Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Coklat yang Kenyal, Enak dan Mudah

Siapa yang tidak kenal dengan kue lapis? Kue lapis merupakan salah satu kue khas Indonesia yang banyak digemari. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal, rasanya enak dan tampilannya menarik dengan aneka warna yang cantik.

Kue lapis ini bisa dengan mudah kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Bentuknya yang cantik dengan rasa yang khas menjadikan kue ini cocok dihidangkan dalam berbagai acara, baik itu acara formal maupun acara non formal.

Resep kue lapis tepung beras coklat adalah salah satu varian kue lapis yang begitu menggoda. Kue ini dapat anda buat dengan mudah dan praktis di rumah. Berikut ini resep dan cara membuat kue lapis tepung beras coklat yang kenyal, enak dan mudah yang dapat anda simak.

Kue Lapis Tepung Beras Coklat1

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Coklat yang Kenyal, Enak dan Mudah

Review

4.8 review 400

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 Potong

Bahan Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lapis Tepung Beras Coklat yang Kenyal, Enak dan Mudah

  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung kanji
  • 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml santan
  • 1/2 sendok makan coklat bubuk
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 tetes pewarna makanan coklat
  • 250 gram gula pasir

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Coklat yang Kenyal, Enak dan Mudah

Cara Membuat Adonan Kue Lapis Tepung Beras

  1. Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu  mencuci daun pandan yang sudah anda siapkan sampai bersih. Lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, siapkan panci dan masukan bahan-bahan seperti santan, garam, gula dan daun pandan yang sudah dibersihkan. Rebus campuran bahan bahan tersebut sambil diaduk-aduk perlahan agar tidak pecah. Aduk dan rebus campuran tersebut sampai mendidih.
  3. Apabila sudah mendidih, angkat dan saring campuran tersebut sebelum anda gunakan. Sisihkan.
  4. Ambil tepung beras dan tepung kanji. Lalu campurkan kedua bahan tersebut, aduk-aduk sampai merata.
  5. Masukan santan hangat yang sudah anda rebus tadi sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung beras dan tepung kanji sambil diuleni sampai adonan licin.
  6. Jika adonan sudah seperti itu, bagi dua adonan dengan jumlah yang  sama.
  7. Untuk salah satu bagian adonan, tambahkan coklat bubuk dan pewarna makanan coklat. Aduk-aduk sampai merata. Sedangkan untuk adonan yang lainnya dibiarkan berwarna putih.

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

  1. Siapkan loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak dan dialasi dengan alas plastik. Lalu panaskan loyang tersebut .
  2. Ambil adonan kue lapis yang berwarna putih. Kemudian tuangkan sebanyak 1 sendok sendok sayur.  Setelah itu, kukus adonan sampai teksturnya keras selama kurang lebih 5 menit.
  3. Selanjutnya, tuangkan adonan berwarna coklat di atas adonan berwarna putih. Kukus kembali adonan hingga mengeras. Lakukan langkah yang sama dengan menuangkan adonan berulang kali dengan warna lapisan selang seling sampai adonan kue yang anda buat habis.
  4. Jika semua adonan sudah habis, anda dapat mengukusnya kembali selama kurang lebih 50 menit supaya adonan benar-benar matang.
  5. Apabila sudah matang, dinginkan terlebih dahulu beberapa saat. Potong-potong kue lapis yang sudah anda buat tersebut, lalu sajikan. Kue lapis tepung beras coklat sudah siap dinikmati.

Itulah resep dan cara membuat kue lapis tepung beras coklat. Mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa share atau bagikan resep ini kepada teman atau sahabat anda. Semoga bermanfaat.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat