Resep dan Cara Membuat Kue Donat Ubi Ungu yang Nikmat Alami, Sedap dan Lembut

 

Nikmati lezat dan nikmatnya sajian donat ubi ungu yang enak.

Selain lezat dan lembut sajian kali ini tentu saja sehat. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan vitamin serta anti oksidan yang besar yang terdapat dalam ubi ungu akan ampuh dan baik untuk kesehatan anda.

Penasaran seperti apa resep membuat sajian kue donat ubi ungu yang enak? Mari simak resepnya dibawah ini.

donat ubi ungu

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Ubi Ungu yang Nikmat Alami, Sedap dan Lembut

4.8 987

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

35 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Donat Ubi Ungu yang Nikmat Alami, Sedap dan Lembut

Bahan-Bahan Donat:

  • 300 gram tepung terigu
  • 150 gram ubi ungu
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 35 gram gula pasir 
  • 1 butir telur
  • 150 gram cokelat masak putih
  • 150 ml air es
  • 30 gram margarin
  • 15 gram susu bubuk
  • minyak padat untuk menggoreng
  • 1 sendok teh garam

Bahan Taburan:

  • 20 gram kopi bubuk instan

Cara Membuat Kue Donat Ubi Ungu yang Nikmat Alami, Sedap dan Lembut

Cara Mempersiapkan Bahan Adonan:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan. Beberapa peralatan seperti halnya baskom, kocokan, loyang, wajan dan sebuah piring saji adalah peralatan penting yang harus anda persiapkan. Untuk itu, maka sebaiknya silahkan persiapkan semua peralatan ini dengan baik.
  2. Setelah selesai, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan lain, seperti misalkan ubi ungu. Cuci bersih ubi ungu dengan menggunakan air yang mengalir sampai kotoran dan kuman yang ada pada ubi dibersihkan secara merata.
  3. Setelah itu, potong-potong ubi dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang anda inginkan. Setelah itu, masukkan dalam kukusan dan kukus sampai matang dan tekstur dari ubi menjadi lebih empuk dan matang secara merata.
  4. Nah, bila sudah matang silahka keluarkan dari kukusan dan haluskan dengan menggunakan ulekan pada saat masih panas. Haluskan sampai benar-benar halus secara merata. Setelah itu, sisihkan sementara.
  5. Selanjutnya adalah dengan melelehkan coklat putih. Caranya masukkan coklat kedalam mangkuk kaca anti panas dan tempatkan mangkuk diatas panci yang diberikan air. Diamkan sementara sampai coklat menjadi lebih leleh secara merata. Angkat dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat adonan donat bisa dilakukan dengan menyiapkan baskom dan masukkan tepung terigu bersama dengan ragi instan, gula pasir dan juga susu bubuk. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai semuanya tercampur merata.
  2. Setelah itu, tambahkan dengan menggunakan ubi yang telah dihaluskan sebelumnya. Aduk-aduk dan uleni bahan ini secara merata sampai tercampur.
  3. Masukkan telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit secara merata sambil terus melanjutkan menguleni adonan secara merata sampai kalis.
  4. Masukkan margain bersama dengan garam kedalam adonan dan uleni bahan ini sampai elastis dan kalis. Diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit.
  5. Kempiskan adonan dengan menggunakan tangan, lalu timbang masing-masing adonan sebanyak 15 gram. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  6. Kemudian pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan sumpit atau cetakan. Masukkan dalam loyang dan diamkan selama kurang lebih 60 menit sampai mengembang.
  7. Siapkan wajan dan masukkan minyak kedalamnya, tunggu sampai minyak panas dan masukkan adonan kedalamnya goreng sampai matang hingga berwarna kecoklatan.

Angkat dan celupkan dalam coklat putih yang telah dilelehkan sebelumnya. Lalu taburi dengan kopi instan bagian atasnya secara merata.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons