Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kukus Topping Hias Cantik yang Lezat, Mudah dan Praktis

 

Nikmati lezatnya setiap gigitan dari hidangan donat kukus dengan toping hias yang cantik.

Hidangan ini akan cocok ibu sajikan pada beberapa acara seperti ulang tahun si buah hati atau untuk dijadikan bingkisan cantik untuk keluarga atau kerabat dekat. Yuk, simak seperti apa resep membuat sajian donat kukus toping hias cantik yang enak dibawah ini.

donat hias

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Donat Kukus Topping Hias Cantik yang Lezat, Mudah dan Praktis

4.8 876

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

30 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Donat Kukus Topping Hias Cantik yang Lezat, Mudah dan Praktis

Bahan-Bahan Donat:

  • 300 gram putih telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan SP
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 120 gram gula pasir
  • 100 gram margarin
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/4 sendok teh pasta vanila

Bahan Hiasan Donat:

  • 200 gram cokelat masak putih
  • plastik icing bentuk bunga
  • sprinkle untuk taburan
  • 6 tetes pewarna merah muda

Cara Membuat Kue Donat Kukus Topping Hias Cantik yang Lezat, Mudah dan Praktis

Cara Membuat Adonan:

  1. Hal pertama boleh dilakukan dengan mempersiapkan barang atau peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat. Beberapa peralatan seperti halnya baskom, mixer, kukusan, beberapa wadah dan sebuah loyang. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Untuk itu mengingat cukup pentingnya beberapa peralatan ini maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah kali ini.
  2. Bila sudah selesai dengan peralatan, silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan loyang tulban dan olesi dengan menggunakan minyak secara merata. Bila sudah selesai silahkan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, lelehkan mentega dalam wajan. Caranya masukkan mentega yang akan dilelehkan dalam panci, lalu nyalakan api yang sedang dan biarkan sampai mentega meleleh secara merata. Bila sudah leleh, angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian tunggu sampai bahan tersebut menjadi lebih hangat pada suhu ruangan.
  4. Kemudian kocok putih telur bersama dengan bahan-bahan lainnya yakni emulsifier dan juga garam dalam sebuah wadah. Gunakan mixer untuk mengocok bahan ini selama kurang lebih 3 menit sampai setengah mengembang. Tambahkan dengan gula pasir sedikit demi sedikit dengan perlahan sambil terus diaduk secara merata.
  5. Masukkan tepung terigu kedalam adonan bersama dengan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan .
  6. Kemudian tambahkan dengan margarin dan pasta vanilla sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk secara perlahan sampai semua bahan tercampur secara merata.
  7. Bila sudah selesai silahkan masukkan adonan kedalam loyang tulban yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  8. Kukus dalam kkusan selama kurang lebih 15 menit dengan menggunakan api yang sedang sampai bahan ini matang dan mengembang secara merata.

Cara Membuat Hiasan:

  1. Sambil menunggu adonan dalam wajan hampir matang, silahkan lelehkan coklat masak putih dalam wajan. Caranya bisa dilakukan dengan memasukkan coklat dalam mangkuk kaca anti panas dan tempatkan diatas rebusan air dalam panci, aduk-aduk sampai semua bahan tersebut tercampur secara merata.
  2. Setelah itu, tambahkan dengan pewarna merah mudah dan aduk-aduk secara merata hingga tercampur.
  3. Setelah donat matang, keluarkan dari kukusan dan celupkan dalam coklat, untuk kemudian hias dengan menggunakan icing dan taburi dengan sprinkle candy yang sudah anda siapkan.

Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons