, lalu masukan tepung ketan hitam tersebut ke dalam adonan. Masukan pula tepung terigu sambil diayak dan diaduk sampai semuanya tercampur rata.
  3. Tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Lalu aduk kembali adonan sampai merata.
  4. Tambahkan pewarna merah dan ungu. Lalu aduk-aduk kembali sampai merata.
  5. Tuangkan adonan ke dalam cetakan putu ayu yang sudah diberi kelapa. Tuangkan dengan rapi dan hati-hati agar hasil yang didapatkan sempurna.
  6. Lakukan langkah yang sama sampai semua adonan habis.
  7. Jika sudah, anda bisa langsung menyiapkan alat untuk mengukus. Kukus adonan yang sudah dimasukan ke dalam cetakan selama kurang lebih 15 menit atau sampai benar-benar matang. Apabila sudah matang, anda bisa langsung mengangkat kue putu ayu ketan hitam tersebut. Sebelum disajikan alangkah lebih baiknya jika anda mendinginkannya terlebih dahulu.

Kue putu ayu ketan hitam sudah selesai dibuat. Santap kue yang satu ini bersama dengan minuman hangat sesuai dengan selera anda.

Itulah resep dan cara membuat kue putu ayu ketan hitam. Selamat mencoba.

Bagikan resep ini kepada teman teman anda yang ada di facebook atau di twitter, berikan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons