Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

Sajian kue bolu kukus tape ketan adalah perpaduan yang lezat.

Betapa tidak, lembut dan empuknya kue bolu yang berpadu denga nikmat dan segarnya sajian dari tape ketan akan membawa sensasi berbeda di lidah anda. Ingin tahu seperti apa cara membuat sajian kue bolu kukus tape ketan yang enak, maka kita simak langsung saja resepnya dibawah ini.

bolu kukus tape ketan

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

Review

4.7 review 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 2 butir telur
  • 2 tetes pewarna hijau
  • 75 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 ml santan kental instan
  • 50 gram tape ketan tiriskan
  • 2 sendok makanair suji

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan yang Enak, Lembut dan Empuk

Tips Persiapan Sebelum Membuat Kue:

  1. Lakukan cara yang pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan kue. Hal ini tentunya penting sekali, karena dengan mempersiapkan peralatan ini, maka anda akan lebih mudah untuk dapat membuat adonan kue dengan lebih mudah, tanpa anda harus pergi kedapur untuk membawa peralatan yang anda lewatkan. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah pengukus (panci), lap (untuk melapisi tutup panci), loyang dengan bentuk mangkuk kecil, mangkuk kertas.
  2. Bila semua peralatan sudah dipersiapkan, maka selanjutnya kita akan dapat mempersiapkan Loyang dan alas untuk adonan kue yang telah dibuat. Caranya, masukkan mangkuk kerta dibagian atas loyang kecil dan tekuk kebagian dalam dengan perlahan agar mangkuk kertas ini menempel pada loyang.
  3. Selanjutnya untuk bahan-bahan, beberapa bahan penting untuk diulas untuk menjaga-jaga bila saja anda kurang familiar dengan bahan-bahan diatas atau merasa kurang jelas. Nah, bahan pertama yang akan diulas adalah tape ketan. Untuk bahan ini, silahkan buka bungkus tape ketan dan tiriskan sementara agar airnya tidak terlalu banyak.
  4. Kemudian untuk tepung terigu, gunakan jenis terigu dengan protein yang sedang. Jenis terigu ini sudah banyak dijual dipasaran dengan merk yang cukup terkenal. Dengan demikian, anda akan bisa mendapatkannya dengan lebih mudah.
  5. Sementara untuk bahan sisanya, anda bisa menyisihkannya. Sebab bahan-bahan ini akan langsung bisa dimasukkan dan dicampur menjadi adonan.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketan:

  1. Untuk membuat adonan kue, silahkan siapkan baskom dan amsukkan beberapa bahan untuk kemudian bahan in akan dikocok dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah emulsifier, gula pasir dan telur. Aduk-aduk bahan ini sampai mengembang dan kaku secara merata.
  2. Setelah itu, ayak tepung teirgu bersama dengan baking powder dengan menggunakan ayakan. Setelah itu, baru masukkan secara bergantian kedalam adonan yangs udah diaduk. Campur kembali bahan ini dengan menggunakan mixer sampai tercampur secara merata.
  3. Baru setelah itu, masukkan tape ketan kedalamnya bersama dengan santan, air suji, pewarna makanan dan aduk-aduk secara perlahan sampai semua bahan ini berubah warnanya menjadi hijau.
  4. Siapkan cetakan atau loyang dengan bentuk muffin atau mangkuk kecil dan sendokkan adonan kedalamnya sebanyak 1 sendok makan penuh.
  5. Masukkan dalam kukusan yang sudah panas dan kukus selama kurang lebih 10 menit atau sampai anda melihat adonan matang. Untuk menentukan adonan matang atau tidak, silahkan tusukan tusuk gigi dibagian tengan kue dan bila saat anda mengangkatnya tusuk gigi tersebut bersih, maka anda akan siap mengangkatnya.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan komentar anda.

Loading...

 

Kue Ulang Tahun Resep Kue Kering pantangan bagi ibu hamil Resep Kue nastar
Kue Ulang Tahun Mudah Namun Tetap Cantik Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar Spesial dan Lezat

Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun, Sederhana, mudah & Tetap Cantik

Kue Kering

Resep Kue Kering Enak, Renyah & Empuk

Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus Kue Mawar Yang Cantik

Resep Kue Nastar

Resep Kue Nastar Spesial, Mudah & Lezat