Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Pandan Kelapa Muda yang Enak, Lembut dan Nikmat

Nikmatnya kue pukis pandan kelapa muda tentu akan bisa anda buat dirumah.

Ingin tahu seperti apa resep membuat hidangan kue pukis kelapa muda yang enak? Tak perlu khawatir, resep kali ini akan memandu anda bagaimana membuat hidangan ini dirumah dengan mudah.

pukis-pandan.jpg

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Pukis Pandan Kelapa Muda yang Enak, Lembut dan Nikmat

4.7 543

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

20 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Pukis Pandan Kelapa Muda yang Enak, Lembut dan Nikmat

Bahan-Bahan Kue:

  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 butir telur
  • 50 ml air hangat
  • 225 gram tepung terigu protein sedang
  • 125 gram gula pasir
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/8 sendok teh esens pandan
  • 15 gram margarin, dilelehkan
  • 50 ml air daun suji
  • 25 gram kelapa muda

Cara Membuat Kue Pukis Pandan Kelapa Muda yang Enak, Lembut dan Nikmat

Cara Mempersiapkan Adonan:

  1. Untuk yang pertama, pastikan jika anda sudah mempersiapkan cetakan untuk kue pukis. Lalu persiapkan juga sebuah mixer, sebuah baskom dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat adonan kali ini.
  2. Nah, bila sudah selesai dengan peralatan silahkan lanjutkan dengan mengeruk kelapa muda dengan menggunakan tutup botol. Silahkan keruk memanjang dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  3. Kemudian, siapkan sebuah wadah dan masukkan kedalamnya ragi instan lalu larutkan dengan menggunakan air hangat. Aduk-aduk semua bahan ini sampai larut merata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit sampai berbusa.
  4. Lalu, lanjutkan dengan menyiapkan larutan daun suji. Bahan ini dibuat dari menumbuk sebanyak 25 lembar daun suji dan menambahnya dengan 2 lembar daun pandan. Silahkan tumbuk secara merata sampai halus. Lalu, tambahkan sebanyak 50 ml air kedalamnya. Saring dan ambil airnya dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Kue:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini dapat dilakukan dengan mengocok telur bersama dengan gula pasir dan juga garam dalam baskom. Lalu kocok dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan tepung terigu kedalamnya sambil diayak dengan perlahan dan kocok kembali namun pada kecepatan rendah secara bergantian dengan air daun suji dan juga santan. Aduk merata sampai tercampur.
  3. Setelah itu, masukkan larutan ragi yang sudah anda kocok tadi. Lalu kocok kembali dengan perlahan dan masukkkan dalam adonan kocok bahan ini perlahan dan diamkan selama kurang lebih 30 meit samapi mengembang.
  4. Masukkan margarin yang sudah ada lelehkan dalam wajan tadi dan tambahkan pula kedalamnya esens pandan yang sudah anda persiapkan. Aduk-aduk bahan ini cukup dengan menggunakan sendok plastik atau sendok kayu sampai adonan berubah warnanya menjadi hijau secara merata.
  5. Panaskan cetakan pukis dan tuangkan adonan kedalamnya secara merata. Lalu biarkan setelah matang. Tutupi dengan menggunakan penutup pukis dan buka kembali adonan untuk kemudian taburi dengan menggunakan kepala muda. Selanjutnya masak kembali sampai matang dan bawahnya berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menikmati sajian ini.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan bagikan pula komentar anda.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons