Resep dan Cara Membuat Kue Donat Tabur Gula Salju yang Nikmat, Enak dan Istimewa

Nikmatnya sajiankue donat tabur gula salju seolah tak ada tandingannya bila dihidangkan untuk cemilan bersama dengan keluarga.

Nah, dengan demikian, maka tidak ada salahnya bila anda mencoba membuat sendiri hidangan enak dan mudah ini dirumah. Yuk, simak resep membuat sajian kue donat tabur gula salju yang enak dibawah ini.

donat gula salju

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Tabur Gula Salju yang Nikmat, Enak dan Istimewa

4.8 376

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Donat Tabur Gula Salju yang Nikmat, Enak dan Istimewa

Bahan-Bahan Donat:

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 sendok makan mentega tawar
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 65 ml susu cair
  • minyak untuk menggoreng
  • 50 gram gula pasir halus

Cara Membuat Kue Donat Tabur Gula Salju yang Nikmat, Enak dan Istimewa

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama boleh dilakukan dengan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan donat. Beberapa peralatan yang anda butuhkan tersebut diantaranya adalah baskom, loyang, wajan da sebuah piring untuk menyajikan donat yang sudah matang. Dengan memprsiapkan peralatan ini maka anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana tanpa harus dibuat bulak-balik ke dapur untuk mengambil peralatan yang belum dipersiapkan.
  2. Setelah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan menyiapkan loyang. Masukkan atau taburi loyang tersebut dengan menggunakan tepung terigu secara merata. Hal ini difungsikan agar nantinya adonan tidak lengket menempel pada loyang. Setelah ditaburi dengan menggunakan terigu, silahkan sisihkan sementara.
  3. Kemudian lanjutkan dengan melelhkan margarin dalam wajan. Caranya, masukkan margarin kedalam wajan dan panaska diatas kompor gunakan api yang sedang. Masak sampai bahan tersebut menjadi meleleh secara merata. Angkat dan sisihkan.
  4. Untuk membuat adonan donat bisa dilakukan dengan mengayak bahan-bahan yang kering seperti halnya tepung terigu, garam dan juga baking powder dengan menggunakan ayakan. Setelah itu, masukkan gula kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan sampai tercampur secara merata.
  5. Masukkan telur bersama dengan susu cair kedalam adonan. Uleni sampai merata dan kalis secara merata. Masukkan dengan leleh dan uleni kembali bahan tersebut menjadi lebih elastis secara merata.
  6. Setelah diuleni sampai merata, silahkan timbang adonan sebanyak 20 gram secara merata. Kemduian bulatkan adonan dengan menggunakan tangan secara merata. Pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan cetakan tutup botol dengan diameter yang sesuai. Masukkan adonan yang sudah dibentuk diatas loyang dan diamkan sementara selama kurang lebih 30 menit bahan ini menjadi lebih mengembang secara merata.
  7. Bila sudah didiamkan dengan waktu yang telah dicantumkan silahkan panaskan wajan dan masukkan minyak kedalamnya. Tunggu sampai minyak menjadi lebih matang secara merata. Goreng adonan kedalamnya sampai matang dan berwarna kekuningan.
  8. Setelah itu, angkat sajian donat yang telah matang dan tiriskan sementara. Gulingkan donat diatas gula pasir sampai semua bagian donat terbaluti dengan bahan tersebut secara merata.

Sajikan selagi masih hangat dan nikmati selagi segar.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons