Resep dan Cara Membuat Kue Donat Resep Klasik yang Enak, Origial dan Lembut

Nikmati lezat dan sedapnya sajian kue donat klasik yang enak dan special.

Hidangan ini akan bisa ibu buat dirumah dengan mudah dan sederhana. Nah, ingin tahu seperti apa resep membuat sajian kue donat klasik yang enak? Simak resepnya dibawah ini.

donat klasik
5 from 1 vote
Print

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Resep Klasik yang Enak, Origial dan Lembut

Sajian Dessert
Masakan Indonesian
Keyword cara membuat donat, donat klasik, resep donat
Waktu Persiapan 1 jam
Waktu Memasak 10 menit
Porsi 15
Kalori 452.2 kcal

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Donat:

  • 275 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdm mentega tawar
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 85 ml susu cair
  • minyak padat untuk menggoreng

Bahan Untuk Biang

  • 2 sdt gula pasir
  • 100 ml susu cair hangat
  • 25 gram tepung terigu protein tinggi
  • 12 gram ragi segar

Bahan Pelapis Donat

  • 125 gram gula donat

Langkah-langkah

Cara Membuat Donat

  1. Hal pertama silahkan lakukan dengan mempersiapkan peralatan dan bahan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat kali ini. Beberapa peralatan ini akan membantu anda untuk dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Untuk itu, maka pastikan bila anda mempersiapkan semua peralatan dengan baik. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, loyang, wajan, dan piring saji.

  2. Setelah selesai mempersiapkan peralatan, silahkan taburi loyang yang sudah anda siapkan dengan menggunakan tepung terigu secara merata. Lalu sisihkan sementara, adapun maksud dan tujuan melumuri loyang dengan menggunakan tepung terigu adalah supaya nantinya adonan donat tidak lengket dalam loyang.

  3. Selanjutnya, kita akan buat bahan biangnya. Caranya masukkan ragi bersama dengan susu hangat dan aduk-aduk bahan tersebut secara merata bersama dengan gula pasir. Aduk-aduk bahan tersebut secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai bahan bahan tersebut berbusa. Setelah itu, sisihkan sementara.

  4. Bila sudah selesai membuat adonan biang, silahkan lanjutkan dengan membuat adonan donat. Caranya, masukkan tepung terigu bersama dengan susu cair, telur dan bahan biang yang sudah anda buat. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai semuanya tercampur merata. Uleni juga bahan ini sampai kalis.

  5. Masukkan garam bersama dengan mentega tawar, uleni kembali hingga bahan ini menjadi lebih elastis secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.

  6. Kempiskan adonan dengan menggunakan tagan, lalu timbang adonan masing-masing sebanyak 30 gram. Bulatkan adonan dan diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit.

  7. Selanjutnya, silahkan pipihkan adonan dengan menggunakan tangan. Lubangi adonan dengan menggunakan cetakan atau dengan menggunakan tutup botol degan diameter yang cukup. Masukkan dalam loyang yang sudah diberikan dengan tepung terigu. Diamkan selama kurang lebih 40 menit hingga bahan tersebut menjadi mengembang secara merata.

  8. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian tunggu sampai minyak goreng menjadi lebih panas secara merata.

  9. Goreng adonan kedalamnya sampai menjadi lebih kekuningan secara merata. Angkat dan tiriskan secara merata.

Setelah matang, taburi donat dengan menggunakan gula tepung dan taburi dengan merata.

Sajikan hidangan ini dalam piring untuk kemudian nikmati selagi masih hangat.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

2 Comments

  1. Razmi. SH 21 April 2019
  2. Gina 7 November 2019

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons