Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam yang Enak dan Lembut

Sajian kue bolu kukus ketan hitam adalah sajian kue bolu kukus yang enak.

Hidangan kali ini selain nikmat, juga cukup mudah untuk dibuat dirumah. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian yang satu ini? Tak perlu khawatir, kali ini kami akan suguhkan resep special untuk anda agar anda bisa membuat sajian ini dirumah dengan mudah. Inilah dia resep membuat sajian kue bolu kukus ketan hitam yang enak.

bolu kukus ketan hitam

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam yang Enak dan Lembut

4.7 345

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

15 Buah

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Tape Ketam Hitam yang Enak dan Lembut

Bahan-Bahan Utama:

  • 50 gram ketan hitam tiriskan
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 2 tetes pewarna hijau tua
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan air suji
  • 50 ml santan kental instan

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam yang Enak dan Lembut

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Hal pertama yang penting dilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan anda butuhkan utnuk membuat adonan kue kali ini. Nah, beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, loyang dengan bentuk mangkuk yang dibagian tengahnya terdapat bolong-bolong, kertas roti (potong menajdi bentuk bulat dengan diameter kira-kira 3.5 cm), pengukus (panci). Setelah melihat pentingnya peralatan ini, maka penting pula untuk anda mempersiapkan peralatan ini terlebih dahulu sebelum anda membuat adonan kue.
  2. Setelah peralatan diatas dipersiapkan, selanjutnya kita akan mempersiapkan loyang untuk kue. Caranya, siapkan loyang kecil tadi diatas piring dengan permukaan yang datar dan tempatkan kertas roti dibagian atasnya untuk kemudian ditekuk hingga kerta masuk kedalam loyang. Baru sisihkan sementara.
  3. Kemudian kita akan berlanjut ke bahan-bahan. Ada beberapa bahan yang perlu kita ulas sedikit, hal ini penting dilakukan jika saja anda merasa asing dengan beberapa bahan atau merasa belum jelas dengan bahan-bahan diatas.
  4. Bahan peralatan yang akan dipersiapkan terlebih dahulu adalah tape ketan hitam. Rendam terlebih dahulu tape dalam air, angkat dan tiriskan. Setelah itu, untuk menghindari nasi ketan yang masih mentah, maka silahkan masak terlebih dahulu beras ketan sampai matang dan pulen. Setelah itu, masukkan dalam wadah untuk kemudian disisihkan sementara.
  5. Untuk air suji ini, anda bisa menggunakan daun suji sebanyak 3-4 lembar dan tumbuk dengan menggunakan tumbukan atau diblender secara merata hingga halus setelah itu saring dan ambil airnya.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Ketan Hitam:

  1. Siapkan baskom terlebih dahulu dan masukkan kedalamnya gula, emulsifier dan juga telur. Aduk-aduk bahan ini dengan menggunakan mixer dan gunakan kecepatan paling tinggi pada mixer sampai bahan ini mengembang secara merata.
  2. Setelah itu, baru masukkan bahan-bahan yang kering seperti tepung terigu dan juga baking powder. Sebelum bahan ini dimasukkan sebaiknya saring atau ayak terlebih dahulu dan masukkan bahan ini secara bergantian. Setelah itu, aduk kembali sampai tercampur merata.
  3. Kemudian, masukkan nasi ketan hitam kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sampai tercampur merata. Tambahkan santan, pewarna hijau dan juga air suji. Aduk-aduk secara perlahan sampai merata.
  4. Matikan mixer dan sendokan sebanyak satu sendok makan penuh adonan ini dalam loyang muffin. Lakukan hal yang sama pada semua loyang yang masih kosong sampai adonan habis.
  5. Setelah itu, panaskan kukusan dan kukus bahan ini sampai matang selama kurang lebih 10 menit.

Setelah itu, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian siap disantap.

Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons