Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

Hidangan kue bolu adalah sajian yang enak.

Hidangan ini tentu akan cocok disuguhkan ketika anggota keluarga berada dirumah atau ketika mertua berkunjung. Lembut dan lezatnya sajian kue bolu kukus, membuat siapa saja suka dengan sajian ini.

Nah, agar anda tak lagi penasaran dengan resep membuat sajian kue bolu kukus sederhana, maka mari kita simak langsung seperti apa cara membuat kue bolu kukus sederhana yang enak dibawah ini.

bolu kukus sederhana

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

4.8 432

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

18 buah

Bahan-Bahan yang Dilakukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

Bahan Utama Membuat Kue:

  • 200 gram gula pasir
  • 275 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 pewarna makanan berbeda
  • 1/2 sdt baking powder
  • 225 m soda tawar
  • 2 sdt emulsifier
  • 2 butir telur

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana yang Mekar, Enak dan Lembut

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan Sebelum Membuat Kue:

  1. Untuk cara yang pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang akan digunakan. Hal ini penting sekali mengingat anda perlu tahu beberapa peralatan yang akan anda butuhkan. Adapun peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, mangkuk kertas, loyang berukuran kecil seperti mangkuk, pengukus, panci dan juga lap untuk melapisi penutup panci. Nah, bila peralatan ini sudah disiapkan dari jangkauan anda, maka demikian anda akan dapat dengan mudah mempersiapkan dan membuat kue bolu kukus dalam keadaan yang nyaman tanpa anda harus kesulitan menjangkau dan mendapatkan bahan-bahan ini.
  2. Selanjutnya untuk bahan yang akan diulas adalah gula pasir. Ukur bahan ini dengan menggunakan mesin timbangan.
  3. Setelah selesai, lanjutkan dengan mengukur tepung terigu. Sama halnya dengan gula pasir, takaran yang pasti ini bisa anda dapatkan dari mengukur menggunakan mesin timbangan. Setelah selsai sisihkan.
  4. Sementara itu, untuk pewarna makanan disini kita hanya akan menggunakan sedikit saja, kita-kita setengan sendok teh. Untuk urusan warna, anda bisa menyesuaikannya dengan selera anda. Jika anda ingin mendapatkan warna putih dan warna yang lain, maka anda hanya cukup menggunakan satu pewarna saja.
  5. Nah, utuk sisa bahan-bahan yang lain, anda bisa menyisihkan bahan ini dan mendekatkannya dengan jangkauan anda, agar nantinya bahan-bahan ini akan dapat langsung dimasukkan dan dicampur menjadi adonan.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar:

  1. Setelah bahan dan bahan dipersiapkan, lanjutkan dengan menyiapkan baskom dan mencampur beberapa bahan kedalamnya seperti telur, emulsifier, gula pasir dan aduk-aduk dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi selama kurang lebih 5 menit sampai semua bahan yang anda aduk menjadi lebih kaku.
  2. Nah setelah itu, baru ayak terigu bersama dengan tepung terigu secara merata dan masukkan bahan ini kedalam kocokan bahan-bahan yang lainnya.
  3. Masukan soda tawar kedalamnya dna kocok kembali dengan menggunakan mixer sampai mengembang dengan perlahan. Diikuti dengan memasukkan esens vanili. Aduk kembali sampai semua bahan merata.
  4. Nah, setelah semua bahan merata, matikan mixer dan bagi adonan menjadi tiga bila anda menggunakan 2 pewarna makanan yang berbeda.
  5. Pada masing-masing adonan yang sudah dipisahkan, silahkan berikan tetesan pewarna makanan kira-kira sebanyak 2-3 tetes. Kemudian aduk-aduk secara merata sampai berubah warnanya.
  6. Siapkan cetakan, dan tempatkan mangkuk dari kertas diatas loyang cetakan. Masukkan adonan sebanyak 1-2 sendok makan kedalamnya dan lakukan hal serupa sampai semua adonan habis.
  7. Kukus adoann selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai adonan mekar dan mengembang secara merata.

Sebaiknya tidak membuka penutup kukusan saat anda mengukus adonan kue. Agar tidak menciut atau gagal mekar. Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji.

Jangan lupa bagikan resep ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons