Resep dan Cara Membuat Kue Donat Panggang Yang Sederhana, Enak dan Praktis

 

Hidangkan lezat dan nikmatnya sajian kue donat panggang sederhana dirumah anda.

Sajian ini akan dapat menjadi cemilan yang lezat atau menu jamuan istimewa untuk tamu yang singgah ke rumah. Selain nikmat, hidangan ini pun cukup mudah untuk dibuat dirumah. Untuk itu, mari kita simak langsung seperti apa resep membuat sajian donat panggang sederhana yang enak dibawah ini.

donat panggang

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Panggang Yang Sederhana, Enak dan Praktis

4.8 987

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

35 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Donat Panggang Yang Sederhana, Enak dan Praktis

Bahan-Bahan Donat:

  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram margarin
  • 15 gram susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh kayumanis bubuk
  • 75 ml air es
  •  30 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Biang Untuk Donat:

  • 75 ml air hangat
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Bahan Hiasan:

  • 200 gram cokelat masak pekat leleh

Cara Membuat Kue Donat Panggang Yang Sederhana, Enak dan Praktis

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Untuk yang pertama seperti biasa ada baiknya jika anda memilih mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat kali ini. Dengan mempersiapkan peralatan tersebut maka anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih prkatis. Pasalnya semua barang-barang yang anda butuhkan sudah ada dekat dengan jangkauan anda. Adapun beberapa barang yang dimaksud diantaranya adalah mixer, oven. loyang, sebuah baskom, beberapa wadah dan sebuah piring saji. Melihat cukup pentingnya beberapa peralatan ini, maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah yang satu ini.
  2. Bila sudah selesai dengan peralatan silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan loyang dan lumuri alat tersebut dengan menggunakan margarin secara tipis saja. Setelah itu, taburi dengan menggunakan tepung terigu secara merata. Hal ini dimaksudkan agar nantinya loyang tidak lengket pada saat adonan akan dikeluarkan.
  3. Selanjutnya, panaskan oven dengan suhu 190 derajat dan sisihkan sementara menunggu membuat adonan.

Cara Membuat Adonan:

  1. Untuk membuat adonan bisa dilakukan dengan membuat adonan biangnya terlebih dahulu. Caranya aduk merata semua bahan biang dalam mangkuk dan aduk-aduk secara merata dengan menggunakan garpu. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit.
  2. Siapkan baskom dan masukkan beberapa bahan kering kedalamnya yang sudah anda ayak. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah susu bubuk, gula pasir, kayumanis bubuk dan juga tepung terigu. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur.
  3. Kemudian masukkan bahan biang kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur. Lalu uleni dengan merata sampai kalis.
  4. Tambahkan pula telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit dengan perlahan sambil melanjtukan menguleni bahan tersebut hingga lembut secara merata. Masukkan pula bahan-bahan lain seperti margarin dan juga garam. duk-aduk dan uleni sampai elastis dan lembut secara merata.
  5. Bila sudah selesai silahkan masukkan adonan dalam kantung plastik segitiga. Siapkan loyang dan semprotkan adonan kedalam loyang tulban yang telah diolesi margain. Setelah itu, diamkan sementara selama kurang lebih 30 menit sampai bahan ini mengembang secara merata.
  6. Masukkan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 12 menit sampai bahan tersebut matang dan mengembang.

Bila sudah selesai silahkan celupkan bagian bawah donat pada coklat masak pekat yang meleleh dan biarkan sampai dingin. Lalu sajikan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons